Arsip Kategori: ppu

Demonstrasi Ekstrakurikuler

Halo . We are comeback again.

Dalam rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Geger yang diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya adalah demonstrasi ekstrakurikuler. Acara ini dilaksanakan dengan menghadirkan seluruh ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Geger. Setiap ekstrakurikuler akan memberikan penjelasan mengenai masing-masing profil eksstrakurikuler, kepengurusan, kegiatan dan prestasi yang pernah diraih. Dalam acara ini, peserta didik baru dapat mengenal lebih dekat untuk memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Tak lain halnya dengan ekstrakurikuler Petugas Penyelenggara Upacara (PPU) SMAN 1 Geger. Pada tanggal 8 Agustus 2018 siswa siswi kelas 10 telah melingkari lapangan tengah SMAN 1 Geger, dan saatnya penampilan/demonstrasi ekstrakurikuler Petugas Penyelenggara Upacara. Penampilan diawali dengan masuknya pasukan setelah MC melakukan pembukaan. Beragam variasi dan formasi kami tampilkan, salah satunya adalah variasi buka tutup barisan yang menjadi pilihan kami pada kesempatan kali ini. Dilanjutkan dengan pertunjukan beberapa gerakan dasar, seperti PBB dasar, periksa kerapian dan formasi serta variasi yang ditunggu-tunggu. Penampilan dari ekstrakurikuler PPU ditutup dengan variasi hormat kanan dan tak lupa  salam wajib dari ekstrakurikuler PPU. “Salam Merah Putih, JAYA!!!”

 

FUNGSI KORP PPU

  1. Fungsi umum :

Sebagai wadah menghimpun unsur-unsur yang ada di SMAN 1 GEGER yang peduli terhadap arti penting dan pengembangan nilai kedaulatan yang di aktualisasikan melalui kegiatan upacara.

  1. Fungsi khusus :

Bagi sekolah   :

  • Menunjang kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk membentuk watak, tokoh, budi pekerti, sikap tanggung jawab berbangsa.
  • Wadah membina siswa agar mempunyai kesiapsiagaan menjalankan tugas upacara dan ceremonial lainnya.

Bagi siswa       :

  • Sebagai wadah pengembangan potensi diri sehingga mempunyai kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi kegiatan upacara.
  • Sebagai wadah melatih ketrampilan, mengolah jiwa juang, patriotisme, nasionalisme, serta tanggung jawab berbangsa.

Sebagi media berinteraksi antara siswa yang mempunyai persamaan minat mengembangkan kepribadian serta aktualisasi potensi diri.