PRA-EKSTRA 2018

Haii Smager’s, jumpa lagi dengan kami Visual Art! SALAM IMAJINASI!!!

Hmm okey, kali ini kita akan membahas tentang Pra-Ekstra di SMA N 1 GEGER tahun 2018. Yuk cekidot …

Pra-Ekstra kali ini adalah yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena Pra-Ekstra kali ini diselenggarakan ketika Smager sudah menjalankan program full-day school atau dengan 5 hari kerja. Jadi waktu untuk Pra-Ekstra dibuat agak cepat agar pulangnya tidak terlalu sore temen-temen

Nah, di Pra-Ekstr a Visual Art tahun ini diadakan games temen-temen. Apakah game nya itu? game nya yakni para peserta diberi balon yang berisi teka-teki untuk dijawab. Nah, nanti ada 4 tim yang terdiri atas 5 orang yang perwakilan tim harus maju untuk meledakkan balon tersebut.  Setelah diledakkan, doorr …. akan muncul sebuah lotre berisi teka-teki  yang siap untuk dijawab. Eits … jawabnya juga gak sembarangan loh, para peserta harus menjawab teka-teki itu dengan digambar di kertas yang sudah disediakan panita. Dan waktunya pun juga  sedikit guys, jadi ketika menjawab pertayaan harus cepat. Nah nanti yang menang, akan dapet bingkisan spesial dari panitia loh. Pokoknya seru deh … nih aku kasih tau keseruannya Pra-Ekstra di Visual Art

 

IMG-20180824-WA0008 IMG-20180824-WA0000 IMG-20180824-WA0002

Cukup sekian dulu ya perjumpaan kita kali ini, see you on the next post! As always, SALAM IMAJINASI? HIDUP PENUH WARNA!

Tentang Visual Art

Haiiii gaes udah pada tahu belum ekstra apa aja yang ada di SMAN 1 GEGER ? Nih ya kali ini kami bakal kasih tau kalian tentang salah satu ekstra di SMAN 1 GEGER yaitu Visual Art. Kami akan menceritakan tentang Visual Art mulai dari kegiatan, karya sampai kepengurusannya.

cropped-vhvkhvvk1.png

Visual Art adalah salah satu ekstra di SMAN 1 GEGER yang mempunyai ruangan sendiri yaitu ruang seni. Kami juga mempunyai jargon yaitu “ SALAM IMAJINASI. HIDUP PENUH WARNA ”.

Mungkin kalian pikir Visual Art itu kegiatannya cuma sekedar menggambar atau melukis gitu aja. Jangan salah, di Visual Art itu banyak banget kegiatan bukan hanya sekedar manggambar atau melukis. Tapi sebelumnya kami bakal ngebahas  kegiatan Visual Art tentang menggambar. Menggambar itu banyak jenisnya yaitu mulai dari lukisan, manga, anime, doodle, hand lettering, zentangle,comic dan masih banyak lagi.

Nah, selanjutnya kegiatan Visual Art yang bukan hanya sekedar nggambar adalah desain grafis, membatik, mading tiga dimensi, dan juga kerajian tangan mulai dari vas bunga recycle, lampion, patung, anyaman dan tentunya masih banyak lagi.

Kalian mau susunan kepengurusan Visual Art  SMAN 1 GEGER itu kaya apa? yuk lihat nih.

 

SUSUNAN KEPENGURUSAN

EKSTRAKURIKULER VISUAL ART

SMAN 1 GEGER 2017/2018

 

Pelindung                                            : Drs. H. Mkmun Fatoni M,pd

Penasehat                                            : Drs. Subiyanto

Koordinator pembina                          : Drs. Setiyo Budiyono

Ketua MPK                                         : Alfiansyah Hargiatama Sinatria

Ketua OSIS                                        : Sapta Bayu Nugroho

Seksi bidang sastra dan budaya          : Dank Hank Wima Eka Putra

Ketua                                                  : Melinda Kusuma Ningrum

Wakil                                                   : Desi Rahmawati

Sekretaris 1                                         : Laila Nurul Fadhilah

Sekretaris 2                                         : Yola Fernanda Aditya

Bendahara 1                                        : Aliyya Dhiya’ Amru

Bendahara 2                                        : Tresa Rulinda Pratama

Koordinator 1                                     : Yollanda Issaura

Koordinator 2                                     : Alfiananda Puspitasari

Seksi materi                                         : Dwi Rahmawati

Seksi kegiatan                                     : Muhammad Taufik Ardian

Seksi perlengkapan                             : Luthfiana Nur Azizah

Seksi dokumentasi                              : Inne Rosita Dewi

Mungkin banyak yang penasaran tentang hasil karya Visual Art. Kami akan memperlihatkan kepada kalian tentang hasil karya Visual Art.

HAND LETTERING

handlettering

handlettering1

KOMIK

CHAPTER 1CHAPTER 2

DESAIN GRAFIS 

poster

Sekian dulu ya teman teman sedikit cerita tentang ekstra Visual Art Ini. Semoga kalian yang mempunyai bakat seni rupa dapat mengembangkan bakat terpendamnya itu di VISUAL ART SMAN 1 GEGER.

Pra-Ekstra di SMAN 1 Geger

Hai teman-teman, kembali lagi bersama kami di blog ini. Kali ini kami akan membahas kegiatan yang ada di SMA N 1 Geger. Hmm, kira-kira teman-teman ada yang tau gak sih? Hehe, nih ya teman-teman kami beritahu. Kali ini kita akan membahas tentang sebuah kegiatan yang ada di SMA N 1 Geger yaitu Pra-ekstrakurikuler.

Pra-ekstrakurikuler atau yang sering kita sebut “Pra-ekstra” yaitu sebuah kegiatan dimana itu akan menjadi awal keberlangsungan kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 1 Geger guys. Apa aja sih kegiatan yang ada waktu pra-ekstra itu? Mau tau? Nih kami kasih tau pra-ekstra di ekstrakurikuler Visual Art, sekali-kali berbagi pengalaman, hehe. Kegiatan kami pada saat pra-ekstra itu kakak-kakak ekstrakurikuler mengadakan sebuah permainan dimana itu permainan kelompok yang mengharuskan kita untuk menulis huruf yang sudah diacak, seperti undian gitu teman-teman. Nah, setelah itu kita harus menyusun huruf itu agar menjadi kalimat yang sempurna, dan setiap huruf itu harus mempunyai arti. Saat itu seru sekali, kami juga diberi 1 lembar kertas dan 3 buah spidol untuk menulis itu. Menulisnya pun gak sembarangan loh guys, karena kita anak seni menulisnya harus dengan teknik hand-lettering. Wah, hebat ya kakak-kakak Visual Art.

Eits, dari permainan diatas juga diambil pemenangnya loh, yang menang dapat bingkisan menarik dari kakak-kakaknya. Tapi tidak ekstralurikuler kami saja teman-teman, ekstrakurikuler lainnya juga mengadakan kegiatan di pra-ekstra nya sendiri yang gak kalah serunya. Pokoknya seru deh …

Oh iya lupa, pra-ekstra berlangsung selama 2 hari dan setiap sesinya ada 45 menit. Pra-ekstra diawali dengan pembukaan seperti apel yang dibuka Kepala Sekolah atau yang mewakili, lalu setelah selesai langsung menuju tempat dimana pra-ekstra itu diadakan. Rugi banget loh teman-teman bagi yang tidak ikut kegiatan pra-ekstra, karena pada saat pra-ekstra kita dibebaskan untuk memilih semua ekstrakurikuler untuk dicoba seperti apa sih ekstra A, seperti apa sih ekstra B.

Sekian dulu ya teman teman perjumpaan kita kali ini. Intinya kegiatan pra-ekstra di SMA N 1 Geger itu seru pakai banget deh. Jadi gak bakal nyesel ngembangin bakat kalian di SMA N 1 Geger. Semoga apa yang kita sampaikan kali ini bermanfaat ya teman-teman. Salam imajinasi, hidup penuh warna! Sampai jumpa dikesempatan selanjutnya!

KESAN KESAN KETIKA PENEMPUHAN KAOS EKSTRA VISUAL ART

Hai sobat smager, bagaimana kabarnya? Semoga baik baik saja.

Pada kesempatan kali ini kami saya akan membahas tentang kesan kesan kami ketika penempuhan kaos ekstra pada beberapa saat yang lalu. Banyak keseruan yang terjadi lo.. penasaran? Simak sampai selesai ya…

Penempuhan kaos ekstra visual art dilaksanakan pada sore hari, tanggal 20 april 2018. Dilaksanakan di ligkungan SMAN 1 GEGER. Sebelum pelaksanaan penempuhan kaos tersebut kami dikumpulkan di lapangan baske untuk diberi tahu runtutan acara penempuhan kaos tersebut.

Penempuhan kaos pada kali ini sangat mengasikkan serta membingungkan. Pada pengumuman tersebut dijelaskan kita harus mencari kertas yang terdapat stempel visual art dan foto kita dengan senior ekstrakurikuler lain untuk ditukarkan kaos ekstra kita dalam waktu 20 menit. Untuk menemukan kertas tersebut kita semua sebelumnya dibentuk kelompok, setiap kelompok beranggotakan 2 orang. Setiap kelompok diberi clue dimana tempat kertas stempel tersebut berada.

Cluenya unik unik, ada yang mudah dipahami, dan bahkan menjebak. Sungguh seru memecahkan teka teki tersebut. Clue tersebut tersebar diseluruh lingkungan smager. Mulai bangunan lama, bangunan baru, bahkan ada juga yang di TPA sm ager.

Setelah kita menemukan kertas berstempel tersebut, kita semua masuk kelas. Didalam kelas setelah lari larian mencari tempat kertas tersebut, kita semua makan dengan nasi yang sudah kita semua bawa dari rumah. Kita makan bersama, sungguh seru bukan?. Ketika salah satu kelompok sudah habis nasinya, dia harus membantu teman yang nasinya masih belum habis. Ada salah satu teman kita yang sudah habis duluan, dia bernama hanif, dia telah membantu banyak kelompok lain menghabiskan nasi yang tersisa.

Sungguh seru penempuhan kaos pada kali ini. kita dibuat bingung untuk mencari tempat kertas, bingung memecahkan clue tersebut, dan masih banyak lagi deh. Ada satu lagi, yaitu rasa kekeluargaan dalam satu anggota dengan anggota lainnya sangat erat. Semoga akan terus begini ya??.

Sekian dulu ya teman teman kali ini. Tidak akan selesai jika diteruskan kesan kesan kita ketika penempuhan kaos hehehe…  jangan lupa baca juga yang lainnya ya teman teman

Pelatihan Desain Grafis

         Assalamu’alaikum Wr.Wb

Haii guys….. Selamat datang di blog kami. Kali ini kita mau ngebahas tentang Desain Grafis, nah dan semoga apa yang kita bahas bermanfaat ya. Oh ya, kalian tau nggak, Apa sih Desain Grafis itu?  

           Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak

Baiklah kita fokuskan pada desain grafis. Desain grafis merupakan salah satu kegiatan materi di ekstra Visual Art yang berada di SMA N 1 Geger, Btw kalian tau nggak? Kalau macam-macam software desain grafis itu ada banyak loh!! Seperti Photoshop dan CorelDraw.

Nah, pada 19 November 2017 lalu, ekstra Visual Art mengadakan pelatihan desain grafis. Dalam pelatihan kali ini, kita menggunakan software CorelDraw. Kita diajari langsung oleh Kak Andris, alumni SMA N 1 Geger. Kita diajari bagaimana cara membuat desain grafis melalui CorelDraw. Selain itu, kita juga diberi tips bagaimana cara membuat desain grafis yang baik, benar, dan semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Dalam kegiatan ini, juga ada perlombaannya loh! Setelah kita diberi materi tentang desain grafis tadi, kita diberi waktu selama satu jam untuk membuat desain grafis yang sebagus mungkin. Kita diberi tema “Hijaukan Kembali Dunia Untuk Masa Depan Bumi Kita”. Dalam kompetisi ini, pemenangnya diambil dua orang dan akan mendapatkan hadiah menarik. So, kita bersemangat dan berusaha membuat karya desain grafis semaksimal mungkin.

Kompetisi desain grafis kali ini dimenangkan oleh Hanif dan Fahrul loh.. Kira-kira seperti apa ya desain grafisnya? Pada penasaran nggak? Langsung aja deh, berikut ini adalah karya juara desain grafis pada kompetisi kali ini.

grafis2

Pelatihan desain grafis kali ini sangat menyenangkan. Kita semua mendapat pengalaman yang berharga. Dari yang awalnya belum bisa menjadi bisa, dari yang awalnya belum tahu apa-apa menjadi tahu. Semoga ilmu yang kita dapatkan ini, dapat bermanfaat baik di dunia dan di akhirat. Aamiin…

SALAM IMAJINASI… HIDUP PENUH WARNA…

grafis3

 

PAMERAN Visual Art

Assalamualaikum Wr Wb..

Salam Imajinasi….. Hidup penuh warna

Hai guys!!! Apa kabar nih?? Semoga baik baik aja yah hehee.. Langsung to the point aja yuks.

Guys pada tanggal 04 Maret 2018 OSIS SMAGER mempunyai event yaitu olimpiade ACTION (Academic of math and science competion Sains) untuk tingkat SMP/MI. selain olimpiade event ini juga disertai pameran-pameran karya anak SMAGER loh… yang dimeriahkan oleh beberapa ekstrakulikuler seperti pameran ekstra dari KIR dengan menampilkan karya ilmiah mereka seperti bereksperimen dan melakukan percobaan yang menarik, pertunjukan music dari ekstra Gesicma yang menambah suasana menjadi lebih hidup dengan alunan-alunan music serta suara yang begitu merdu, dan tentunya pasti pameran seni dari ekstra Visual Art .

Visual Art tahun ini diberi kepercayaan lagi dari OSIS untuk ikut serta dalam memeriahkan event untuk mengisi acara pameran. Pameran kita tepatnya berada di rooftop SMAN 1  GEGER. Pameran ini sebagai bentuk apresiasi dari karya-karya anak Visual Art di Smager. Selain  untuk memeriahkan acara olimpiade ACTION pameran ini dapat menjadi suatu pameran yang dapat menjadikan motivasi bagi mereka yang melihat pameran ini untuk terus berkarya tanpa batas. Teman-teman dan para peserta lomba olimpiade yang melihat pameran ini juga bisa menambah pengetahuan tentang seni juga. Acara ini seru, menyenangkan, dapat menambah ilmu, serta sangat bermanfaat.

Pameran yang kita adakan ini berbentuk campuran. Maksudnya, ada banyak macam karya seni yang dipamerkan seperti seni lukis (lukisan di kanvas, lukisan di guci dll), seni patung (patung dari kayu dan dari batu marmer), seni desain grafis, karya seni dua dimensi & tiga dimensi, batik, mading dan masih banyak karya seni lainnya.

Berikut foto pameran dari kita guys..

pameran lukisan
pameran lukisan
Tim Sukses Pameran 2018 :)
Tim Sukses Pameran 2018 :)

Gimana guys? Keren ya?

Untuk mengadakan pameran ini pastinya tidak mudah. Kita sebelumnya mengadakan persiapan bahkan jauh-jauh hari sebelum hari H acara pameran ini. Mau tau nggak guys untuk menyiapkan itu semua butuh kerja sama dan kekompakan lho… kita nggak bisa membuat itu semua dengan sendiri kita saling kerja sama agar hasilnya lebih memuaskan. Kita juga berusaha menampilkan yang terbaik agar tidak mengecewakan. Berkat kerja sama semua anggota pameran seni ini berhasil dan lancar sesuai yang diharapkan. Alhamdulillah….. Bagus kan guys… sekian ya jika ingin yang lain lagi kepoin terus ya , jangan bosen-bosen… kita pamit dulu yaa…

Salam Imajinasi….. Hidup penuh warna

Wassalamualaikum Wr Wb…..

Keseruan Musasi 2017

Haii guyss…  Kali ini kita mau nostalgia nihh,,tapi bukan nostalgia tentang orang yang pernah singgah dihati loo ya bukan hehe. Yakk kita mau ngeshare ke kalian semuaaa gimana sih serunya, kecenya, kerennya acara tahunan di SMA 1 GEGER. Yupsss langsung saja acaranya adalah jeng jeng jengggg……. MUSASI dan Kemah Ijo. Buat kalian yang belum tau apa itu MUSASI tenang aja deh kita bakalan kasih tau ke kalian semuaa jadi nggak usah pada nangis yaa hehehe :)

MUSASI merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan tentunya sangat hitz di SMAGER. MUSASI itu merupakan singkatan dari Temu Aksi dan Rekreasi. Lebih detailnya MUSASI merupakan kegiatan akhir semester 1 yang isi dari kegiatannya  seru seruan dan pastinya asikkk. Itung itung kegiatan ini pelepas penat setelah PAT dan juga pengisi liburan akhir tahun. Kegiatan ini dijadikan sebagai acara tahunan dengan tujuan untuk meningkatkan kekompakkan dan solidaritas ekstrakurikuler yang diikuti oleh pesertanya, yaitu kelas X.  Tapi sebelum kita bahas lebih jauh nih ya gaes, kita mau kasih tau jargon andalan musasi kita tahun ini loh. Jargon terhits dan ter asik. Mau tau? Ok kita kasih tau. Jadi gini nih,

MUSASI DAN KEMAH IJO 2108? GO GREEN GO LIFE GO MUSASI!!!

Oh yaa guys,  pada saat Musasi banyak kegiatan seru lohh,  dan perlu kalian ingat kegiatanya nggak monoton.  Kegiatan musasi selama tiga hari sangat macam-macam dan pastinya ga bikin kalian bosan. Okey disini admin bakal ngasih tau kalian apa aja kegiatan yang ada waktu musasi.

Dihari pertama musasi udah banyak keseruan,  disana kita harus nyingkirin rasa malu guys biar dapet token banyak.  Saat datang di tempat musasi kita langsung dibarisin buat check sound yel yel kebanggan.  Hari pertama disana diisi dengan pengenalan lingkungan sekitar yaa, dan malam nya juga ada kegiatan seru lainya seperti sosialisasi dari kakak kakak senior yang pastinya dengan pembawaan yang sangat enak. Di pagi hari kedua dibuka dengan senam bersama dan tidak lupa makan bersama diselingi dengan coffe break lalu dilanjutkan dengan banyak aktivitas lain.  Disiang hari kita juga mendapat sosialisasi dari bapak tentara,  dilanjutkan dengan berbagai game seru yang tidak lain tujuanya untuk mendapatkan token sebanyak banyaknya.  Malam hari yang lebih seru, disana kita disuguhi pentas kolaborasi ekstra yang sangat kerennn juga tidak ketinggalan dengan persembahan berbagai kesenian lainya. Pada malam itu para kakak kakak alumni juga tidak ketinggalan hadir untuk memeriahkan acara. Hari terakhir kita habiskan untuk bersenang senang,  bernyanyi bersama, menari bersama, makan bersama dan masih banyak kebersamaan lainnya.  Musasi memberi kita banyak pengalaman yang tak terlupakan dan juga sebagai pengisi liburan yang sangat bermanfaat.

Nah, selanjutnya kita akan membahas tentang apa aja sih yang dilakukan sama ekstra Visual Art kita tercinta ini selama Musasi?

                Tentu saja kita semua yang terdiri dari 19 orang itu kompak banget guys selama mengikuti semua kegiatan Musasi selama 3 hari di Kandangan. Mulai dari Penjelajahan sampai berbagai macam permainan yang ada selama Musasi. Apalagi saat kegiatan penjelajahan, semuanya semangat banget meneriakkan Yel-Yel dan Jargon dari Visual Art lo, bahkan kakak-kakak senior pun nggak kalah semangat. Di kegiatan penjelajahan itu, kita juga dapat cukup banyak token loh guys.

                Selanjutnya pada saat Game yang diadakan di lapangan yang penuh lumpur, walaupun kita dibagi dalam kelompok yang berbeda-beda itu bukan berarti kita malas-malasan dan nggak semangat. Justru kita semakin semangat karena disini kita dicampur dengan ekstra lain, so kita harus menunjukkan yang terbaik dong. Nah, cuaca yang hujan deras nggak menghalangi semangat kita untuk meramaikan suasana Musasi dong. Kita tetap semangat bermain segala macam game yang ada, bahkan ada yang sampai terperosok ke lubang yang penuh lumpur lo. Tapi kita tetap semangat demi Token!

                Lalu, saat malam harinya Ekstra Visual Art juga dapat kesempatan untuk mengisi materi loh guys. Kali ini, yang bertugas mengisi acara adalah Kakak senior kita yang super duper kece nih guys. Siapa hayo? Coba tebak. Yess, benar sekali. Siapa lagi kalau bukan Kak Desi dan Kak Melinda. Materi yang disampaikan itu seru pake banget dan tidak lupa ada juga acara bagi-bagi hadiah loh guys. Seru kan?

musasi

musasi1

Nah, yang paling special dan tak terlupakan nih guys hehe. Apa hayoo? Yess, Pensi! Di pensi alias pentas seni ini, kami menampilkan sesuatu yang pastinya unik, asik, dan kece banget. Yap, kita menampilkan gabungan antara tari tradisional, flashmob, melukis, pencak silat, dan fashion show loh guys. Waduh, kebayang nggak sih serunya? Disini kami menunjukkan sisi lain dari kami, visual art yang notabene adalah ekstra seni yang di mata banyak orang itu cuma bisa melukis saja juga bisa menari, pencak silat, bahkan fashion show. Keren kan guys? Bahkan, kita juga dapat prestasi sebagai Juara 2 Pensi Terbaik di Musasi loh guys, tentunya ini semua nggak lepas dari dukungan senior yang hebat, multitalent, dan kece banget nih guy

musasi2

Jadi, at last but not least nih guys selama musasi kita bisa mendapat banyak pengalaman yang menyenangkan. Kita bisa belajar saling berbagi, bergotong royong,dll. Ditambah keasyikan kita pada saat menanam pohon,kita berjalan melewati jalan yang berkelok-kelok dan berlumpur. Kita berjalan sambil bernyanyi-nyanyi dan berteriak yel-yel dari visual art. Terus juga ada lagi, waktu mencari token kita bisa bersama-sama berjuang nyari token sampi ngos-ngosan. Seru banget deh pokoknya. Kita bisa belajar dari musasi tentang kesabaran contohnya waktu ngantri buat ke kamar kecil,kita harus benar-benar mengantri sepanjang rel kereta api buat mandi. Pokoknya seru banget deh musasi itu. Eventnya bakal jadi pengalaman yang gak pernah terlupakan. Pesannya  semoga musasi tahun depan lebih seru,lebihasyik,danmenambah pengalaman yang sangat berharga, semoga tambah baik lagi deh.

SALAM IMAJINASI! HIDUP PENUH WARNA!

Cara Membuat Daftar Isi

Di antara kalian mungkin masih banyak yang membuat daftar isi dengan cara manual, namun sebenarnya daftar isi itu nggak harus dibuat dengan mengetikkan judul kemudian diberi titik-titik dan seterusnya. Cara tanpa mengetikkan judul dan sebagainya itu bisa disebut dengan cara otomatis. Dan silahkan disimak cara membuat daftar isi dengan cara otomatis dan mudah.

 

  1. Bukalah dokumen di Microsoft Office Word atau buatlah dokumen tersebut.
  1. Klik pada halaman kedua dari dokumen tersebut (bagian kata pengantar).
  1. Kemudian klik ribbon Insert dan klik Page Break.
  1. Ketikkan Daftar Isi sebagai judul.
  1. Lalu klik ribbon References dan klik Table of Contents.
  1. Pilih Table of Contents yang tersedia (disini saya memilih Automatic Table 2).

2

  1. Kemudian akan muncul kotak atau tabel. 1
  2. Kembalilah ke halaman lain lalu blok judul dan ubah Style huruf menjadi Heading 1 (ada di ribbon Home -> Styles). Serta ubah Style huruf dari sub judul menjadi Heading 2 (untuk warna, jenis huruf dan ukuran huruf bebas, sesuai kenginan diri sendiri)

Untitled

  1. Beri nomor halaman, dengan cara seperti di bawah ini :

7

  1. Setelah itu kembali ke Daftar Isi, klik Table of Contents yang telah dibuat tadi dan klik Update Table.
  2. Akan muncul sebuah dialog seperti di bawah ini : 4
  1. Dan Daftar Isi telah selesai (hasilnya bisa dilihat di bawah ini)akhir

EDITING FOTO DENGAN INK EFFECT

Kami akan membahas tetang editing foto ink effect. Ink Effeect mudah untuk para pemula dalam design grafis. Untuk ink effect itu sendiri adalah tumpukan foto yang biasanya di sebut layer dalam istilah penggunaan Photoshop. Layer tersebut pada bagian tertentu diisi isi oleh gambar tinta yang tumpah atau sengaja di lukiskan namun masih abstrak.
Yang pertama, ink atau tinta yang kita gunakan hanya gambarnya saja. Kedua, brush berbentuk seperti sapuan kuas sama dengan yang sebelumnya yang kita gunakan hanya gambarnya. Ketiga, water colour ini berbentuk seperti tumpahan cat. Kami tegaskan kembali untuk penggunaan brush,water colour dan ink itu hanya dalam bentuk gambar. Gambar tersebut dapat kita peroleh dari pencarian di google atau kita dapat membuat itu sendiri.
Sekarang saya akan memberikan tips untuk mengedit foto dengan ink effect. Bagi pemula gunakan aplikasi photoshop versi CS5,CS6 atau CC. Kami sarankan untuk menggunakan versi tersebut untuk mempermudah kalian dalam melakukan kerja di photoshop. Jika kita menggunakan versi di atas CS4 pemilihan menu yang akan kita guankan lebih banyak dan lebih bervariasi.
Sebelumnya kalian harus mengenal letak dan fungsi tool dalam photoshop. Kalian bisa melihat beberapa video di youtube atau web tentang pengunaan tool photoshop. Jika kalian bosan akan tool standart dari photoshop kalian dapat mendownload sendiri tool yang kalian inginkan. Kalian juga harus pandai dalam meyiasati tool yang kalian gunakan untuk editing foto kalian.
Yuk langsung aja ke langkah-langkahnya:
1. Pertama kalian harus mendownload gambar brushnya (atau kalian dapat membuatnya sendiri dengan bantuan brush tool di photoshop) dan siapkan gambar objek yang ingin kalian edit.
Catatan:
Cari menggunakan kata kunci (brush,ink, dan water colour). Kami akan menggunakan yang water colour.
2. Buka Photosho

3. Klik New

klik 1

4. Pilih ukuran kertas sesuai keinginan atau menurut ukuran yang telah ada.

ukuran gambar

5. Buka gambar yang akan diedit, dengan cara mendrag file tersebut ke photoshop.

6. Sesuaikan gambar dengan ukuran kertas yang anda pilih. Jika selesai tekan Enter.sebelum di sesuaikan

sesudah disesuaikan7. Lalu tekan filter –> filter gallery –> artistic –> dry brush –>oke.

filter gallaery

8. Tekan select –> all –> Ctrl + C.

9. Tekan new folder –> new mask layer –> tekan gambar putih dan tombol alt secara bersamaan.

10. Gambar awal yang berubah menjadi putih kemudian tekan CTRL + V.

10.

11. Sekarang kita akan menghitam beberapa bagian dari objek klik Imange –> Adjusment –> Sesuaikan bagian bagian yang akan di hitamkan atau lebih di terangkan pada bagian objek yang diinginkan. Tekan Ok.

11.

curve

12.Kemudian tekan CTRL + I. objek akan menjadi lebih hitam dan kadang menyala tapi jangan khawtir itu karena itu merupakan tujuan kita. Tekan ikon Folder pada layer. Kemudian tekan ikon mata pada layer objek. Kemudian objek akan menjadi putih.

12

13. Drag foto brush yang telah di download ke photoshop dengan cara klik Enter –> masukkan gambar pada folder.

13

14. Lihat pada kota dialog layer yang bertuliskan normal dan disebelahnya terdapat segitiga kecil hitam klik pada segitiga tersebut. Dan muncul macam-macam pilihan. Pilih Multiply.

Untitled

15. Jika memiliki gambar banyak pada gambar brush kalian dapat mengaplikasikannya ke gambar dengan cara yang sama pada nomor 13 dan 14. Kemudan atur layer-layer tersebut sesuai kehendak namun harus memperhatikan akhir dari hasil yang di buat.

13 c

15

16. Jangan lupa untuk menyimpan hasil karya kalian

17. Dan inilah hasil karya yang telah di buat.

INK EFFECT

Dan kunjungi kami di instagram di https://www.instagram.com/p/BLCv_pQjczb/

Melukis Batu

Melukis Batu – Melukis adalah kegiatan untuk menuangkan ide dan perasaan pembuatnya. Bukan hanya diatas kertas atau kanvas saja kegiatan melukis bisa dikerjakan, tapi juga bisa dilakukan diatas batu,daun,guci,meja,dinding dan bidang lainnya. Nah disini kekreatifan kalian akan diuji. Keorisinilan hasil merupakan keutamaan dalam kegiatan ini. Karena jika kita meniru hasil orang lain maka akan menurunkan atau mengubur bakat kita dalam menuangkan ide dalam sebuah karya,kekreatifan , dan keinovatifan dalam diri.

Seringkali melukis menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, karena merasa dirinya tidak bisa menghasilkan karya yang indah dan fantastis. Tetapi sebenarnya tidak ada karya didunia ini yang buruk. Setiap karya menunjukkan karakteristik penciptanya dan setiap karakter dalam sebuah karya memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda sehingga tidak ada kata takut untuk berkarya. Berkarya seni rupa juga dapat melatih sistem motorik dan melatih kecerdasan otak. Karena di dalam seni rupa terutama melukis, kita akan bermain dengan berbagai bentuk dan warna untuk mendapatkan keseimbangan yang menciptakan sesuatu yang memiliki nilai estetika, ekologis dan ekonomis.

SMAN 1 GEGER Madiun merupakan sekolah menengah atas yang menjadi sekolah favorit di daerah Madiun. Memiliki total 15 ekstrakurikuler, salah satunya yaitu Visual Art. VA berkecimpung dibidang seni rupa.VA telah membuktikan kekreatifannya dengan melukis diberbagai bidang. Nah di pembahasan kali ini, kita akan menunjukkan sekilas cara kepada kalian untuk menciptakan sebuah karya seni yang indah dari batu. Alasan kita menggunakan batu yaitu karena sering orang menelantarkan batu berserkan dijalan,maka kita akan berusaha memperbaiki kedudukan batu yang semula tidak berguna menjadi sebuah karya seni yang indah dan unik.

Untuk menciptakan sebuah karya maka kita membutuhkan alat dan bahan. Untuk melukis batu, kita dapat menggunakan set kuas yang memiliki berbagai ukuran, kuas kecil biasa digunakan untuk mempoles bagian tepi agar hasilnya lebih rapi dan detail, untuk kuas ukuran sedang biasa digunakan untuk mewarnai bagian dalam dan kuas ukuran besar biasa digunakan untuk mewarnai bagian yang luas sehingga akan cepat selesai. Tidak hanya kuas tapi pemilihan cat yang bagus juga akan mempengaruhi hasil. Untuk materi kita kali ini, kita menggunakan cat warna yang mudah kering .

Sebelum memulai, disini dianjurkan untuk memberikan warna dasar pada batu sehingga mempermudah mengeblok warna sebelum memberi seketsa motif. Setelah itu gambarlah motif yang kalian ingin buat sesuai kekreatifan kalian, untuk menghasilkan karya yang indah maka gunakan perasaan kalian dan tuangkan dalam karya sehingga karya akan terasa lebih hidup. Setelah motif jadi maka warnai motif kalian dengan warna yang kalian inginkan, kalian bisa menerapkan teknik percampuran warna maupun teknik pewarnaan salah satunya yaitu gradasi. Buatlah karya dengan semaksimal mungkin hingga pantas untuk mendapatkan nilai ekonomis.

Contoh hasil karya anggota Visual Art smager :

e

IMG20160902163329

IMG20160902163413