Semua artikel oleh admin

PENGIRIMAN DUTA SENI PELAJAR PERWAKILAN KAB.MADIUN | MALANG | 2018

IMG-20190215-WA0019

Salam Budaya!!!
Hello felass…
Kita kembali lagi nihh, kali ini kita mau bahas tentang salah satu acara yang kita ikuti tahun lalu. Jadi, tepatnya 24 November 2018 kami dari Sanggar Seni Bissing ikut berpartisipasi dalam event Pengiriman Duta Seni Pelajar Perwakilan Kabupaten Madiun. Saat itu kami kembali menampilkan sajian dengan judul “INGSUN” untuk ketiga kalinya. Kami diberi amanah oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun untuk mewakili kabupaten Madiun dalam event tersebut.

Terima kasih. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!
4 2 25 Satu kata, Satu hati, Satu tujuan! Mbadot Sampek Modar!
Salam Budaya!

PPST: Ajang Perlombaan Seni Bergengsi Jawa Timur

 

IMG-20190215-WA0017

Salam Budaya!
Pembaca yang budiman, apa sih PPST itu? PPST merupakan singkatan dari Paguyuban Peminat Seni Tradisi. PPST adalah sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi Jawa Timur. Event tersebut meliputi pendidikan dan pengembangan seni tradisi. Tujuan dari PPST ini adalah untuk menentukan paguyuban mana yang akan mewakili Jawa Timur dalam Duta Seni Pelajar Nusantara. Singkatnya PPST adalah perlombaan seni tradisi tahunan di Jawa Timur.
Pada Tahun 2018, Sanggar Seni Bissing menampilkan sajian dengan judul karya “Ingsun”. Sebenarnya, Ingsun telah dipentaskan di malam tasyakuran 17 Agustusan di Pendopo Ronggo Jumeno Kabupaten Madiun. Ingsun sendiri menceritakan tentang perjuangan pahlawan terlupakan asal Madiun. Ronggo Prawirodirjo III namanya, pahlawan yang dianggap pemberontak asal Madiun. Kisahnya dimulai ketika Beliau harus menjadi menantu Sri Sultan Hamengku Buwono ke II. Sejak pendudukan bangsa Kolonial di Indonesia, rakyat Nusantara semakin sengsara. Sebagai seorang Bupati, sekaligus penasihat pribadi sultan, Raden Ronggo tidak tinggal diam. Ia melancarkan serangan-serangan kepada pihak colonial. Di tengah-tengah gerilyanya, ada perasaan rindu terhadap sosok istri yang telah lama menghadap Ilahi. Namun, perasaan itulah yang coba dijadikan sebagai pembakar semangat yang terus berkobar.
Kembali ke PPST guys. PPST menjadi agenda penting pagi paguyuban-paguyuban di Jawa Timur. Bukan sekedar menjadi yang terbaik di dalam perlombaan tersebut, tetapi bagaimana menyampaikan nilai-nilai luhur di tengah bentuk masyarakat yang modern seperti sekarang. Maka tidak heran bahwa PPST sering diikuti oleh paguyuban dari sekolah-sekolah ternama di Jawa Timur, salah satunya Sanggar Seni Bissing SMAN 1 Geger kita! Wow!
Persiapan untuk menghadapi PPST tidaklah mudah. Perjalanan panjang selalu menemani tiap-tiap peserta. Kita harus mempersiapan fisik dan mental sebelum mulai latihan. Setiap pulang sekolah, selama 2 bulan, kita selau berlatih dengan giat. Tak jarang karena waktunya mepet kita harus latihan hingga larut malam. Bahkan pernah beberapa kesempatan, kita diharuskan untuk tidur di sekolah. Sungguh pengalaman yang sangat berharga bagi kami.
Perjalanan tidak sampai disini, setelah semua persiapan dirasa cukup, kami menyatukan tekad untuk melangkah bersama dalam perlombaan PPST. Apapun hasilnya, bagaimanapun penampilannya, kami tetap bersyukur atas nikmat Tuhan tersebut. Ada perasaan sedikit was-was mengingat peserta lain yang jauh lebih unggul dibanding kami. Tetapi, inilah kami, kekuatan bersatu kami lah yang memberikan semangat.
Setelah penampilan usai, kini saatnya untuk mendengarkan pengumuman. Maklum, kami baru pertama kali mengikuti event PPST ini, sebelumnya kita hanya mendengarkan cerita dari kakak-kakak kami saja. Tibalah waktu pengumuman. Pemenang kategori emas jatuh kepada Sanggar Seni Bissing! Haru, deru melebur jadi satu disana. Kami dengan segala keterbatasan tidak menyangkan akan seberhasil ini. Untuk kalian teruslah bersemangat dalam mengejar cita-cita kalian. Jangan lupa, bahwa hasil tidak pernah menghianati usaha.
Terima kasih. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!
4 2 25 Satu kata, Satu hati, Satu tujuan! Mbadot Sampek Modar!
Salam Budaya!

DIKLAT ANGGOTA ANGKATAN 23 SANGGAR SENI BISSING 2018

IMG-20190215-WA0018

Salam Budaya!!!
Hello everyone…
Ini nih salah satu kegiatan turun-temurun dari ekstra Bissing. Pasti kalian yang lihat saling tebak deh kegiatan apa ya ini. Ini adalah kegiatan “Martabak Bissing” (Masa Orientasi Anggota Baru Keluarga Bissing). Aduh ……. dari namanya aja udah menarik juga ni. Yapsss betul sekali,dalam acara martabak bissing ini kegiatannya banyak dan tentunya seru-seru. Mau jadi anggotanya aja kok ada MOS nya segala ya. Eitsss kalian jangan negative thinking dulu dong,kegiatan martabak bissing ini tentunya juga ada tujuannya loh buat calon anggota baru keluarga bissing tentunya. Dengan diadakannya martabak bissing ,diharapkan setiap anggota untuk dapat lebih berani dan aktif dalam berkesenian, jadi para anggotanya harus berani dan aktif don. Selain itu,kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa kerja sma antar anggota dan membentuk kepribadian yang baik setiap anggota baru. Banyak banget kan tujuan dari kegiatan martabak bissing ini,tentunya semua tujuan tersebut sangat beruna bagi setiap anggota untuk nantinya bergabung di keluarga bissing dan mengikuti banyak event besar. Duh curhatnya kok banyak gini ya wkwkwkwk, udah dulu deh tetap pantengin blognya bissing ya guyssss.

Terima kasih. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!
4 2 25 Satu kata, Satu hati, Satu tujuan! Mbadot Sampek Modar!
Salam Budaya!

TASYAKURAN HUT KE 73 INDONESIA

IMG-20190215-WA0015

Salam Budaya!!!
Hallo guysss…
Jadi ini adalah salah satu serangkaian acara dalam “Tasyakuran HUT RI KE 73” di Pendopo Ronggo Djumeno Kabupaten Madiun. Pada saat itu kami mendapat kesempatan untuk mengisi acara malam tasyakuran HUT RI yang ke 73 bersama para paskibraka kabupaten madiun 2018 yang juga menghadiri acara tersebut. Pada saat itu bertepatan dengan HUT RI yang ke 73, tepatnya pada hari Jum’at malam kami menampilkan sebuah karya yang berjudul “INGSUN” lalu selang beberapa bulan karya tersebut dipentaskan kembali sebagai ajang lomba kesenian di tingkat Provinsi Jawa Timur. Dengan meriahnya semerbak acara di Pendopo Ronggo Djumeno hari itu, kami mendengungkan kembali semangat juang para pahlawan yang telah gugur dalam kemelut sejarah. Sebagai bukti menjadi pemuda aktif,kreatif dan inovatif seakan terdapat tekanan tersendiri saat berproses, yang mengajarkan arti kekeluargaan, rasa welas asih diantara sesama, dan saling menghormati baik yang lebih tua maupun antar sesama.

Terima kasih. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!
4 2 25 Satu kata, Satu hati, Satu tujuan! Mbadot Sampek Modar!
Salam Budaya!

PAKET ACARA KHUSUS |TMII| DONGKREK

IMG-20190215-WA0016

Pesona Budaya Jawa Timur!
Salam Budaya!!!
Pada tanggal 5 Mei 2018 tahun lalu tepatnya, Sanggar Seni Bissing berkolaborasi dengan Duta Kesenian Kabupaten Madiun. Sanggar seni Bissing dan Duta Kesenian Kabupaten Madiun menampilkan Pagelaran Seni di TMII dalam rangka Paket Acara Khusus Program unggulan daerah. Pagelaran tersebut tepatnya berada di anjungan Jawa Timur. Dalam acara ini kami dari Sanggar Seni Bissing ikut berpartisipasi dengan menampilkan salah satu kesenian yang berasal dari Madiun yaitu Dongkrek. Krekk krekk…krekk krekk krekkkk,suara korek (salah satu nama alat musik) yang ikut menggema ketika para penari mulai memulai tarian hingga berakhirnya tarian Dongkrek tersebut. Jadi disana kami diberi amanah sebagai penerima tamu atau bisa disebut juga penyambut kedatangan tamu-tamu yang datang dimana para duta dari Negara sahabat pun ikut hadir dalam acara ini.
FYI guys, sebenarnya Sanggar Seni Bissing baru saja melaksanakan pentas tunggal “Mak Comblang” di Gedung Korpri Madiun.
Terima kasih. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!
4 2 25 Satu kata, Satu hati, Satu tujuan! Mbadot Sampek Modar!
Salam Budaya

PENTAS TUNGGAL ‘MAK COMBLANG’

Jumpa lagi nih sama Pentas Tunggal Sanggar Seni Bissing. Pentas Tunggal Produksi ke-54 Sanggar Seni Bissing kali ini mengusung tema Drama Realis Simbolik dengan judul ‘Mak Comblang’. Pentas Tunggal kali ini bertempat di Gedung Serba Guna Korpri Utara Aloon-Aloon Kota Madiun, pada 17 Maret 2018. yang terbagi pada 2 sesi pertunjukan, yaitu 15.30 WIB untuk sesi pertama dan juga 19.30 WIB untuk sesi kedua.

SINOPSIS

Praktek Comblang merupakan hal yang amat lumrah dimana saja di dunia ini, bahkan pada abad modern sekarang ini. Gogol menyindir dengan keras praktek Comblang semacam itu, juga orang-orang yang mabuk kekayaan, feodalisme dan mabuk kekuasaan.

“Mak Comblang” menggambarkan segala macam tingkah manusia, orang-orang yang ambisius, angkuh, sok priyayi, kenes dan membanggakan diri secra berlebihan, serta orang yang kehilangan akal sehatnya karena haus kekayaan. Mereka menganggap perkawinan hanyalah transaksi dagang yang selalu harus memperhitungkan untung dan rugi secara materi.

PPST 2017 ‘MANTRA TOGOG’

PPST 2017 kali ini dilaksanakan pada tanggal 2 September 2017 bertempat di Gedung Kesenian Cak Durasim Surabaya, yang bertujuan untuk membina dan memberdayakan potensi seni tradisi di daerah, menumbuh kembangkan minat dan kemampuan siswa dalam hal seni pertunjukan yang berbobot, memberikan motivasi untuk melestarikan dan mengembangkan serta meningkatkan mutu seni tradisi di daerah, meningkatkan kreativitas, inovasi sekaligus memberikan wadah untuk berolah seni bagi kelompok / komunitas seni di daerah , aplikasi nyata dari proses kegiatan berkesenian PPST Sanggar Seni Bissing SMA Negeri 1 Geger.

Alhamdulillah.. Dalam proses 3 bulan dan atas kerja keras serta kekompakan seluruh anggota, ‘Mantra Togog’ dari Sanggar Seni Bissing memperoleh kejuaraan Penyaji Teater/Sastra Unggulan Se-Jawa Timur.

SINOPSIS

Ketika para satria sibuk membanggakan diri dengan kejayaannya. Para Dewa di Jonggring Saloka masih sibuk merias kuku-kuku tangannya, agar terlihat manis ketika memberikan sabda. Togog dengan setia menunaikan tugasnya sebagai pamomong satria bromocorah di negeri sabrang. Dan ketika keadaan semakin gawat, siapa yang sanggup mengembalikan keadaan seperti semula? Togog diminta merapal mantranya. Siapkah manusia menanggung akibatnya?

Penasaran? yuk lihat videonya di https://www.youtube.com/watch?v=wHqBFQyvxzI