Buat Mading Yuks… VA “kreatif” SMAN 1 Geger

SALAM IMAJINASI !!!
Sudah lihat-lihat post blog-blog sebelumnya? Emm.. masih inget gak blog sebelumnya ngebahas apaan? Yapp!! Pop-Up !
Oke.. kita beralih yaa, setelah kegiatan itu selesai adik-adik kelas 10 sudah menghasilkan Pop-up sendiri lohhhh. Gimana? Kece kan? 😀

Oh iya, ngomong-ngomong kegiatan setelah Pop-Up apa yaa? Ada yang tau?
Jangan bilang di otak kalian sudah menyusun kata ME-LU-KIS. Big NO ya. Salah banget!
Karna setelah kita bergulat dengan Pop-Up kita akan mengajari adik kelas 10 dengan MADING.
Emmmm.. pasti sudah banyak banget yang tau ya, soal MADING.
Tau sendiri ya, Mading di SMAN 1 GEGER itu banyak banget dan mestinya memang harus di indahkan keberadaannya.

Mading disini bertujuan untuk menampung informasi dan kreatifitas siswa/i, namun ternyata bukan asal informasi dan karya-karya sembarangan yang ditempel disini. Nah, makanya Ekstra Visual Art akan mengajarkan tentang Mading, baik itu tema yang dipilih, isi-isi mading, penataan penempelan, dan masih banyak lagi. Tau sendiri kan, mengapa kita pelu banget mempertimbangkan itu.
Yap! Karna Mading itu bukan hanya satu orang atau dua orang aja yang liat. Tapi satu sekolah. Gak kebayang kan gimana kalau misal hasil karya kalian dipasang di sekolah kalian? Hihi bakalan jadi ngehitzzz deh. Oke, berikut ini beberapa kegiatan dalam proses pembuatan isi mading. Cekidotttt!

 

IMG-20151020-WA0008

IMG_20151022_102722

IMG_20151022_102738

Batik “Retno Kumolo”, khas MADIUN

brt264960004

Retno Kumolo yang motifnya terispirasi dari tokoh wanita zaman Kerajaan Mataram, Retno Dumilah, yaitu putri sekaligus ksatria yang berjuang mempertahankan wilayah Purbaya atau Kadipaten Madiun dari serangan Kerajaan Mataram pada zaman pemerintahan Kerajaan Pajang. Ciri khas batiknya ada pada gambar keris dan warna. Keris itu adalah senjatanya pahlawan Retno Dumilah yang kemudian dijadikan lambang kota Madiun. Sedangkan untuk warna cenderung mendekati biru benhur. Konon katanya, Madiun ini dekat hutan sehingga membawa kesejukan. Warna biru melambangkan kesejukan. Ciri khas yang sangat kental dan sarat pesan ini diyakini bisa menjadi daya tarik tersendiri.

 

Sumber gambar & artikel:

Fitinline.com

Beritajatim.com

 

Disunting seperlunya 😀

Mari mengenal sosok Wedha Abdul Rasyid :D

Mungkin kalian udah sering denger ya tentang WPAP..! Tapi, siapa sih penciptanya? Yups, kalau kalian nebaknya beliau yang ada di foto itu… Jawabannya Tepat Sekali. Beliau orang Indonesia asli loh.. Jangan salah. Dan kalian tau sendiri kan bawa karya WPAP itu sudah blooming. Waw!! Simak lebih dalam tentang beliau, yukk!!

wedha-potrait1

Beliau adalah Wedha Abdul Rasyid, sang penemu WPAP (Wedha’s Pop Up Potrait). Lahir tanggal 10 Maret 1951. Beliau juga mendapat julukan sebagai Bapak Illustrator Indonesia. Profesi sebagai illustrator sudah dijalani beliau di media cetak sejak tahun 1970-an. Ketika 1977, Beliau bergabung dengan majalah “Hai”. Di majalah itulah beliau mengerjakan potret para tokoh dunia dari segala latar belakang: tokoh politik, musisi, seniman, sampai tokoh-tokoh fiktif.
Ketika tahun 1990-an, memasuki usia 40 tahun, beliau mengalami penurunan daya penglihatan sehingga sulit menggambar wajah dalam bentuk yang realistis dan detail. Sejak masa sekolah beiau sangat menyukai imu ukur ruang yang beraitan dengan garis, titik dan bidang. Dari situ beliau mulai berfikir dan membayangkan wajah manusia yang merupakan kumpulan dari bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner.
Beliau memulainya dari teknik manual yang dilakukan secara rutin sampai akhirnya menggunakan teknologi komputer disaat computer sudah banyak dikenal orang. Untuk mengembangkan seni ini tentu tak semudah mengedipkan mata. Beliau mendapat banyak hambatan, tantangan, namun ada juga dukungan. Beliau tetap optimis. Sehingga WPAP akhirnya menjadi popular serta terus mengorbit di blantika dunia seni.

Itulah tentang Wedha Abdul Rasyid. Meskipun singkat, semoga banyak memberikan manfaat 😀 . Ingat! Hidup itu harus optimis. Tentu optimis dalam hal kebaikan yaaa!!! Have a nice day 😉

POP-UP

Hai para pecinta seni 
SALAM IMAJINASI !!!
Sudah terfikir kegiatan di pertemuan pertama Ekstra Visual Art? Ngegambar lagi?
Jangan salah… Visual Art nggak hanya ngegambar doang kok.
Di pertemuan pertama ini, Visual Art akan mengajarkan tentang “POP UP”
Oke, disini kita akan ngebahas sedikit ya tentang apa sih POP UP itu…
Pop-up adalah sebuah kartu atau buku yang ketika dibuka bisa menampilkan bentuk 3 dimensi atau timbul. Pop up sudah marak sekali digunakan sebagai ucapan selamat ulang tahun bagi anak muda, jadi buat apa beli kalau bisa membuat sendiri? 😀
Selain itu, bahan yang digunakan juga terhitung murah dan tidak cukup sulit untuk membuatnya, hanya membutuhkan keuletan dan ketelitian.
Di Ekstra Visual Art SMAN 1 GEGER ini kita mengajarkan kepada adik-adik kelas 10, yang tujuannya agar adik-adik ini mampu berkreatifitas dan memberikan pengetahuan yang nantinya kelak akan berguna. Semoga saja ilmu ini dapat ditularkan kepada teman-teman yang lain, agar tiap individunya mempunyai jiwa seni. Nah… berikut ini, beberapa foto kegiatan Ekstra Visual Art saat membuat Pop Up.

IMG-20151020-WA0012

IMG-20151020-WA0013

IMG-20151020-WA0021

Itu hanya sekilas dan 1 kegiatan awal Ekstra Visual Art. Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang harus kami ajarkan kepada adik-adik. Cukup sekian. SALAM IMAJINASI !!!

Mewujudkan Indonesia Berkarakter dengan EKSTRAKURIKULER SENI RUPA SMAN 1 GEGER

Seni ..  oh seni.. Ya sahabat tau kan, hidup kita tak terlepas dari seni. Yaps, karena seni kita tau mana yang indah, yang kurang indah dan mana yang sangat indah. 😀 seni melatih kita mengenai kepekaan estetika. Seni membuat kita lebih bahagia dan lebih berwarna. seni dapat menjadi pengobat rasa gundah dan gelisah. Seni dapat dijadikan sebagai alat untuk berekspresi mengungkapkan isi hati. Jadi, daripada berekperesi dengan cara yang negatif, yuks berkreasi dengan seni. Agar terwujud generasi bangsa yang berkarakter serta mencintai kesenian 😀