Semua tulisan dari PRAMUKA BRAWIJAYA

PASSUS PASKHAS TAHUN 2017/2018

 

 

PASSUS-PASKHAS
Passus – Paskhas di Pramuka SMAN 1 Geger merupakan progaram kerja tahunan Pramuka Brawijaya. Passus – Paskhas merupakan kegiatan untuk mengasah kemampuan Calom Dewan Ambalan tahun 2018/2019. Dalam Passus Paskhas kali ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2018. Pada hari sabtu diajarkan materi ruang tentang tanda-tanda alam. Pada hari minggu nya Calon Dewan Ambalan diarahkan untuk mengikuti kegiatan Navigasi guna melatih serta mengasah kemampuan mandiri Calon Dewan Ambalan dan melatih ketahanan fisik, dan belajar hidup di berbagai tempat dan kondisi.

GEGER SCOUT CHALLENGE & HUT BRAWIJAYA TAHUN 2017/2018

Geger Scout Challenge

GSC (Geger Scout Challege) adalah kegiatan yang diselenggarakan dengan maksud untuk memupuk semagat dan kerjasama diantara para peserta. Kegiatan GSC ini diselenggarakan pada  tanggal 20 Oktober dan 27 Oktober 2017.

Pada tanggal 20 oktober 2017 yaitu minggu pertama, diselenggarakan lomba pionering dan foto instagram terunik. Sedangkan pada minggu kedua diselenggarakan lomba-lomba outbond seperti tarik tambang, ….. .

Kegiatan ini ditunjukkan untuk semua anggota pramuka penegak SMAN 1 Geger, dan diselenggarakan oleh Dewan Ambalan angkatan 20. Kegiatan ini bertempat di lapangan belakang SMAN 1 Geger dari pukul 14.00-15.30 WIB.

Pemenang dari kegiatan ini mendapatkan hadiah yang menarik dan bermanfaat.

HUT Brawijaya

Acara ini diselenggarakan atas dasar memperingati hari jadi brawijaya ke 20. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 28 Oktober 2017 pada pukul 15.00-17.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh pradana angkatan 19 dan 20 serta ketua pelaksana.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh perwakilan Dewan Ambalan angkatan 19 dan 20 beserta pembina pramuka SMAN 1 Geger.  Peserta kegiatan ini yaitu seluruh Dewan Ambalan angkatan 20 dan alumni Dewan Ambalan 19 beserta pembina.

Kegiatan ini tepat setelah acara GSC diselenggarakan. Geger Scout Challenge

GSC (Geger Scout Challege) adalah kegiatan yang diselenggarakan dengan maksud untuk memupuk semagat dan kerjasama diantara para peserta. Kegiatan GSC ini diselenggarakan pada  tanggal 20 Oktober dan 27 Oktober 2017.

Pada tanggal 20 oktober 2017 yaitu minggu pertama, diselenggarakan lomba pionering dan foto instagram terunik. Sedangkan pada minggu kedua diselenggarakan lomba-lomba outbond seperti tarik tambang, ….. .

Kegiatan ini ditunjukkan untuk semua anggota pramuka penegak SMAN 1 Geger, dan diselenggarakan oleh Dewan Ambalan angkatan 20. Kegiatan ini bertempat di lapangan belakang SMAN 1 Geger dari pukul 14.00-15.30 WIB.

Pemenang dari kegiatan ini mendapatkan hadiah yang menarik dan bermanfaat.

HUT Brawijaya

Acara ini diselenggarakan atas dasar memperingati hari jadi brawijaya ke 20. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 28 Oktober 2017 pada pukul 15.00-17.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh pradana angkatan 19 dan 20 serta ketua pelaksana.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh perwakilan Dewan Ambalan angkatan 19 dan 20 beserta pembina pramuka SMAN 1 Geger.  Peserta kegiatan ini yaitu seluruh Dewan Ambalan angkatan 20 dan alumni Dewan Ambalan 19 beserta pembina.

Kegiatan ini tepat setelah acara GSC diselenggarakan.

Pramuka Rutin

Pramuka SMAN 1 Geger melaksanakan latihan rutin setiap hari jum’at. Banyak kegiatan yang dilakukan contohnya seperti foto-foto di atas. Adik-adik pramuka diajari berbagai macam materi sebagai berikut :

Materi ruang, seperti :

Sejarah kepramukaan

Survival

Sandi, dll

Materi lapangan, seperti :

PBB

Yel-yel

Surival

Tujuan dari kegiatan Pramuka Rutin ini adalah untuk melatih kedisiplinan, kekompakan, dan keterampilan. Kegiatan pramuka rutin dilaksanakan pada hari jumat. Seluruh kelas X dilatih mengenai ilmu kepramukaan yang tersebut diatas. Kelas X dilatih kemandirian contohnya dengan melaksanakan apel sebelum materi, jadi kelas X dapat belajar disiplin dengan tetap melaksanakan apel dengan waktu yang singkat tersebut.

PASSUS PASKHAS & HUT BRAWIJAYA TAHUN 2016/2017

Passus – Paskhas XIX tahun 2016

Sesuai dengan program kerja Dewan Ambalan tahun 2016/2017 yaitu Passus – paskhas yang dilaksanakan pada 12 – 13 November 2016. Passus – paskhas merupakan kegiatan awal bagi para Calon Dewan Ambalan XX. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari berturut – turut, dengan tujuan untuk menempuh dan mengukuhkan mereka secara resmi bahwa mereka telah tergabung dalam Dewan Ambalan Brawijaya.

Kegiatan ini dilakukan rutin tiap tahunnya, ada kegiatan yang berbeda – beda ditiap pelaksanaanya. Passus – pakhas dilakukan sebagai awal dari perjuangan adik – adik yang akan memegang secara penuh kejayaan pramuka di SMA Negeri 1 Geger di tahun berikutnya. Mereka diajarkan berbagai pengalaman berpramuka seperti mengenal berbagai sandi, cara untuk bertahan hidup dalam segala keadaan, pengetahuan menegenai baris berbaris dan yang utama adalah meningkatkan kedisiplinan.

Selain pengalaman tentang pramuka, mereka juga menampilkan berbagai kreasi pentas seni yang alat peraganya berasal dari bahan – bahan bekas. Dimana mereka dapat berkreasi dengan memanfaatkan barang – barang bekas tersebut. Berbagai kesan yang didapat oleh peserta passus – paskhas

RAIMUNA CABANG KAB. MADIUN TAHUN 2016/2017

RAIMUNA CABANG MADIUN TAHUN 2016

Raimuna cabang adalah kegiatan perkemahan rutin untuk penegak dan pandega yang biasa diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) madiun. Pada tahun 2016, Raimuna Cabang (Raicab) madiun diselenggarakan di Bumi Perkemahan Jatiaren, Ds. Kresek Kec. Wungu Kab. Madiun. Raimuna Cabang diikuti oleh seluruh dewan penagak dan pandega diseluruh SMA kabupaten madiun. Dan pada kesempatan kali ini yang mengikuti Raimuna Cabang dari SMAN 1 Geger diwakili oleh 1 sangga putra, dan 1 sangga putri yang terdiri atas siswa kelas X dan XI yang tergabung dalam Brawijaya XIX dan XX.

Raimuna cabang tahun 2016 diselenggarakan pada tanggal 26-30 oktober 2016. Dan seperti kemah pada umumnya, kami semua mendirikan tenda untuk tidur dan berteduh dari panas dan hujan. Namun, pada saat acara tersebut terjadi hujan yang sangat deras sehingga membuat bumi perkemahan menjadi agak banjir dan yang pasti becek dan yang membuat kesal, tenda dari SMAN 1 Geger tergenang sehingga tidak bisa ditempati dan terpaksa mencari rumah penduduk untuk ditempati sebagai tempat tidur dan berteduh. Walaupun banyak hal yang bisa disebut hal menjengkelkan terjadi, namun kami semua perwakilan dari SMAN 1 Geger tetap merasa senang karena bisa mengenal banyak orang dan melakukan banyak hal

Pada raimuna cabang terdapat banyak kegiatan yang menyenangkan dan melatih kemadirian, kekompakan dan kerja keras. Kegiatan tersebut antara lain, penjelahan bersama kelompok yang sudah ditentukan, menanam pohon jati di hutan binaan, menanam padi disawah dan masih banyak lagi yang tentunya pasti mengasyikan. Apalagi pada malam terakhir raimuna, diadakan pentas seni dan gebyar kembang api yang menambah keseruan kegiatan tersebut

MUSYAWARAH PENEGAK TAHUN 2016/2017

Musyawarah Penegak (MUSTEGAK)

Mustegak atau yang merupakan kependekan dari Musyawarah Penegak merupakan suatu kegiatan yang dilakukan setiap satu tahun sekali dengan tujuan untuk memusyawarahkan serta mempertanggungjawabkan program kerja dari Dewan Ambalan Brawijaya. Dalam kegiatan musyawarah ini, terdapat beberapa Sidang. Dalam sidang – sidang tersebut membahas beberapa hal tentang ambalan, seperti Seragam PDL adat ambalan, sandi ambalan, dan sebagainya. Selain itu, dalam mustegak juga dilakukan pemilihan dewan ambalan baru.

Berdasarkan Musyawarah Penegak 2017/2018 telah terpilih, yaitu:

Sela Adrian Mukti Aryoko sebagai Pemangku Adat Putra

Alvian Rusiani sebagai Pemangku Adat Putri

Sakty Galang Nusantara sebagai Pradana Putra

Lina Huzaimatul Anfaryah sebagai Pradana Putri

Sulthan Ali Yusuf sebagai Kerani Putra

Arum Putri Maharani sebagai Kerani Putri

Zulkham Elqudsi Neilil Muna sebagai Pekhas Putra

Nadia Ella Veradila sebagai Pekhas Putri

Nahnu Ansharulloh sebagai Koordinator Putra

Febry Anti Yona Briktaria sebagai Koordinator Putri

Apa sih BRAWIJAYA

Salam Pramuka!!!

Apa kabar guys? Brawijaya is back! Yeay…. Woohooo….

Setelah sekian lama kita nggak ketemu akhirnya kita dipertemukan lagi. Meskipun hanya lewat rangakaian cerita dan foto foto dari kita.

Oey kakak mimin, kita mau bahas apa kali ini?

Kayaknya kali ini kita nggak bahas materi deh. Kita sharing aja gimana? Mimin mau share pengalaman CDA Brawijaya XIX beberapa waktu lalu, waktu lagi promosi ekstra di PLS. Lansung aja ya. Apa sih promosi ekstra itu? Itu tuh kayak salah satu acara yang ada di rentetan acara PLS yang ada setiap tahunnya di SMAN 1 Geger tercintah. Promosi ekstra ini biasanya dijadwalkan dihari ke 2 PLS. Pasbacok ber-enambelas berusaha ekstra  buat promosi ini. Dengan waktu latihan yang bener-bener latihan itu cuma 1 hari. Karena berbagai kendala kita nggak bisa latihan dengan efektif.

Nah, waktu itu Pasbacok (itu panggilan sayang kita buat Brawijaya XIX,-Pasukan Baret Coklat-aseek) menampilkan step dance, semaphore dance, dan yel-yel kreasi yang dirangkai sedemikian rupa sehingga terlihat lumayan keren. Sebenernya, keren itu juga dari faktor internal ya, secara lah member Brawijaya emang udah keren dari sono-nya.  Yah meskipun nggak sempurna-sempurna banget sih promonya. Tapi cukup-lah buat penyulut semangat.  Sambil nunggu giliran kita persiapan, kita pakai face painting. Di make up-in ala ala tentara yang lagi nyamar, alias wajah kita diwarnain ijo-item. Nggak ada yang nggak ketawa diprosesi ini, semua ketawa liat wajah sendiri-sendiri. Gimana nggak ketawa coba, wajah kita udah nggak bisa diidentifikasi kayaknya. Dan ini salah satu kebiasaan kita, sebelum tampil kita berdoa bersama dan Put your hands in!

“Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana
Pramuka Penegak Gugus Depan 02025 – 02026
Pangkalan SMAN 1 Geger
Jaya!!!”

Itu kalimat penyemangat buat kita. Bukan cuma pasbacok aja, tapi buat semua member brawijaya dari dulu-dulu. Setelah sekian lama nunggu giliran, akhirnya giliran kita buat tampil dateng juga. Kita tampil terakhir. Kenapa? Karena umumnya yang paling keren itu munculnya belakangan. Aseekk. Kita lansung ambil posisi setelah panitia panggil kita. Dengan dipandu oleh kak Irma dan kak GilPer yang udah stand by didepan microfon, kita Pasbacok udah siap buat beraksi. Diwalai dengan yel kebanggaan kita yang tidak lain tidak bukan adalah Brawijaya Beraksi. Dengan durasi tampil 9 menit 43 detik, Pasbacok sukses mendapat sorak sorai penonton yang didominasi oleh peserta PLS.

Setelah 9 menit 43 detik bargulat dengan terik matahari yang agak mendung sih di lapangan Basket, akhirnya kita selesai juga. Seneng? Iyalah, secara kita berhasil lolos dari mimpi buruk yang menghantui kita pas lagi latihan -kita takut gagal- dan pemikiran kita salah. Banyak hal indah yang kita dapet disini, kebersamaan dan keyakinan yang semakin menguatkan kita. Yang berhasil membuat mimpi buruk itu menghilang dari angan-angan. Emang bener kata orang, “Kalau udah yakin, ya udah nggak bisa dirobohin.” Mungkin itu yang nguatin kita kali ya. Keyakinan.

Yaa itu tadi adalah serangkaian cerita yang bisa mimin bagi, masih panjang sih sebenernya. Tapi, nanti kalo ceritanya panjang kalian bosen kan. Mending gini aja, ceritanya singkat tapi sering. Ya nggak?

Ya udah deh, sekian dari kita. Sampai ketemu lagi next time. See ya…

Salam Pramuka!!!