DONG GEGER KREK

LOMBA SENI PERTUNJUKAN DONGKREK

SEPASAR DI MADIUN

PPST SANGGAR SENI BISSING SMA NEGERI 1 GEGER

KABUPATEN MADIUN

 

A. IDE GARAP

Dongkrek sebagai seni pertunjukan memiliki keluasan dalam hal intrepretasi dan representasi.Dalam hal intrepretasi (pemaknaan), dongkrek mengajarkan kebajikan yang mampu mengalahkan kebatilan.Hal ini merupakan tafsir dari cerita rakyat yang melatar belakangi dongkrek, yakni terjadinya pageblug di wilayah Mejayan.Sementara itu dalam hal representasi (tampilan audio-visual), kesenian ini memiliki plot alur yang sederhana seperti lazimnya seni pertunjukan rakyat lainnya.Kesederhanaan inilah yang membuka ruang kreativitas bagi penggarapnya.

Tema sajian ini adalah kegagalan manusia dalam mengalahkan hawa nafsunya sendiri. Karena kegagalan itulah, manusia menjadi kehilangan nilai-nilai kemanusiaannya, dan hanya dengan mengembalikan kesadaran akan daya anasir air, api, bumi dan angin yang ada dalam diri manusia, segala nafsu dapat dikendalikan.

 

 B. SINOPSIS

Kebanggaan berlebih dan keinginan untuk menguasai dunia materi membuat manusia terjerat oleh nafsunya. Terseret arus, hingga hilang kesadaran akan fitahnya sebagai manusia yang agung.

“Manungsa wis dha malik kiblate.Njur pada budhegi, miceki lan sapanunggalane.”

Siapa yang sanggup mengalahkan nafsunya?Dialah yang menang.IMG_5355IMG_5408IMG_5352

IMG_5378IMG_5375IMG_5363IMG_5362IMG_5346IMG_5345

PPST TAHUN 2016

TITAH PURABAYA

NASKAH -SUTRADARA ONY S

 

_MG_0912IDE CERITA

Penyerangan Mataram atas Purabaya yang dipimpin langsung oleh Panembahan Senopati tersebut, menjadi ide cerita dari karya ” Titah Purabaya” ini. Menitik beratkan pada sosok kepemimpinan Bupati Madiun kedua, yakni, Raden Ayu Retno Dumilah sebagai seorang Bupati/Adipati sekaligus Senopati Wanita. Memimpin para srikandi Purabaya muntuk mengadakan perlawanan terakhir di jantung kutha praja Purabaya.

Dari sini kita dapat memetik nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, emansipasi yang diusung Raden Ayu Retno Dumilah dalam mengemban tugas sebagai sosok pemimpin.

Di sisi lain, “Titah Purabaya” juga berusaha menghadirkan adanya intrik, siasat dan dahsyatnya keberartian seorang wanita. Melalui tokoh Nyai Adisara sebagai duta Mataram untuk melemahkan Purabaya, dan tentunya Raden Ayu Retno Dumilah, sebagai tokoh utama dalam naskah ini.

 

 SINOPSIS

Kegagalan mataram untuk menaklukkan purabaya pada tahun 1586 – 1587. Akhirnya memaksa mataram pada tahun 1590 kembali memasuki purabaya dengan pura-pura menyatakan takluk.

Ketika purabaya dalam keadaan lengah, saat itulah pasukan mataram mengepung dan menyerbu purabaya. Para srikandi purabaya yang dipimpin raden ayu retno dumilah mengobarkan perlawanan terakhirnya.

Di jantung kutha praja purabaya, perang tanding antara panembahan senopati dan retno dumilah menjadi mula dan sekaligus akhir dari sebuah catatan sejarah.

 

Untuk lihat videonya, silahkan subcribe di https://www.youtube.com/watch?v=IjbwQ6ANGDw

SAYANG ADA ORANG LAIN

Tanggal 13 Agustus 2015, Sanggar Seni Bissing mengikuti sebuah event di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta). Event ini adalah FTRN. Udah tau kepanjangan FTRN? Yap, Festival Teater Remaja Nusantara. Sesuai judulnya, event ini merupakan event lomba teater oleh para remaja (siswa siswi SMA sederajat) seluruh Indonesia. Bisa dibilang ini event tingkat nasional. Event ini diadakan tiap 2 tahun sekali. Tahun 2015 ini pertama kalinya Bissing mengikuti event ini. Ya jadi belum tau banyak lah soal event ini.

Lanjutkan membaca SAYANG ADA ORANG LAIN

PELANTIKAN ANGGOTA BARU 2014-2015

Tanggal 8-9 November 2014, SANGGAR SENI BISSING melaksanakan diklat anggota baru tahun 2014/2015. Diklat dilaksanakan untuk mendidik para calon anggota baru agar sesuai dengan yang di harapkan SANGGAR SENI BISSING. Setelah melewati diklat baru para calon akan menjadi anggota sah SANGGAR SENI BISSING.

Dihari Pertama para calon anggota melaksanakan chek in yang dilanjutkan upacara pembukaan, upacara ini unik dari upacara biasanya, panitia menggunakan bahasa jawa untuk upacara.
CIMG0106

Lanjutkan membaca PELANTIKAN ANGGOTA BARU 2014-2015