Cara Membuat Daftar Isi

Di antara kalian mungkin masih banyak yang membuat daftar isi dengan cara manual, namun sebenarnya daftar isi itu nggak harus dibuat dengan mengetikkan judul kemudian diberi titik-titik dan seterusnya. Cara tanpa mengetikkan judul dan sebagainya itu bisa disebut dengan cara otomatis. Dan silahkan disimak cara membuat daftar isi dengan cara otomatis dan mudah.

 

  1. Bukalah dokumen di Microsoft Office Word atau buatlah dokumen tersebut.
  1. Klik pada halaman kedua dari dokumen tersebut (bagian kata pengantar).
  1. Kemudian klik ribbon Insert dan klik Page Break.
  1. Ketikkan Daftar Isi sebagai judul.
  1. Lalu klik ribbon References dan klik Table of Contents.
  1. Pilih Table of Contents yang tersedia (disini saya memilih Automatic Table 2).

2

  1. Kemudian akan muncul kotak atau tabel. 1
  2. Kembalilah ke halaman lain lalu blok judul dan ubah Style huruf menjadi Heading 1 (ada di ribbon Home -> Styles). Serta ubah Style huruf dari sub judul menjadi Heading 2 (untuk warna, jenis huruf dan ukuran huruf bebas, sesuai kenginan diri sendiri)

Untitled

  1. Beri nomor halaman, dengan cara seperti di bawah ini :

7

  1. Setelah itu kembali ke Daftar Isi, klik Table of Contents yang telah dibuat tadi dan klik Update Table.
  2. Akan muncul sebuah dialog seperti di bawah ini : 4
  1. Dan Daftar Isi telah selesai (hasilnya bisa dilihat di bawah ini)akhir

EDITING FOTO DENGAN INK EFFECT

Kami akan membahas tetang editing foto ink effect. Ink Effeect mudah untuk para pemula dalam design grafis. Untuk ink effect itu sendiri adalah tumpukan foto yang biasanya di sebut layer dalam istilah penggunaan Photoshop. Layer tersebut pada bagian tertentu diisi isi oleh gambar tinta yang tumpah atau sengaja di lukiskan namun masih abstrak.
Yang pertama, ink atau tinta yang kita gunakan hanya gambarnya saja. Kedua, brush berbentuk seperti sapuan kuas sama dengan yang sebelumnya yang kita gunakan hanya gambarnya. Ketiga, water colour ini berbentuk seperti tumpahan cat. Kami tegaskan kembali untuk penggunaan brush,water colour dan ink itu hanya dalam bentuk gambar. Gambar tersebut dapat kita peroleh dari pencarian di google atau kita dapat membuat itu sendiri.
Sekarang saya akan memberikan tips untuk mengedit foto dengan ink effect. Bagi pemula gunakan aplikasi photoshop versi CS5,CS6 atau CC. Kami sarankan untuk menggunakan versi tersebut untuk mempermudah kalian dalam melakukan kerja di photoshop. Jika kita menggunakan versi di atas CS4 pemilihan menu yang akan kita guankan lebih banyak dan lebih bervariasi.
Sebelumnya kalian harus mengenal letak dan fungsi tool dalam photoshop. Kalian bisa melihat beberapa video di youtube atau web tentang pengunaan tool photoshop. Jika kalian bosan akan tool standart dari photoshop kalian dapat mendownload sendiri tool yang kalian inginkan. Kalian juga harus pandai dalam meyiasati tool yang kalian gunakan untuk editing foto kalian.
Yuk langsung aja ke langkah-langkahnya:
1. Pertama kalian harus mendownload gambar brushnya (atau kalian dapat membuatnya sendiri dengan bantuan brush tool di photoshop) dan siapkan gambar objek yang ingin kalian edit.
Catatan:
Cari menggunakan kata kunci (brush,ink, dan water colour). Kami akan menggunakan yang water colour.
2. Buka Photosho

3. Klik New

klik 1

4. Pilih ukuran kertas sesuai keinginan atau menurut ukuran yang telah ada.

ukuran gambar

5. Buka gambar yang akan diedit, dengan cara mendrag file tersebut ke photoshop.

6. Sesuaikan gambar dengan ukuran kertas yang anda pilih. Jika selesai tekan Enter.sebelum di sesuaikan

sesudah disesuaikan7. Lalu tekan filter –> filter gallery –> artistic –> dry brush –>oke.

filter gallaery

8. Tekan select –> all –> Ctrl + C.

9. Tekan new folder –> new mask layer –> tekan gambar putih dan tombol alt secara bersamaan.

10. Gambar awal yang berubah menjadi putih kemudian tekan CTRL + V.

10.

11. Sekarang kita akan menghitam beberapa bagian dari objek klik Imange –> Adjusment –> Sesuaikan bagian bagian yang akan di hitamkan atau lebih di terangkan pada bagian objek yang diinginkan. Tekan Ok.

11.

curve

12.Kemudian tekan CTRL + I. objek akan menjadi lebih hitam dan kadang menyala tapi jangan khawtir itu karena itu merupakan tujuan kita. Tekan ikon Folder pada layer. Kemudian tekan ikon mata pada layer objek. Kemudian objek akan menjadi putih.

12

13. Drag foto brush yang telah di download ke photoshop dengan cara klik Enter –> masukkan gambar pada folder.

13

14. Lihat pada kota dialog layer yang bertuliskan normal dan disebelahnya terdapat segitiga kecil hitam klik pada segitiga tersebut. Dan muncul macam-macam pilihan. Pilih Multiply.

Untitled

15. Jika memiliki gambar banyak pada gambar brush kalian dapat mengaplikasikannya ke gambar dengan cara yang sama pada nomor 13 dan 14. Kemudan atur layer-layer tersebut sesuai kehendak namun harus memperhatikan akhir dari hasil yang di buat.

13 c

15

16. Jangan lupa untuk menyimpan hasil karya kalian

17. Dan inilah hasil karya yang telah di buat.

INK EFFECT

Dan kunjungi kami di instagram di https://www.instagram.com/p/BLCv_pQjczb/

Melukis Batu

Melukis Batu – Melukis adalah kegiatan untuk menuangkan ide dan perasaan pembuatnya. Bukan hanya diatas kertas atau kanvas saja kegiatan melukis bisa dikerjakan, tapi juga bisa dilakukan diatas batu,daun,guci,meja,dinding dan bidang lainnya. Nah disini kekreatifan kalian akan diuji. Keorisinilan hasil merupakan keutamaan dalam kegiatan ini. Karena jika kita meniru hasil orang lain maka akan menurunkan atau mengubur bakat kita dalam menuangkan ide dalam sebuah karya,kekreatifan , dan keinovatifan dalam diri.

Seringkali melukis menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, karena merasa dirinya tidak bisa menghasilkan karya yang indah dan fantastis. Tetapi sebenarnya tidak ada karya didunia ini yang buruk. Setiap karya menunjukkan karakteristik penciptanya dan setiap karakter dalam sebuah karya memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda sehingga tidak ada kata takut untuk berkarya. Berkarya seni rupa juga dapat melatih sistem motorik dan melatih kecerdasan otak. Karena di dalam seni rupa terutama melukis, kita akan bermain dengan berbagai bentuk dan warna untuk mendapatkan keseimbangan yang menciptakan sesuatu yang memiliki nilai estetika, ekologis dan ekonomis.

SMAN 1 GEGER Madiun merupakan sekolah menengah atas yang menjadi sekolah favorit di daerah Madiun. Memiliki total 15 ekstrakurikuler, salah satunya yaitu Visual Art. VA berkecimpung dibidang seni rupa.VA telah membuktikan kekreatifannya dengan melukis diberbagai bidang. Nah di pembahasan kali ini, kita akan menunjukkan sekilas cara kepada kalian untuk menciptakan sebuah karya seni yang indah dari batu. Alasan kita menggunakan batu yaitu karena sering orang menelantarkan batu berserkan dijalan,maka kita akan berusaha memperbaiki kedudukan batu yang semula tidak berguna menjadi sebuah karya seni yang indah dan unik.

Untuk menciptakan sebuah karya maka kita membutuhkan alat dan bahan. Untuk melukis batu, kita dapat menggunakan set kuas yang memiliki berbagai ukuran, kuas kecil biasa digunakan untuk mempoles bagian tepi agar hasilnya lebih rapi dan detail, untuk kuas ukuran sedang biasa digunakan untuk mewarnai bagian dalam dan kuas ukuran besar biasa digunakan untuk mewarnai bagian yang luas sehingga akan cepat selesai. Tidak hanya kuas tapi pemilihan cat yang bagus juga akan mempengaruhi hasil. Untuk materi kita kali ini, kita menggunakan cat warna yang mudah kering .

Sebelum memulai, disini dianjurkan untuk memberikan warna dasar pada batu sehingga mempermudah mengeblok warna sebelum memberi seketsa motif. Setelah itu gambarlah motif yang kalian ingin buat sesuai kekreatifan kalian, untuk menghasilkan karya yang indah maka gunakan perasaan kalian dan tuangkan dalam karya sehingga karya akan terasa lebih hidup. Setelah motif jadi maka warnai motif kalian dengan warna yang kalian inginkan, kalian bisa menerapkan teknik percampuran warna maupun teknik pewarnaan salah satunya yaitu gradasi. Buatlah karya dengan semaksimal mungkin hingga pantas untuk mendapatkan nilai ekonomis.

Contoh hasil karya anggota Visual Art smager :

e

IMG20160902163329

IMG20160902163413

Berkarya Seni Kerajinan Tangan Olahan Mendong

Berkarya Seni Kerajinan Tangan Olahan Mendong – Kali ini kita akan membahas tentang pembuatan seni kriya dari tenunan mendong. Dari nama nya saja pasti sudah asing bukan? Apasih sebenarnya mendong itu sendiri? Dan kerajinan apa saja yang dapat kita buat dari mendong tersebut? Disini kita akan membahas lebih lanjut tentang proses pembuatan kerajinan tangan antara lain kota tisu dan tempat hantaran yang pastinya cantik dan menarik. Langsung saja kita simak cara pembuatannya.

Dalam Ensiklopedi Indonesia, disebutkan kerajinan tangan adalah jenis kesenian yang menghasilkan atau menproduksi berbagai jenis barang hiasan yang terbuat dari kayu, rotan, tulang, gading, porselin, perak dan sebagainya. Begitu pula dalam proses penciptaannya, perajin harus terlebih dahulu mempertimbangkan aspek kegunaan dalam rancangan desain, sebab nilai kepraktisan yang menjadi tujuan utama seni terapan

Sebelum kita menuju ke pembuatan kotak tisu dan tempat hantaran, mari kita simak cara pembuatan lembaran mendong tenun terlebih dahulu

  1. Siapkan mendong yang telah di potong dan dipipihkan
  2. Beri sedikit air pada mendong agar lebih mudah dalam menenun dan tidak gampang patah
  3. Siapkan alat tenun sederhana dari kayuupload-105-177-156951374
  4. Tata mendong pada tenun sedemikian rupa hingga menghabiskan benang yang tersedia
  5. Setelah benang habis tergulung, potong dan rapikan tenunan mendong hingga menjadi lembaran
  6. Olesi mendong tenun tersebut dengan lem kayu cair dan angin – anginkan hingga kering.

SAM_0906

Setelah memperoleh tenunan mendong tersebut, mari kita buat kotak tisu sederhana

  1. Alat dan bahan:
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Penggaris
  • Kertas karton
  • Tenunan mendong
  • Bunga kering dan biji bijian

SAM_0902SAM_0895 SAM_0901

 

 

 

 

2. Langkah – langkah pembuatan kotak tisu sederhana

  • Siapkan alat dan bahan
  • Gambar pola berupa jaring jaring balok pada kertas karton dengan menggunakan pensil dan penggaris

3. Selanjutnya, gunting kertas karton sesuai dengan pola yang telah digambar

SAM_0898

4.Gabungkan bagian jaring jaring balok tersebut dengan lem yang kuat hingga menyerupai kotak tisu

SAM_0907

5.Gunting tenunan mendong sesuai dengan kotak karton tersebut, lalu tempelkan dengan rapi pada kotak karton dengan lem.

SAM_0908 SAM_0917

6. Langkah terakhir, hias bagian pinggir dan atas kotak tisu dengan bunga kering dan biji bijian untuk menambah nilai estetis.

Hasil Karya

SAM_1333

Komik atau Manga

Cara Membuat Komik

 

Dalam komik, kita bisa berkreasi serta mengeluarkan semua imajinasi kita seluas-luasnya. Sebelumnya apa itu komik? Yang pasti semua orang tau apa itu komik. Komik adalah suatu seni yang menggunakan gambar-gambar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Jika Anda memiliki ide ikuti langkah ini.

  1. Membuat Plot

Plot adalah struktur rangkaian urutan dalam cerita, bagaimana bermula, apa inti cerita dan siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita. Plot sangat penting dalam membuat komik karena tanpa plot nantinya cerita menjadi tidak jelas dan tidak terarah.

  1. Membuat Draft dengan Pensil

Saat memulai membuat komik, gunakanlah pensil untuk meminimilisasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. Buat draft berupa kotak frame, layout halaman, kemudian mulailah menggambar tokoh-tokoh di dalamnya.

  1. Membentuk Outline Gambar

Rapikan draft gambar dengan drawing pen, untuk kotak dan bentuk-bentuk persegi lainnya dapat dibantu dirapikan dengan penggaris.

  1. Menghapus Draft Pensil

Hapus draft pensil saat tintanya kering. Gunakan penghapus pensil yang bagus agar menghapusnya mudah dan hasil hapusannya bersih.

  1. Membuat Detil Gambar

Hitamkan rambut (bila berwarna gelap), warna pakaian, rapikan bulu mata, arsir bagian yang gelap dengan memperhatikan efek pencahayaan, bentuk bayangan pose tokoh dan berbagai detil gambar lainnya.

  1. Melakukan Pengoreksian

Terkadang setelah sampai pada gambar detil, baru ditemukan kesalahan-kesalahan gambar, seperti kedua mata yang tidak sejajar, ukuran tubuh antar tokoh yang tidak proporsional atau bahkan ekspresi wajah yang keliru.

  1. Menambahkan Screen Tone

Screen tone merupakan teknik yang terdapat pada komik dimana tone digunakan untuk mengisi bagian gambar dengan warna gelap dan terang ataupun dengan tekstur.

Tahap akhir adalah memasukkan dialog. Bila dilakukan secara manual, tulis dulu dialognya dengan pensil untuk mengantisipasi keluar dari kotak narasi.

Di bawah ini merupakan karya dari anggota Visual Art dan untuk contoh lain bisa kalian cari di google dengan kata kunci “Anime manga sketch” atau menggunakan kata kunci lain

IMG-20160902-WA0006

Hand Lettering

Pengertian Hand Lettering

 

 

Hai, semua… Udah pada tahu belum apa itu hand lettering ?

Bagi yang belum tau mari kita bahas yukkk.. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan hand lettering itu…

==============================================

Hand lettering didefinisikan sebagai seni menggambar huruf  sebagus dan semenarik mungkin.

 

Hand lettering merupakan suatu karya manual, tetapi pada era modern ini hand lettering juga bisa dibuat dengan menggunakan alat komputer yang canggih dengan menggunakan aplikasi tertentu.

 

Alat-alat yang bisa kita gunakan untuk membuat hand lettering yaitu:

  1. Dengan cara manual, kita bisa menggunakan kapur, pensil, spidol, drawing pen, brush pen, kertas gambar ataupun kertas hvs dan masih banyak lagi peralatan yang digunakan untuk membuat hand lettering.
  2. Jika menggunakan komputer, bisa menggunakan aplikasi corel draw, photoshop atau aplikasi lain yang memunkinkan untuk membuat hand lettering.

 

Oh, iya hand lettering memiliki perbedaan dengan tipografi. Jadi, apa sih perbedaannya?

Hand lettering merupakan seni menggambar huruf sebagus dan semenarik mungkin. Sedangkan tipografi adalah desain untuk membuat huruf, memilih, dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia.

 

Hand lettering bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan pada saat ulang tahun, pada hari- hari besar, misalnya pada saat hari idul fitri dan idul adha, pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia, pada saat tahun baru, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari hand lettering :

88255f30158573.5615ceb56e20e hand-lettering-examples-2 images wander-lust-design-hand-lettering

 

Jadi, setelah bahasan ini pasti kalian sudah tahu dan mengerti sekilas tentang hand lettering. Jika kalian ingin tahu yang lebih dalam tentang hand lettering, kalian bisa browsing sendiri di google, tanya kepada teman yang sudah ahli, yaaaaaa…

 

Sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

Buat Mading Yuks… VA “kreatif” SMAN 1 Geger

SALAM IMAJINASI !!!
Sudah lihat-lihat post blog-blog sebelumnya? Emm.. masih inget gak blog sebelumnya ngebahas apaan? Yapp!! Pop-Up !
Oke.. kita beralih yaa, setelah kegiatan itu selesai adik-adik kelas 10 sudah menghasilkan Pop-up sendiri lohhhh. Gimana? Kece kan? 😀

Oh iya, ngomong-ngomong kegiatan setelah Pop-Up apa yaa? Ada yang tau?
Jangan bilang di otak kalian sudah menyusun kata ME-LU-KIS. Big NO ya. Salah banget!
Karna setelah kita bergulat dengan Pop-Up kita akan mengajari adik kelas 10 dengan MADING.
Emmmm.. pasti sudah banyak banget yang tau ya, soal MADING.
Tau sendiri ya, Mading di SMAN 1 GEGER itu banyak banget dan mestinya memang harus di indahkan keberadaannya.

Mading disini bertujuan untuk menampung informasi dan kreatifitas siswa/i, namun ternyata bukan asal informasi dan karya-karya sembarangan yang ditempel disini. Nah, makanya Ekstra Visual Art akan mengajarkan tentang Mading, baik itu tema yang dipilih, isi-isi mading, penataan penempelan, dan masih banyak lagi. Tau sendiri kan, mengapa kita pelu banget mempertimbangkan itu.
Yap! Karna Mading itu bukan hanya satu orang atau dua orang aja yang liat. Tapi satu sekolah. Gak kebayang kan gimana kalau misal hasil karya kalian dipasang di sekolah kalian? Hihi bakalan jadi ngehitzzz deh. Oke, berikut ini beberapa kegiatan dalam proses pembuatan isi mading. Cekidotttt!

 

IMG-20151020-WA0008

IMG_20151022_102722

IMG_20151022_102738

Batik “Retno Kumolo”, khas MADIUN

brt264960004

Retno Kumolo yang motifnya terispirasi dari tokoh wanita zaman Kerajaan Mataram, Retno Dumilah, yaitu putri sekaligus ksatria yang berjuang mempertahankan wilayah Purbaya atau Kadipaten Madiun dari serangan Kerajaan Mataram pada zaman pemerintahan Kerajaan Pajang. Ciri khas batiknya ada pada gambar keris dan warna. Keris itu adalah senjatanya pahlawan Retno Dumilah yang kemudian dijadikan lambang kota Madiun. Sedangkan untuk warna cenderung mendekati biru benhur. Konon katanya, Madiun ini dekat hutan sehingga membawa kesejukan. Warna biru melambangkan kesejukan. Ciri khas yang sangat kental dan sarat pesan ini diyakini bisa menjadi daya tarik tersendiri.

 

Sumber gambar & artikel:

Fitinline.com

Beritajatim.com

 

Disunting seperlunya 😀

Mari mengenal sosok Wedha Abdul Rasyid :D

Mungkin kalian udah sering denger ya tentang WPAP..! Tapi, siapa sih penciptanya? Yups, kalau kalian nebaknya beliau yang ada di foto itu… Jawabannya Tepat Sekali. Beliau orang Indonesia asli loh.. Jangan salah. Dan kalian tau sendiri kan bawa karya WPAP itu sudah blooming. Waw!! Simak lebih dalam tentang beliau, yukk!!

wedha-potrait1

Beliau adalah Wedha Abdul Rasyid, sang penemu WPAP (Wedha’s Pop Up Potrait). Lahir tanggal 10 Maret 1951. Beliau juga mendapat julukan sebagai Bapak Illustrator Indonesia. Profesi sebagai illustrator sudah dijalani beliau di media cetak sejak tahun 1970-an. Ketika 1977, Beliau bergabung dengan majalah “Hai”. Di majalah itulah beliau mengerjakan potret para tokoh dunia dari segala latar belakang: tokoh politik, musisi, seniman, sampai tokoh-tokoh fiktif.
Ketika tahun 1990-an, memasuki usia 40 tahun, beliau mengalami penurunan daya penglihatan sehingga sulit menggambar wajah dalam bentuk yang realistis dan detail. Sejak masa sekolah beiau sangat menyukai imu ukur ruang yang beraitan dengan garis, titik dan bidang. Dari situ beliau mulai berfikir dan membayangkan wajah manusia yang merupakan kumpulan dari bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner.
Beliau memulainya dari teknik manual yang dilakukan secara rutin sampai akhirnya menggunakan teknologi komputer disaat computer sudah banyak dikenal orang. Untuk mengembangkan seni ini tentu tak semudah mengedipkan mata. Beliau mendapat banyak hambatan, tantangan, namun ada juga dukungan. Beliau tetap optimis. Sehingga WPAP akhirnya menjadi popular serta terus mengorbit di blantika dunia seni.

Itulah tentang Wedha Abdul Rasyid. Meskipun singkat, semoga banyak memberikan manfaat 😀 . Ingat! Hidup itu harus optimis. Tentu optimis dalam hal kebaikan yaaa!!! Have a nice day 😉

POP-UP

Hai para pecinta seni 
SALAM IMAJINASI !!!
Sudah terfikir kegiatan di pertemuan pertama Ekstra Visual Art? Ngegambar lagi?
Jangan salah… Visual Art nggak hanya ngegambar doang kok.
Di pertemuan pertama ini, Visual Art akan mengajarkan tentang “POP UP”
Oke, disini kita akan ngebahas sedikit ya tentang apa sih POP UP itu…
Pop-up adalah sebuah kartu atau buku yang ketika dibuka bisa menampilkan bentuk 3 dimensi atau timbul. Pop up sudah marak sekali digunakan sebagai ucapan selamat ulang tahun bagi anak muda, jadi buat apa beli kalau bisa membuat sendiri? 😀
Selain itu, bahan yang digunakan juga terhitung murah dan tidak cukup sulit untuk membuatnya, hanya membutuhkan keuletan dan ketelitian.
Di Ekstra Visual Art SMAN 1 GEGER ini kita mengajarkan kepada adik-adik kelas 10, yang tujuannya agar adik-adik ini mampu berkreatifitas dan memberikan pengetahuan yang nantinya kelak akan berguna. Semoga saja ilmu ini dapat ditularkan kepada teman-teman yang lain, agar tiap individunya mempunyai jiwa seni. Nah… berikut ini, beberapa foto kegiatan Ekstra Visual Art saat membuat Pop Up.

IMG-20151020-WA0012

IMG-20151020-WA0013

IMG-20151020-WA0021

Itu hanya sekilas dan 1 kegiatan awal Ekstra Visual Art. Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang harus kami ajarkan kepada adik-adik. Cukup sekian. SALAM IMAJINASI !!!