EDITING FOTO DENGAN INK EFFECT

Kami akan membahas tetang editing foto ink effect. Ink Effeect mudah untuk para pemula dalam design grafis. Untuk ink effect itu sendiri adalah tumpukan foto yang biasanya di sebut layer dalam istilah penggunaan Photoshop. Layer tersebut pada bagian tertentu diisi isi oleh gambar tinta yang tumpah atau sengaja di lukiskan namun masih abstrak.
Yang pertama, ink atau tinta yang kita gunakan hanya gambarnya saja. Kedua, brush berbentuk seperti sapuan kuas sama dengan yang sebelumnya yang kita gunakan hanya gambarnya. Ketiga, water colour ini berbentuk seperti tumpahan cat. Kami tegaskan kembali untuk penggunaan brush,water colour dan ink itu hanya dalam bentuk gambar. Gambar tersebut dapat kita peroleh dari pencarian di google atau kita dapat membuat itu sendiri.
Sekarang saya akan memberikan tips untuk mengedit foto dengan ink effect. Bagi pemula gunakan aplikasi photoshop versi CS5,CS6 atau CC. Kami sarankan untuk menggunakan versi tersebut untuk mempermudah kalian dalam melakukan kerja di photoshop. Jika kita menggunakan versi di atas CS4 pemilihan menu yang akan kita guankan lebih banyak dan lebih bervariasi.
Sebelumnya kalian harus mengenal letak dan fungsi tool dalam photoshop. Kalian bisa melihat beberapa video di youtube atau web tentang pengunaan tool photoshop. Jika kalian bosan akan tool standart dari photoshop kalian dapat mendownload sendiri tool yang kalian inginkan. Kalian juga harus pandai dalam meyiasati tool yang kalian gunakan untuk editing foto kalian.
Yuk langsung aja ke langkah-langkahnya:
1. Pertama kalian harus mendownload gambar brushnya (atau kalian dapat membuatnya sendiri dengan bantuan brush tool di photoshop) dan siapkan gambar objek yang ingin kalian edit.
Catatan:
Cari menggunakan kata kunci (brush,ink, dan water colour). Kami akan menggunakan yang water colour.
2. Buka Photosho

3. Klik New

klik 1

4. Pilih ukuran kertas sesuai keinginan atau menurut ukuran yang telah ada.

ukuran gambar

5. Buka gambar yang akan diedit, dengan cara mendrag file tersebut ke photoshop.

6. Sesuaikan gambar dengan ukuran kertas yang anda pilih. Jika selesai tekan Enter.sebelum di sesuaikan

sesudah disesuaikan7. Lalu tekan filter –> filter gallery –> artistic –> dry brush –>oke.

filter gallaery

8. Tekan select –> all –> Ctrl + C.

9. Tekan new folder –> new mask layer –> tekan gambar putih dan tombol alt secara bersamaan.

10. Gambar awal yang berubah menjadi putih kemudian tekan CTRL + V.

10.

11. Sekarang kita akan menghitam beberapa bagian dari objek klik Imange –> Adjusment –> Sesuaikan bagian bagian yang akan di hitamkan atau lebih di terangkan pada bagian objek yang diinginkan. Tekan Ok.

11.

curve

12.Kemudian tekan CTRL + I. objek akan menjadi lebih hitam dan kadang menyala tapi jangan khawtir itu karena itu merupakan tujuan kita. Tekan ikon Folder pada layer. Kemudian tekan ikon mata pada layer objek. Kemudian objek akan menjadi putih.

12

13. Drag foto brush yang telah di download ke photoshop dengan cara klik Enter –> masukkan gambar pada folder.

13

14. Lihat pada kota dialog layer yang bertuliskan normal dan disebelahnya terdapat segitiga kecil hitam klik pada segitiga tersebut. Dan muncul macam-macam pilihan. Pilih Multiply.

Untitled

15. Jika memiliki gambar banyak pada gambar brush kalian dapat mengaplikasikannya ke gambar dengan cara yang sama pada nomor 13 dan 14. Kemudan atur layer-layer tersebut sesuai kehendak namun harus memperhatikan akhir dari hasil yang di buat.

13 c

15

16. Jangan lupa untuk menyimpan hasil karya kalian

17. Dan inilah hasil karya yang telah di buat.

INK EFFECT

Dan kunjungi kami di instagram di https://www.instagram.com/p/BLCv_pQjczb/