Melukis Batu

Melukis Batu – Melukis adalah kegiatan untuk menuangkan ide dan perasaan pembuatnya. Bukan hanya diatas kertas atau kanvas saja kegiatan melukis bisa dikerjakan, tapi juga bisa dilakukan diatas batu,daun,guci,meja,dinding dan bidang lainnya. Nah disini kekreatifan kalian akan diuji. Keorisinilan hasil merupakan keutamaan dalam kegiatan ini. Karena jika kita meniru hasil orang lain maka akan menurunkan atau mengubur bakat kita dalam menuangkan ide dalam sebuah karya,kekreatifan , dan keinovatifan dalam diri.

Seringkali melukis menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, karena merasa dirinya tidak bisa menghasilkan karya yang indah dan fantastis. Tetapi sebenarnya tidak ada karya didunia ini yang buruk. Setiap karya menunjukkan karakteristik penciptanya dan setiap karakter dalam sebuah karya memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda sehingga tidak ada kata takut untuk berkarya. Berkarya seni rupa juga dapat melatih sistem motorik dan melatih kecerdasan otak. Karena di dalam seni rupa terutama melukis, kita akan bermain dengan berbagai bentuk dan warna untuk mendapatkan keseimbangan yang menciptakan sesuatu yang memiliki nilai estetika, ekologis dan ekonomis.

SMAN 1 GEGER Madiun merupakan sekolah menengah atas yang menjadi sekolah favorit di daerah Madiun. Memiliki total 15 ekstrakurikuler, salah satunya yaitu Visual Art. VA berkecimpung dibidang seni rupa.VA telah membuktikan kekreatifannya dengan melukis diberbagai bidang. Nah di pembahasan kali ini, kita akan menunjukkan sekilas cara kepada kalian untuk menciptakan sebuah karya seni yang indah dari batu. Alasan kita menggunakan batu yaitu karena sering orang menelantarkan batu berserkan dijalan,maka kita akan berusaha memperbaiki kedudukan batu yang semula tidak berguna menjadi sebuah karya seni yang indah dan unik.

Untuk menciptakan sebuah karya maka kita membutuhkan alat dan bahan. Untuk melukis batu, kita dapat menggunakan set kuas yang memiliki berbagai ukuran, kuas kecil biasa digunakan untuk mempoles bagian tepi agar hasilnya lebih rapi dan detail, untuk kuas ukuran sedang biasa digunakan untuk mewarnai bagian dalam dan kuas ukuran besar biasa digunakan untuk mewarnai bagian yang luas sehingga akan cepat selesai. Tidak hanya kuas tapi pemilihan cat yang bagus juga akan mempengaruhi hasil. Untuk materi kita kali ini, kita menggunakan cat warna yang mudah kering .

Sebelum memulai, disini dianjurkan untuk memberikan warna dasar pada batu sehingga mempermudah mengeblok warna sebelum memberi seketsa motif. Setelah itu gambarlah motif yang kalian ingin buat sesuai kekreatifan kalian, untuk menghasilkan karya yang indah maka gunakan perasaan kalian dan tuangkan dalam karya sehingga karya akan terasa lebih hidup. Setelah motif jadi maka warnai motif kalian dengan warna yang kalian inginkan, kalian bisa menerapkan teknik percampuran warna maupun teknik pewarnaan salah satunya yaitu gradasi. Buatlah karya dengan semaksimal mungkin hingga pantas untuk mendapatkan nilai ekonomis.

Contoh hasil karya anggota Visual Art smager :

e

IMG20160902163329

IMG20160902163413

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *