SENI BACA QUR’AN ( SBQ )

IMG-20161021-WA0016

Seni baca Al Qur’an ialah bacaan Al Qur’an yang bertajwid diperindah oleh irama dan lagu. Seni baca Al Qur’an di SMA N 1 GEGER  dibimbing/dilatih oleh Bu Hanif.
Al Qur’an tidak lepas dari lagu. Di dalam melagukan Al Qur’an atau taghonni dalam membaca Al Qur’an akan lebih indah bila diwarnai dengan macam-macam lagu. Untuk melagukan Al Qur’an , para ahli qirro di Indonesia membagi lagu atas 7 ( tujuh ) macam bagian sepeti tersebut diatas:

Adapun 7 ( tujuh ) macam lagu di atas masih dibagi dalam beberapa cabang. Macam – macam lagu dan cabangnya antara lain :
1. Bayati
a. Qoror
b. Nawa
c. Jawab
d. Jawabul jawab
e. Nuzul ( turun )
f. shu’ud ( naik )

Simaan Al-Qur’an

SIMAAN AL-QUR’ANIMG-20161015-WA0004

Semaan Al-Quran Di Pendopo Kabupaten Madiun diikuti oleh ribuan jamah dari mana, contohnya yaitu jamaah Dzikir dan shalawat SMA N 1 GEGER, mengikuti semaan Al-Quran yang semata – mata mencari Ridho Allah SWT..
Semaan Al-Quran  adalah suatu kegiatan da’wah bil hal dan ibadah “murni”, yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan-kepentingan duniawi. Para Ulama’ sering menegaskan bahwa ibarat kapal, majlis semaan Al-Quran ini adalah kapal yang mengibarkan bendera hitam, Lambang kematian atau akhirat. Jadi tujuannya sudah jelas dan pasti, siapapun yang terlibat dan melibatkan diri didalamnya harus menyesuaikan diri dengan tujuan tersebut. Secara lahiriyah, isi kegiatannya berupa rangkaian ibadah ‘amaliyah kolektif yang intinya:
Pertama: menegakkan pelaksanaan sholat fardlu lima waktu secara berjamaah dan tepat waktu.
Kedua: di sela-sela pelaksanaan sholat lima waktu, sambil menanti pelaksanaan sholat yang berikut, seluruh yang hadir menyibukkan diri dengan Al-Quran. Baik dengan membaca, menyimak, atau berkontribusi yang lain sesuai dengan kemampuan dan kesempatan masing-masing dengan tetap fokus untuk tabarruk pada Al-Quran.
Ketiga: Berdoa – bermunajat bersama, memohon kepada Allah bagi sebanyak-banyak orang, yang sudah wafat, yang masih hidup, dan bahkan yang belum dilahirkan, yaitu semua anak cucu (dzurriyah), dan juga mendoakan saudara-saudara sebangsa (Indonesia) dan seluruh umat nabi Muhammad SAW.

Wisuda Tahfidz Juz 30

Wisuda Tahfidz Jus 30 SMA N 1 GEGERIMG-20161007-WA0019Setelah munaqosah jus 30 tepatnya pada tanggal 17 september 2016. hari ini pada tanggal 6 oktober 2016 dilaksanakan ” Wisuda Tahfidz Juz 30 ” bersamaan dengan ” Peringatan Tahun Baru Islam ”  Wisuda yang telah dilakukan secara langsung oleh bapak Bupati Kabupaten Madiun yaitu bapak Muhtarom S.Sos. Tujuan acara tersebut yaitu ” Tumbuhkan generasi pecinta Al-Qur’an “. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 pagi yang bertempat di pendopo Kabupaten Madiun.

Acara tersebut diikuti oleh 1109 peserta yang terdiri dari SD/SMP/SMA/SMK, ada kurang lebih 500 peserta dari Sd, kurang lebih 400 peserta dari smp dan kurang lebih 120 peserta dari Sma dan Smk. Bapak menunjuk berkata dalam sambutanya bahwa banyak anak Sma/Smk yang tidak mengikuti acara tersebut. Karena alasanya  sibuk dengan tugas – tugas sekolah, Namun beliau tidak yakin bahwa kegiatan belajar Sma/Smk itu terlalu sibuk.

Harapan dari Bapak Muhtarom dengan diadakanya tahfidz juz 30 ini dapat menjaga sikap dan perilaku anak terutama anak Sma dan Smk yang masih labil. selain itu beliau berharap peserta juz 30 dapat menjaga hafalanya dan mengamalkanya, Dan beliau telah memarkan salah satu perda yang mengatur tentang ” Wajib bagi seluruh siswa yang beragama islam dapat membaca dan menulis Al-Qur’an yang dilaksanan disekolah melalui Ekstrakurrikuler ”.

 

Arti Lambang ROHIS Miftahul Jannah

rohis

ROHIS: Rohani Islam

Miftahul Jannah: Kunci Surga

Arti Lambang ROHIS Miftahul Jannah:

  1. Masjid: tempat ibadah umat Islam
  2. Dua bintang pada menara: melambangkan syahadat
  3. Lima bintang pada kubah Masjid: melambangkan rukun Islam
  4. Dua bintang dibawah gambar Masjid: melambangkan Qada dan Qadar
  5. Al-Quran: melambangkan pedoman umat Islam
  6. Pita: melambangkan tali silaturahim
  7. Jumlah seluruh bintang: melambangkan Wali Sanga

Warna:

  1. Hijau: Kesukaan Nabi Muhammad SAW
  2. Kuning: Kemakmuran
  3. Merah: Keberanian

Apa Sih ROHIS Itu ?

rohis
Rohis adalah Organisasi yang menghimpun remaja muslim yang aktif dalam kegiatan keagamaan untuk maksud & tujuan yang sama yaitu untuk memajukan agama islam.

rohis teroris

Organisasi yang mempunyai kepanjangan Rohani Islam ini beranggotakan generasi muda-mudi yang realigius. Untuk membangun generasi Remaja Islam yang kreatif serta agamis maka Organisasi Rohis ini sangat cocok untuk perkumpulan Remaja-remaja Islam yang ingin mengembangkan bakat mereka di bidang agama khususnya. Lalu apa keunggulan Organisasi Islam dengan Organisasi Umum lainnya :

Perbandingan organisasi Islam dengan organisasi umum

No Organisasi Islam Organisasi Umum
1 Ibarat satu tubuh Ibarat satu mobil
2 Berkumpul karena ibadah Berkumpul karena bekerja
3 Orientasi menyeluruh Orientasi parsial
4 Tuntutan syar’i Tuntutan personal / kebutuhan
5 Kerjasama untuk Islam Sama-sama Kerja
6 Pekerjaan bernilai ibadah Bernilai jasa kpd manusia

rohis

Pemuda/Remaja islam hari ini adalah gambaran masa depan islam. Apabila baik pemudanya maka akan baik pula islam di dalamnya. Dr. Syakir Ali Salim berpendapat, pemuda islam merupakan tumpuan umat. oleh karena itu existensinya sangat diperlukan di masyarakat. “Maka apakah kamu mengira, bahwa kami menciptakan kamu main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami” QS. al-Mu’minuun:115

Oleh karena hal tersebut kita sebagai Remaja Islam harus bisa ikut berperan dalam memajukan agama Islam, dengan berdakwah di sekolah melalui Organisasi Rohis ini kita sebagai generasi Islam selanjutnya harus bisa menciptakan generasi muda-mudi Islam yang tau benar tentang agama, mengenal siapa Tuhan mereka, mewujudkan masyarakat islami, mengenal Nabi & Rosul kita serta melaksanakan Sunah-sunah beliau. Itulah salah satu tujuan dibentuknya Organisasi Rohis di sekolah.

Beberapa ulama menggolongkan peranan pemuda Islam seperti di bawah ini :

  1. Pemuda sebagai Generasi Penerus Dakwah Islam yang akan datang
  2. Pemuda sebagai Generasi Pengganti nenek moyang kita yang sudah mendahului kita untuk menjadi generasi yang lebih baik dari yang dahulu
  3. Pemuda Sebagai Generasi Pembaharu (Reformer) Ingatlah ketika ia (Ibrahim-pen) berkata kepada bapaknya : “wahai bapakku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolong sedikitpun” (QS. Maryam : 42) Perbedaan jarak dan waktu bukan alasan bagi kita untuk menjadi generasi yang lemah.

Beberapa karakter yang seharusnya dimiliki seorang pemuda muslim untuk mengawal estafeta dakwah sebagai berikut:

  1. Keimanan yang kuat dan ketegaran dalam menghadapi segala rintangan dakwah.
  2. Seorang pemuda harus mempunyai keberanian untuk menegakkan yang Hak agar yang batil itu musnah. Seperti kisah ashabul kahfi
  3. Ukhuwwah (persaudaraan) serta persatuan yang kokoh. Jika para pemuda bersatu maka Allah akan memberikan mereka kekuatan dan kemenangan. Sudah seharusnya pemuda muslim menjadi pioneer persatuan bukannya pemecah belah umat.
  4. Kemampuan memimpin umat

ROHIS “Miftahul Jannah”

Rohani Islam (Disingkat Rohis) adalah sebuah organisasi memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Rohis sering disebut juga Dewan Keluarga Masjid (DKM). Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fungsi Rohis adalah forum, pengajaran, dakwah, dan berbagi pengetahuan Islam. Susunan dalam Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Ekskul ini memiliki juga program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah.

ROHIS SMAN 1 Geger