Rohis “MIFTAHUL JANNAH” Tahun 2019/2020

 

SUSUNAN PENGURUS EKSTRA ROHIS TAHUN 2019/2020

 

Ketua                         : Ahmad Rizqil Ula

Wakil Ketua           : Meliyatul Yahya

Sekretaris I             : Candra Muhammad Farhan

Sekretaris II           : Andira Yulianengtias

Bendahara I           : Yulia Dea Sabira

Bendahara II         : Rahma Annisa Dewi

Koordinator I       : Nazila Tasbikhatuz Zahro

Koordinator II     : Dwi Nur Zaini

Berkarya tanpa lelah , berjuang lillah tuk ciptakan kehidupan Islami

 

 

SBQ Penyejuk Hati

IMG-20191113-WA0005

” SBQ adalah sebuah seni lantunan ayat-ayat suci, yang disuarakan dari hati dengan nada Sika dan Bayyati. Sebagai penyejuk dari runyamnya dunia ini, mendekatkan diri kepada illahi ”

 

MAKESTA (MASA KESETIAAN ANGGOTA)

IMG_3999
MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) tahun ini dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2020. MAKESTA kali ini mengusung tema “ Cegah Penyadab ”. Apa yang dimaksud dengan penyadab? , jadi yang dimaksud penyadab adalah pemuda tak punya adab. Jadi sekarang ini karena perkembangan zaman, sudah banyak pemuda yang melupakan apa itu adab. Baik Adab terhadap guru, orang tua, dan adab dalam berbagai aspek kehidupan. Lalu bersama siapakah Mau’idoh Hasanah kita tahun ini? Yap….tahun ini kita bersama Ustadz Laits Atsir , Pasti dari kalian sudah banyak yang kenal dengan beliau ini.
Kegiatan MAKESTA kali ini adalah :
• Mau’idoh Hasanah
• Sharing Alumni
• Sharing Ekstra
• GAME

IMG_4047

IMG_4054
Oh..ya.. tahun ini disaat kami sedang melaksanakan GAME, tiba-tiba hujan deras datang. Jadi kami bermain sekalian dengan hujan-hujanan. Tetapi sayangnya permainan itu tidak bisa berlangsung lama. Karena takutnya kami semua masuk angin.
Lalu apa sih tujuan dari kegiatan ini? Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat / memperkuat rasa kekeluargaan antar anggota Rohis Miftahul Jannah. Sehingga semua anggota bisa saling bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai rintangan ataupun masalah yang akan mereka hadapi di masa jabatan mereka.

Ngaji Kitab Kuning

Ngaji kitab kuning memang sudah jadi tradisi di pondok pesantren. Tapi tau gak sih, di Ekstrakurikuler “Rohis Miftahul Jannah” SMA Negeri 1 Geger, ngaji kitab juga ada louh. Ngaji kitab di Ekstrakurikuler Rohis MJ ini merupakan program kerja baru Rohis MJ yang dibimbing oleh Bapak Yusda Herdian Syahrul F,M.Pd. dengan metode yang lebih modern tentunya.

Dengan mengikuti ngaji kitab ini kita akan mendapatkan banyak manfaat louh. Ketika kyai membacakan kalimat perkalimat tentunya kita mendengarkan dan mendapatkan maharoh istima’ ( kemampuan untuk memahami kata atau kalimat) yang ada di dalamnya.
Kemudian sambil kita memberi ma’na, kita akan mendapat keterampilan menulis (maharoh kitabah) dan membaca (maharoh qiro’ah) dari proses “nyemak” bacaan kyai. Kemudian dalam model sorogan (satu persatu santri membaca di hadapan ustadz/kyai), tentu saja kita akan mendapat keterampilan berbicara (maharoh kalam), keterampilan membaca (maharoh qiro’ah) dan juga keterampilan memahami (maharoh istima’) dari proses tersebut.
Gimana banyak bukan manfaatnya?

Dengan perpaduan modern klasik, ngaji kitab yang dilaksanakan di Ekstrakurikuler Rohis ini diharapkan akan meningkat kemampuan dan pengetahuan dari anggota Rohis tentunya.

 

BAKSOS

IMG-20200822-WA0040

Pernah nggak sih kalian mendengar kata “Baksos”? Yaps betul Baksos atau Bakti Sosial merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Tapi tau gak sih kalian, untuk Baksos Ekstrakurikuler Rohis Miftahul Jannah ini beda louh dengan Baksos pada umumnya. Di dalam Baksos Ekstrakurikuler Rohis MJ ini dipusatkan untuk membantu Masjid/Mushola di sekitar SMAN 1 Geger.

IMG-20200822-WA0041 IMG-20200822-WA0042

Yaps, untuk Baksos Rohis MJ ini anggota Rohis MJ akan membantu membersihkan Masjid/Mushola di sekitar SMA Negeri 1 Geger. Nggak sampai disitu saja, untuk Baksos ini anggota Rohis MJ juga memberikan peralatan yang dibutuhkan di Masjid/Mushola tersebut. Selain itu dengan Baksos ini kita juga bisa merenungi dan menghayati beragam tanda kebesaran Allah SWT yang ada di sekitar Masjid/Mushola tersebut. Gimana religius banget kan??