Arsip Kategori: Kegiatan Ekstra

Seminar Wawasan Kebangsaan 2020

Seminar juga salah satu program ekstrakurikuler PPU yang menghadirkan beberapa tentara dari Koramil sebagai narasumber. Seminar yang mengarah wawasan kebangsaan dan pelatihan baris berbaris ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2020.

Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Seminar wawasan kebangsaan ini bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan kepada para siswa, agar lebih mengenal sejarah dan Pancasila sebagai dasar negara dan 4 pilar kebangsaan. Dan juga sebagai wadah melatih kemampuan baris berbaris yang dibimbing langsung oleh tentara. Dan diakhiri dengan beberapa permainan yang dapat mempererat antar anggota.WhatsApp Image 2020-08-19 at 18.57.55 (1) WhatsApp Image 2020-08-19 at 18.57.55

Bakti Sosial PPU 2019

Bakti sosial merupakan salah satu program kerja ekstrakurikuler PPU yang biasa diadakan di bulan suci Ramadan. Biasa diadakan di salah satu panti asuhan di sekitar kebonsari.

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti sosial ini bertujuan untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.

IMG20190530092830IMG20190530092555

Penempuhan Topi dan Brivet 2020

Bertemakan “Senandung Kebangsaan Lewat Nasionalisme dan Patriotisme ”, pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 Korps PPU SMAN 1 GEGER mengadakan penempuhan Topi dan Brivet. Materi yang disampaikan saat penempuhan diantaranya baris-berbaris dan kedisiplinan.

Penempuhan ini bertujuan untuk :

  1. Melatih keberanian, kecermatan dan kreatifitas
  2. Menumbuhkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme
  3. Sebagai wujud pengabdian terhadap Bangsa dan Negara
  4. Memberikan pengalaman para peserta tentang nilai juang
  5. Menumbuhkan rasa cinta Tanah Air
  6. Memberikan dasar kepemimpinanWhatsApp Image 2020-08-22 at 19.11.02

NAPAK TILAS 2019

Halo kakak-kakak adik-adik dan teman teman, jumpa lagi di blog Ekstakurikuler PPU

Napak Tilas adalah salah satu program kerja ekstrakurikuler PPU. Napak tilas sendiri dapat diartikan berjalan kaki dengan menelusuri jalan yang pernah dilalui oleh seseorang, pasukan, dan sebagainya untuk mengenang perjalanan pada masa perang dan atau sejarah masa lalu.

Napak tilas ini bertujuan untuk memeringati hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November. Kagiatan napak tilas diisi dengan berjalan kaki dan juga beberapa lomba. Dapat dilihat foto dibawah yaa.

WhatsApp Image 2020-08-19 at 17.42.18 (1)WhatsApp Image 2020-08-19 at 17.42.18WhatsApp Image 2020-08-19 at 17.42.17

Bakti Sosial Korps PPU 2018

Halo teman-teman, kembali lagi di website Ekstrakurikuler PPU. Apa kabar nih semuanyaa????  Semoga sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.  Aamiin

Hari ini, admin mau menyampaikan tentang kegiatan ekstra PPU yang rutin dilaksanakan saat bulan ramadhan. Tak lain dan tak bukan, adalah Bakti Sosial.  Kegiatan bakti sosial ini mengajarkan kita untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dalam kegiatan bakti sosial kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia memliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan bakti sosial juga membantu pembentukan sikap dan melatih jiwa kepemimpinan diri kita.

Tanggal 1 Juni 2018, Korps PPU SMAN 1 Geger mengadakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Al-Karimah Uteran, Geger, Madiun. Bersama Bapak Drs. Sunardi, kegiatas baksos Korps PPU yang bertempat di Panti Asuhan Al-Karimah dilaksanakan.

IMG_2602

Diklat Penempuhan Topi dan Brivet Korps PPU

Bertemakan “Senandung Kebangsaan Lewat Nasionalisme dan Patriotisme ”, pada hari Sabtu tanggal 3 November 2018 Korps PPU SMAN 1 Geger mengadakan penempuhan Topi dan Brivet. Materi yang disampaikan saat penempuhan diantaranya baris-berbaris dan kedisiplinan.

Penempuhan ini bertujuan untuk :

  1. Melatih keberanian, kecermatan dan kreatifitas
  2. Menumbuhkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme
  3. Sebagai wujud pengabdian terhadap Bangsa dan Negara
  4. Memberikan pengalaman para peserta tentang nilai juang
  5. Menumbuhkan rasa cinta Tanah Air
  6. Memberikan dasar kepemimpinan

KEGIATAN EKSTRA

SERAH TERIMA JABATAN DAN MUSYAWARAH KERJA

Serah terima jabatan merupakan kegiatan pengoperan atau pengalihan tanggung jawab dan wewenang dari pengurus lama ke pengurus baru. Sertijab juga dimaknai sebagai kesinambungan kerja. Sertijab sendiri memiliki tujuan agar pengurus baru mengetahui medan tugas serta apa yang harus dikerjakannya selama masa jabatannya.

Sedangkan musyawarah kerja adalah wadah yang mempunyai kewenangan untuk menentukan langkah organisasi yang ditulis dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Pengurus organisasi dalam menjalankan tugasnya perlu melaporkan kepada para anggota atas apa yang telah dikerjakan agar para anggota mengetahui dengan jelas.

Kegiatan Sertijab dan Musyawarah Kerja dilaksanakan di Perpustakaan Belakang SMAN 1 Geger pada Hari Jumat, 25 Agustus 2017 pukul 13.00-selesai.