Semua artikel oleh admin

Materi dan Latihan Rutin Ekstrakurikuler PPU Secara Daring di masa pandemi covid-19

SALAM MERAH PUTIH! JAYA!!!

Halo kakak-kakak, adik-adik, teman-teman jumpa lagi nih di blog Ekstrakurikuler PPU. Kalian pasti penasaran kan bagaimana ekstrakurikuler PPU tetap berjalan di masa pandemi.. Yuk disimak apa saja yang dilakukan anggota ekstrakurikuler PPU senior mauupun junior dimasa pandemi seperti ini…

Masa pandemi seperti sekarang ini, kiranya kurang memungkinkan  apabila kegiatan ekstrakurikuler dilakukan secara langsung seperti biasa. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melaksanakan kegiatan esktrakurikuler secara daring. Dengan berbagai cara, kami mengupayakan agar kegiatan esktrakurikuler ini tetap berjalan dengan semestinya. Memang bukan suatu perkara yang mudah, namun kami berusaha semaksimal mungkin agar apa yang kami upayakan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, serta dapat bermanfaat untuk semua. Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan selama kegiatan ekstrakurikuler di masa pandemi :

1. Presensi Kehadiran Online Melalui E-learning SMAN 1 Geger
Presensi merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah kegiatan sebagai bentuk bukti kehadiran dan keikutsertaan dalam pelaksanaan kegiatan yang bersangkutan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini kami memerlukan berbagai terobosan agar kegiatan ekstrakurikuler tetap berjalan dengan semestinya. Oleh karena itu, kami melakukan upaya agar anggota Ekstrakurikuler PPU dapat mengirim bukti bahwa dirinya telah mengikuti dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan rancangan kegiatan yang telah direncanakan pada hari yang bersangkutan.

presensi

Berdasarkan evaluasi terhadap cara yang kami lakukan sejauh ini manfaat yang kami dapatkan, antara lain memudahkan dalam pengisian presensi pada rapor, dapat mengevaluasi keaktifan anggota dalam mengikuti ekstrakurikuler, dapat meningkatkan rasa tanggung jawab anggota dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, dll.

 

2. Pemateri

Pemberian materi dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan kebangsaan, menumbuhkan jiwa nasionalisme, meningkatkan keterampilan, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab para anggota. Mekanisme dalam pemberian materi, antara lain :

1. Materi diberikan sesuai dengan jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler melalui elearning SMA N 1 Geger pada modul Ekstrakurikuler PPU.

2. Materi yang kami berikan biasanya berupa video tentang penjelasan materi, video tentang teknik-teknik Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang baik dan benar, serta materi tertulis.
pemateriiiiii

 

3. Pemberian Tugas

Pemberian tugas ini memiliki tujuan, antara lain agar dapat mengetahui sejauh mana pemahaman anggota terhadap materi yang telah diberikan, bentuk peningkatan rasa tanggung jawab dalam keikutsertaan pada kegiatan, melatih kedisiplinan, dan menambah jiwa nasionalisme kepada para anggota. Sejauh ini, pemberian tugas yang kami lakukan terdiri atas tugas menulis materi dan tugas pembuatan video Pelatihan Baris Berbaris (PBB).

tugas

Mekanisme pemberian tugas tersebut, yakni :

1. Tugas diberikan melalui elearning SMA N 1 Geger pada modul ekstrakurikuler PPU.

2. Penugasan berdasarkan materi yang telah diberikan pada hari tugas tersebut diberikan.

3. Pengerjaan tugas harus sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan, dan dikumpulkan selama batas waktu yang telah ditentukan.

4. Pengumpulan tugas juga disesuaikan dengan petunjuk, yakni dapat berupa file pdf yang berisi tulisan materi ataupun link youtube dari video yang telah diupload.pengumpulan

 

4. Quiz

Setelah pemberian materi, kegiatan yang dilaksanakan selanjutnya pada ekstrakurikuler kami adalah kuis. Kegiatan kuis ini dilakukan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman para anggota ekstrakurikuler terhadap materi yang diberikan, menumbuhkan semangat berfikir bagi para anggota, menambah pengetahuan, menambah wawasan kebangsaan, melatih tanggung jawab dan kedisiplinan, dll.

kuissssssss
Mekanisme untuk pelaksanaan kuis, yakni sebagai berikut :

1. Pemberian kuis melalui modul Ekstrakurikuler PPU pada elearning SMA N 1 Geger.

2. Kuis yang diberikan berupa soal-soal pilihan ganda mengenai materi yang telah disampaikan.

3. Kuis dapat dikerjakan jika materi yang diberikan telah dipelajari.

4. Pengerjaan kuis harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Skor hasil kuis dapat dilihat setelah kuis tersebut di submit.
quiz

 

5. Sertifikat

Setelah rangkaian kegiatan ekstrakurikuler pada satu modul terselesaikan, kami memberikan sertifikat sebagai bentuk penghargaan terhadap hasil pencapaian para anggota. Tujuan dari pemberian sertifikat tersebut ialah sebagai bentuk penghargaan kepada para anggota, serta diharapkan dapat meningkatkan rasa semangat para anggota dalam mengikuti ekstrakurikuler. Sertifikat diberikan dengan mekanisme sebagai berikut :

1. Sertifikat diberikan secara online melalui modul ekstrakurikuler PPU pada elearning SMA N 1 Geger.

2. Sertifikat dapat diunduh oleh anggota dengan ketentuan apabila semua kegiatan pada satu modul telah dilaksanakan dan diselesaikan.

sertifikat

Sekian penjelasan dari kami ya kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca Pos ini. Sampai jumpa lagi ya di pos-pos terbaru kami yang akan datang.

Stay safe, stay hygienic, and stay healthy all.

Keep spirit and don’t give up !!!

KORPS PPU SMAN 1 GEGER 2020/2021

Halo kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman, jumpa lagi di blog Ekstrakurikuler PPU

Penasaran nggak sih sama Susunan Kepengurusan Ekstrakurikuler PPU yang baru di tahun 2020/2021 ini? Pasti iya kan? Langsung saja yuk di simak nama-nama yang ada di bawah ini…

Susunan Kepengurusan Ekstrakurikuler Petugas Penyelenggara Upacara (PPU) SMAN 1 GEGER Tahun 2020/2021

Pelindung : Drs. H. Makmun Fatoni M.Pd

Penasihat : Erfan Heri Cahyono M.Pd

Ketua MPK : Hukama Almer Khansa

Ketua OSIS : Bravy Fitratara

Sekbid Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara : Didhan Ardiansyah

Ketua KORPS PPU : Hafiizh Endy Priatama

Wakil Ketua : Wirangga Jakal Nurdiyansyah

Sekretaris l : Amelia Cindy Fatikasari

Sekretaris ll : Talitha Giovani Auryn Nathania

Bendahara l : Cindhi Octafiani

Bendahara ll : Adinda Isna Yanuarinta

Koordinator l : Vania Azarine Ramadhani

Koordinator ll : Ayunda Riska Septiana

  • Seksi Pendidikan dan Pelatihan
    • Koordinator Seksi : Ulfa Amelia Sari
  1. Azizah Nur’Aini Mualifatu Rizqy
  2. Leylyana Nanda Bestira
  3. Dea Anandita Putri Marta
  4. Arindy Mahdalena Putri Wijaya
  5. Elok Faidzotul Himmah
  6. Fani Chandra Nur Afifah

(Tugas pengurus seksi Pendidikan dan Pelatihan yaitu melakukan proses pembelajaran, baik pemberian materi dalam ruang maupun materi lapangan dalam bidang PBB).

  • Seksi Perlengkapan
    • Koordinator Seksi : Rifa Puspita Humairoh
  1. Andini Fitriatunnisa
  2. Aziizah Luhtfi Minzaro
  3. Adinda Afmi Isroq Laily Rahmatika
  4. Endita Dwi Sholeha
  5. Arini Fadhilatunnisa
  6. Widya Dewi Ramadhanti

(Tugas dari seksi perlengkapan adalah mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan yang di butuhkan selama proses pembelajaran berlangsung).

  • Seksi Publik
    • Koordinator Seksi : Fauziah Oktya Mawarni
  1. Nabila Stevi Imeliana
  2. Esa Cintya Habsari
  3. Reksa Paramarta Setyadi
  4. M. Imam Fadhillah
  5. Stevanie Lutfi Pradani
  6. Ferdian Dwi Saputra

(Tugas dari seksi publik adalah menjalin hubungan baik antara pihak intern dan ekstern organisasi dalam lingkup luar wilayah sekolah).

  • Seksi Penegak Disiplin
    • Koordinator Seksi : Bravy Fitratara
  1.  Dzaki Rajif Hamidi
  2.  Rafli Rizky Pratama
  3. Itsna Harisah Qurroh
  4. Fitroh Ilhamida
  5. Eprilia Kartika Putri
  6. Nurul Azizah

(Tugas seksi penegak disiplin adalah menegakkan kedisiplinan antara senior dan junior, agar tercipta kedisiplinan dalam organisasi).

 

Sekian dulu ya kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca Pos ini. Sampai jumpa lagi di pos-pos terbaru kami.

Seminar Wawasan Kebangsaan 2020

Seminar juga salah satu program ekstrakurikuler PPU yang menghadirkan beberapa tentara dari Koramil sebagai narasumber. Seminar yang mengarah wawasan kebangsaan dan pelatihan baris berbaris ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2020.

Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Seminar wawasan kebangsaan ini bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan kepada para siswa, agar lebih mengenal sejarah dan Pancasila sebagai dasar negara dan 4 pilar kebangsaan. Dan juga sebagai wadah melatih kemampuan baris berbaris yang dibimbing langsung oleh tentara. Dan diakhiri dengan beberapa permainan yang dapat mempererat antar anggota.WhatsApp Image 2020-08-19 at 18.57.55 (1) WhatsApp Image 2020-08-19 at 18.57.55

Bakti Sosial PPU 2019

Bakti sosial merupakan salah satu program kerja ekstrakurikuler PPU yang biasa diadakan di bulan suci Ramadan. Biasa diadakan di salah satu panti asuhan di sekitar kebonsari.

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti sosial ini bertujuan untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.

IMG20190530092830IMG20190530092555

Penempuhan Topi dan Brivet 2020

Bertemakan “Senandung Kebangsaan Lewat Nasionalisme dan Patriotisme ”, pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 Korps PPU SMAN 1 GEGER mengadakan penempuhan Topi dan Brivet. Materi yang disampaikan saat penempuhan diantaranya baris-berbaris dan kedisiplinan.

Penempuhan ini bertujuan untuk :

  1. Melatih keberanian, kecermatan dan kreatifitas
  2. Menumbuhkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme
  3. Sebagai wujud pengabdian terhadap Bangsa dan Negara
  4. Memberikan pengalaman para peserta tentang nilai juang
  5. Menumbuhkan rasa cinta Tanah Air
  6. Memberikan dasar kepemimpinanWhatsApp Image 2020-08-22 at 19.11.02

NAPAK TILAS 2019

Halo kakak-kakak adik-adik dan teman teman, jumpa lagi di blog Ekstakurikuler PPU

Napak Tilas adalah salah satu program kerja ekstrakurikuler PPU. Napak tilas sendiri dapat diartikan berjalan kaki dengan menelusuri jalan yang pernah dilalui oleh seseorang, pasukan, dan sebagainya untuk mengenang perjalanan pada masa perang dan atau sejarah masa lalu.

Napak tilas ini bertujuan untuk memeringati hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November. Kagiatan napak tilas diisi dengan berjalan kaki dan juga beberapa lomba. Dapat dilihat foto dibawah yaa.

WhatsApp Image 2020-08-19 at 17.42.18 (1)WhatsApp Image 2020-08-19 at 17.42.18WhatsApp Image 2020-08-19 at 17.42.17

KORPS PPU SMAN 1 GEGER 2019/2020

Halo kakak-kakak adik-adik dan teman teman, jumpa lagi di blog Ekstakurikuler PPU

Penasaran nggak sama susunan kepengurusan Ekstrakurikuler PPU yang baru? Kalau iya, ada di bawah sini yaaa… Yukkkk langsung aja

Susunan Kepengurusan Ekstrakurikuler Petugas Penyelenggara Upacara  SMAN 1 GEGER Tahun 2019/ 2020

Pelindung : Drs. H. Makmun Fatoni, M.Pd

Penasehat : Erfan Heri Cahyono S.Pd M.Pd

Pembina : Drs. Sunardi

Ketua MPK : Duta Rajasa

Ketua OSIS : Rizaldi Ardika M. P.

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Ketua Korps PPU                                             : Vito Wisnu Bimantara

Wakil Ketua                                                        : Jamroni Febriansyah

Sekretaris I                                                         : Safira Qatrunnada

Sekretaris II                                                       : Fajria Octavarindhi Atida

Bendahara I                                                        : Rara Risma Gressilya

Bendahara II                                                      : Fina Rizky Aprilia Putri

Koordinator Lapangan I                              : Habib Reza Mahendra

Koordinator Lapangan II                            : Clarissa Anantya Syahputri

  • Seksi Pendidikan dan Pelatihan
    • Koordinator Seksi            : Rizaldi Ardika M. P.
  1. Niken Kurniasari
  2. Tri Linda Yuniawati
  3. Duta Rajasa
  4. Puri Lalita Anagata
  5. Rahma Raffi Aristawati
  6. Dini Rahmawati
  7. Fitria Puspita Wulandari
  8. Berliana Dwi Safira
  9. Ardi Faiz Alfianshah
  10. Briandita B.P.W
  11. Syifa’ul Qoni’ah
  12. Paras Dewi Aji Ningtyas
  13. Nadya Pramudita
  14. Dayuning Mutiara
  15. Galih Kartiko
  16. Rafif Asyam Bahi
  17. Krisna Dwi Agung S.
  18. Berlian Firtia Putri
  19. Liliya ‘Ainun P.
  20. Rima Faradila
  21. Dhira
  22. Muhammad Fauzan Al-Baihaqi

 (Tugas pengurus seksi Pendidikan dan Pelatihan yaitu melakukan proses pembelajaran baik pemberian materi ruang maupun dalam di bidang  pbb).

  •  Seksi Perlengkapan
    • Koordinator Seksi : Anggun Selvanda
  1. Heni Novia Rahmawati
  2. Elmi Meyda Putri
  3. Melda Gian Priyantika
  4. Laila Tri Astuti
  5. Tarisa Putri Permatasari
  6. Lailatus Safitri
  7. Valentina Priwidya A.
  8. Lintang Husna Amalia
  9. Fitriana
  10. Fitriani
  11. Lailatul Hamidah
  12. Awwalul Mar’atus S.
  13. Reza Cahya Amelia
  14. Meliyatul Yahya

(Tugas dari seksi perlengkapan adalah mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan yang di butuhkan selama proses pembelajaran berlangsung).

  • Seksi Publik
    • Koordinator Seksi : Wahyu Firmansyah
  1. Niken Rahmawati
  2. Laura Dewi Nurviandra
  3. Silvia Eka Nur Fadila
  4. Rokhinasih Purniandari
  5. Indar Mutiyaningrum
  6. Fadhil Rio Baskoro
  7. Nifa Fakasi Sukma
  8. Natasha Arumi Virgiawan

 (Tugas dari seksi publik adalah menjalin hubungan baik antara pihak intern dan ekstern organisasi dalam lingkup luar wilayah sekolah ).

  • Seksi Penegak Disiplin
    • Koordiantor seksi : Deva Hasan Aulia
  1. Nanda Avisa Phela
  2. Buana Dewi
  3. Awalia Noor Rizqy
  4. Ndharu Sheto

 (Tugas seksi penegak disiplin adalah menegakkan kedisiplinan antara senior dan junior, agar tercipta kedisiplinan dalam organisasi)

Bakti Sosial Korps PPU 2018

Halo teman-teman, kembali lagi di website Ekstrakurikuler PPU. Apa kabar nih semuanyaa????  Semoga sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.  Aamiin

Hari ini, admin mau menyampaikan tentang kegiatan ekstra PPU yang rutin dilaksanakan saat bulan ramadhan. Tak lain dan tak bukan, adalah Bakti Sosial.  Kegiatan bakti sosial ini mengajarkan kita untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dalam kegiatan bakti sosial kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia memliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan bakti sosial juga membantu pembentukan sikap dan melatih jiwa kepemimpinan diri kita.

Tanggal 1 Juni 2018, Korps PPU SMAN 1 Geger mengadakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Al-Karimah Uteran, Geger, Madiun. Bersama Bapak Drs. Sunardi, kegiatas baksos Korps PPU yang bertempat di Panti Asuhan Al-Karimah dilaksanakan.

IMG_2602

KORPS PPU SMAN 1 GEGER 2018 / 2019

Halo kakak-kakak, jumpa lagi di blog Ekstakurikuler PPU

Penasaran nggak sama susunan kepengurusan Ekstrakurikuler PPU yang baru? Kalau iya, ada di bawah sini yaaa… Yukkkk langsung aja

Susunan Kepengurusan Ekstrakurikuler Petugas Penyelenggara Upacara  SMAN 1 GEGER Tahun 2018 / 2019

Pelindung                                                            : Drs. H. Makmun Fatoni, M.Pd

Penasehat                                                          : Drs. Subiyanto

Pembina                                                              : Drs. Sunardi

Ketua MPK                                                         : Ahmad Yusuf Ardiansyah

Ketua OSIS                                                          : Nasrurrofiq Risvana Bayu Pambudi

Sekbid Kepribadian Unggul,                        : Yoga Pradana Putra

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Ketua Korps PPU                                              : Muhammad Ichsan Nur Kartabuana

Wakil Ketua                                                        : Ning Dainty Restiani

Sekretaris I                                                         : Nur Fitriani Devi

Sekretaris II                                                        : Nuhawanis Habibati

Bendahara I                                                        : Mahsa Namira Raudeasari

Bendahara II                                                      : Silvia Ayu Firnanda

Koordinator Lapangan I                                 : Elsa Oktavianti

Koordinator Lapangan II                                : Bela Kusumawati

 

  • Seksi Pendidikan dan Pelatihan
    • Koordinator Seksi            : Siti Mei F.
  1. Vira Putri H.
  2. Salsabila Fairuz Shofi
  3. Dzaki Mita Aditya C.P
  4. Nasrurrofiq Risvana Bayu P.
  5. Alfina Sofianawati
  6. Pramita Nur M.
  7. Lucky Ardines
  8. Cyntya Febyati

 (Tugas pengurus seksi Pendidikan dan Pelatihan yaitu melakukan proses pembelajaran baik pemberian materi ruang maupun dalam di bidang  pbb).

  •  Seksi Perlengkapan
    • Koordinator Seksi : Azka Milanaja
  1. Fahreza Adam P.
  2. Nurlia Afika
  3. Aulia Fikri A.
  4. Putri Indah Sri A.
  5. Shella Aprilia
  6. Retno Anggraini
  7. Firly Syahro M.
  8. Erico Ikhwalul R.
  9. Dhody Kurniawan

(Tugas dari seksi perlengkapan adalah mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan yang di butuhkan selama proses pembelajaran berlangsung).

  • Seksi Publik
    • Koordinator Seksi : Naufal Hanan
  1. Afkar Achmat Lizar D.P
  2. Dona Avrilia K.
  3. Salma Azzahra
  4. Viorella S.V.K
  5. Nur Rizki Aulia S.
  6. Auralya Sekar N.P
  7. Elly Kurniawati
  8. Rangga Hadi F.

 (Tugas dari seksi publik adalah menjalin hubungan baik antara pihak intern dan ekstern organisasi dalam lingkup luar wilayah sekolah ).

  • Seksi Penegak Disiplin
    • Koordiantor seksi : Adimas Permadi
  1. Radhifta Intan D.P
  2. Liqok Zakiya
  3. Thalita Nathaniella C.R
  4. Eva Ardiana
  5. Setiya Rahmat P.
  6. Deo Bagas M.
  7. Galih Safira
  8. Fahdya Ananda F.

 (Tugas seksi penegak disiplin adalah menegakkan kedisiplinan antara senior dan junior, agar tercipta kedisiplinan dalam organisasi)

 

 

Diklat Penempuhan Topi dan Brivet Korps PPU

Bertemakan “Senandung Kebangsaan Lewat Nasionalisme dan Patriotisme ”, pada hari Sabtu tanggal 3 November 2018 Korps PPU SMAN 1 Geger mengadakan penempuhan Topi dan Brivet. Materi yang disampaikan saat penempuhan diantaranya baris-berbaris dan kedisiplinan.

Penempuhan ini bertujuan untuk :

  1. Melatih keberanian, kecermatan dan kreatifitas
  2. Menumbuhkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme
  3. Sebagai wujud pengabdian terhadap Bangsa dan Negara
  4. Memberikan pengalaman para peserta tentang nilai juang
  5. Menumbuhkan rasa cinta Tanah Air
  6. Memberikan dasar kepemimpinan