Melukis Batu

Melukis Batu – Melukis adalah kegiatan untuk menuangkan ide dan perasaan pembuatnya. Bukan hanya diatas kertas atau kanvas saja kegiatan melukis bisa dikerjakan, tapi juga bisa dilakukan diatas batu,daun,guci,meja,dinding dan bidang lainnya. Nah disini kekreatifan kalian akan diuji. Keorisinilan hasil merupakan keutamaan dalam kegiatan ini. Karena jika kita meniru hasil orang lain maka akan menurunkan atau mengubur bakat kita dalam menuangkan ide dalam sebuah karya,kekreatifan , dan keinovatifan dalam diri.

Seringkali melukis menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, karena merasa dirinya tidak bisa menghasilkan karya yang indah dan fantastis. Tetapi sebenarnya tidak ada karya didunia ini yang buruk. Setiap karya menunjukkan karakteristik penciptanya dan setiap karakter dalam sebuah karya memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda sehingga tidak ada kata takut untuk berkarya. Berkarya seni rupa juga dapat melatih sistem motorik dan melatih kecerdasan otak. Karena di dalam seni rupa terutama melukis, kita akan bermain dengan berbagai bentuk dan warna untuk mendapatkan keseimbangan yang menciptakan sesuatu yang memiliki nilai estetika, ekologis dan ekonomis.

SMAN 1 GEGER Madiun merupakan sekolah menengah atas yang menjadi sekolah favorit di daerah Madiun. Memiliki total 15 ekstrakurikuler, salah satunya yaitu Visual Art. VA berkecimpung dibidang seni rupa.VA telah membuktikan kekreatifannya dengan melukis diberbagai bidang. Nah di pembahasan kali ini, kita akan menunjukkan sekilas cara kepada kalian untuk menciptakan sebuah karya seni yang indah dari batu. Alasan kita menggunakan batu yaitu karena sering orang menelantarkan batu berserkan dijalan,maka kita akan berusaha memperbaiki kedudukan batu yang semula tidak berguna menjadi sebuah karya seni yang indah dan unik.

Untuk menciptakan sebuah karya maka kita membutuhkan alat dan bahan. Untuk melukis batu, kita dapat menggunakan set kuas yang memiliki berbagai ukuran, kuas kecil biasa digunakan untuk mempoles bagian tepi agar hasilnya lebih rapi dan detail, untuk kuas ukuran sedang biasa digunakan untuk mewarnai bagian dalam dan kuas ukuran besar biasa digunakan untuk mewarnai bagian yang luas sehingga akan cepat selesai. Tidak hanya kuas tapi pemilihan cat yang bagus juga akan mempengaruhi hasil. Untuk materi kita kali ini, kita menggunakan cat warna yang mudah kering .

Sebelum memulai, disini dianjurkan untuk memberikan warna dasar pada batu sehingga mempermudah mengeblok warna sebelum memberi seketsa motif. Setelah itu gambarlah motif yang kalian ingin buat sesuai kekreatifan kalian, untuk menghasilkan karya yang indah maka gunakan perasaan kalian dan tuangkan dalam karya sehingga karya akan terasa lebih hidup. Setelah motif jadi maka warnai motif kalian dengan warna yang kalian inginkan, kalian bisa menerapkan teknik percampuran warna maupun teknik pewarnaan salah satunya yaitu gradasi. Buatlah karya dengan semaksimal mungkin hingga pantas untuk mendapatkan nilai ekonomis.

Contoh hasil karya anggota Visual Art smager :

e

IMG20160902163329

IMG20160902163413

Berkarya Seni Kerajinan Tangan Olahan Mendong

Berkarya Seni Kerajinan Tangan Olahan Mendong – Kali ini kita akan membahas tentang pembuatan seni kriya dari tenunan mendong. Dari nama nya saja pasti sudah asing bukan? Apasih sebenarnya mendong itu sendiri? Dan kerajinan apa saja yang dapat kita buat dari mendong tersebut? Disini kita akan membahas lebih lanjut tentang proses pembuatan kerajinan tangan antara lain kota tisu dan tempat hantaran yang pastinya cantik dan menarik. Langsung saja kita simak cara pembuatannya.

Dalam Ensiklopedi Indonesia, disebutkan kerajinan tangan adalah jenis kesenian yang menghasilkan atau menproduksi berbagai jenis barang hiasan yang terbuat dari kayu, rotan, tulang, gading, porselin, perak dan sebagainya. Begitu pula dalam proses penciptaannya, perajin harus terlebih dahulu mempertimbangkan aspek kegunaan dalam rancangan desain, sebab nilai kepraktisan yang menjadi tujuan utama seni terapan

Sebelum kita menuju ke pembuatan kotak tisu dan tempat hantaran, mari kita simak cara pembuatan lembaran mendong tenun terlebih dahulu

  1. Siapkan mendong yang telah di potong dan dipipihkan
  2. Beri sedikit air pada mendong agar lebih mudah dalam menenun dan tidak gampang patah
  3. Siapkan alat tenun sederhana dari kayuupload-105-177-156951374
  4. Tata mendong pada tenun sedemikian rupa hingga menghabiskan benang yang tersedia
  5. Setelah benang habis tergulung, potong dan rapikan tenunan mendong hingga menjadi lembaran
  6. Olesi mendong tenun tersebut dengan lem kayu cair dan angin – anginkan hingga kering.

SAM_0906

Setelah memperoleh tenunan mendong tersebut, mari kita buat kotak tisu sederhana

  1. Alat dan bahan:
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Penggaris
  • Kertas karton
  • Tenunan mendong
  • Bunga kering dan biji bijian

SAM_0902SAM_0895 SAM_0901

 

 

 

 

2. Langkah – langkah pembuatan kotak tisu sederhana

  • Siapkan alat dan bahan
  • Gambar pola berupa jaring jaring balok pada kertas karton dengan menggunakan pensil dan penggaris

3. Selanjutnya, gunting kertas karton sesuai dengan pola yang telah digambar

SAM_0898

4.Gabungkan bagian jaring jaring balok tersebut dengan lem yang kuat hingga menyerupai kotak tisu

SAM_0907

5.Gunting tenunan mendong sesuai dengan kotak karton tersebut, lalu tempelkan dengan rapi pada kotak karton dengan lem.

SAM_0908 SAM_0917

6. Langkah terakhir, hias bagian pinggir dan atas kotak tisu dengan bunga kering dan biji bijian untuk menambah nilai estetis.

Hasil Karya

SAM_1333

Komik atau Manga

Cara Membuat Komik

 

Dalam komik, kita bisa berkreasi serta mengeluarkan semua imajinasi kita seluas-luasnya. Sebelumnya apa itu komik? Yang pasti semua orang tau apa itu komik. Komik adalah suatu seni yang menggunakan gambar-gambar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Jika Anda memiliki ide ikuti langkah ini.

  1. Membuat Plot

Plot adalah struktur rangkaian urutan dalam cerita, bagaimana bermula, apa inti cerita dan siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita. Plot sangat penting dalam membuat komik karena tanpa plot nantinya cerita menjadi tidak jelas dan tidak terarah.

  1. Membuat Draft dengan Pensil

Saat memulai membuat komik, gunakanlah pensil untuk meminimilisasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. Buat draft berupa kotak frame, layout halaman, kemudian mulailah menggambar tokoh-tokoh di dalamnya.

  1. Membentuk Outline Gambar

Rapikan draft gambar dengan drawing pen, untuk kotak dan bentuk-bentuk persegi lainnya dapat dibantu dirapikan dengan penggaris.

  1. Menghapus Draft Pensil

Hapus draft pensil saat tintanya kering. Gunakan penghapus pensil yang bagus agar menghapusnya mudah dan hasil hapusannya bersih.

  1. Membuat Detil Gambar

Hitamkan rambut (bila berwarna gelap), warna pakaian, rapikan bulu mata, arsir bagian yang gelap dengan memperhatikan efek pencahayaan, bentuk bayangan pose tokoh dan berbagai detil gambar lainnya.

  1. Melakukan Pengoreksian

Terkadang setelah sampai pada gambar detil, baru ditemukan kesalahan-kesalahan gambar, seperti kedua mata yang tidak sejajar, ukuran tubuh antar tokoh yang tidak proporsional atau bahkan ekspresi wajah yang keliru.

  1. Menambahkan Screen Tone

Screen tone merupakan teknik yang terdapat pada komik dimana tone digunakan untuk mengisi bagian gambar dengan warna gelap dan terang ataupun dengan tekstur.

Tahap akhir adalah memasukkan dialog. Bila dilakukan secara manual, tulis dulu dialognya dengan pensil untuk mengantisipasi keluar dari kotak narasi.

Di bawah ini merupakan karya dari anggota Visual Art dan untuk contoh lain bisa kalian cari di google dengan kata kunci “Anime manga sketch” atau menggunakan kata kunci lain

IMG-20160902-WA0006

Hand Lettering

Pengertian Hand Lettering

 

 

Hai, semua… Udah pada tahu belum apa itu hand lettering ?

Bagi yang belum tau mari kita bahas yukkk.. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan hand lettering itu…

==============================================

Hand lettering didefinisikan sebagai seni menggambar huruf  sebagus dan semenarik mungkin.

 

Hand lettering merupakan suatu karya manual, tetapi pada era modern ini hand lettering juga bisa dibuat dengan menggunakan alat komputer yang canggih dengan menggunakan aplikasi tertentu.

 

Alat-alat yang bisa kita gunakan untuk membuat hand lettering yaitu:

  1. Dengan cara manual, kita bisa menggunakan kapur, pensil, spidol, drawing pen, brush pen, kertas gambar ataupun kertas hvs dan masih banyak lagi peralatan yang digunakan untuk membuat hand lettering.
  2. Jika menggunakan komputer, bisa menggunakan aplikasi corel draw, photoshop atau aplikasi lain yang memunkinkan untuk membuat hand lettering.

 

Oh, iya hand lettering memiliki perbedaan dengan tipografi. Jadi, apa sih perbedaannya?

Hand lettering merupakan seni menggambar huruf sebagus dan semenarik mungkin. Sedangkan tipografi adalah desain untuk membuat huruf, memilih, dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia.

 

Hand lettering bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan pada saat ulang tahun, pada hari- hari besar, misalnya pada saat hari idul fitri dan idul adha, pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia, pada saat tahun baru, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari hand lettering :

88255f30158573.5615ceb56e20e hand-lettering-examples-2 images wander-lust-design-hand-lettering

 

Jadi, setelah bahasan ini pasti kalian sudah tahu dan mengerti sekilas tentang hand lettering. Jika kalian ingin tahu yang lebih dalam tentang hand lettering, kalian bisa browsing sendiri di google, tanya kepada teman yang sudah ahli, yaaaaaa…

 

Sekian dan terimakasih.