KEGIATAN DONOR DARAH TAHUN 2017

image013 

Donor darah adalah kegiatan atau peroses pengambilan darah dalam volumetertentu dari seorang donor, yang nantinya digunakan untuk transfusi darah bagi merekayang membutuhkan. Sudah tentu, untuk menjadi pendonor, seseorang antara lain harus berbadan sehat,bukan pecandu alkohol, obat-obatan terlarang atau mempunyai riwayat penyakitberbahaya.Seleksi awal, dimulai dengan pencatatn tentang riwayat kesehatan donor, yang kemudian dilanjutkan pemeriksaan tekanan darah dan pengukuran kadar hemogoblin. Pemeriksaan hemogoblin ini bertujuan untuk memeriksa kadar besi dalam tubuh. Dengan pemeriksaan kadar besi yang normal, diharapkan bisa mengantisipasi penurunan kadar besi setelah pengambilan darah. Zat besi adalah salah satu jenis mikro nutrien yang sangat diperlukan oleh tubuh. Di dalam makanan, zat besi terbagi menjadi dua yakni heme yang terdapat pada daging hewan dan nonheme yang terdapat pada tumbuhan. Selain diperlukan untuk membawa oksigen keseluruh tubuh, besi juga membantu menjamin sistem imun yang sehat. Sel untuk melawan infeksi dan mempertahankan tubuh melawan organisme asing, tergantung cadang besi yang cukup.

Sebelum melakukan donor darah kita harus memenuhi syarat agar tidak membahayakan pendonor maupun yang menerima darah tersebut, syarat-syarat untuk dapat mendonorkan darah diantaranya :

  1. Sebelum menyumbangkan darah, calon pendonor hendaknya diperiksa dahulu oleh dokter atau seseorang yang diberi wewenang dibawah tanggung jawab dokter.
  2. Berumur lebih dari 17 tahun (atas pertimbangan dokter pendonor yang berumur lebih dari 60 tahun dapat menyumbangkan darahnya).
  3. Berat badan minimal 45 kg.
  4. Kadar hemoglobin darah calon pendonor sekurang-kurangnya 12,5 gram/desiliter (g/dl).
  5. Tekanan darah normal berkisar antara sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg.
  6. Denyut nadi berkisar antara 60 – 100 kali per menit, teratur, tanpa denyut patologis (nadi yang menunjukkan adanya seuatu penyakit dalam tubuh kita).
  7. Jarak penyumbangan darah minimal sepuluh minggu dengan penyumbangan maksimal 5 kali dalam setahun.
  8. Bagi wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui bisa menyumbangkan darahnya enam bulan setelah melahirkan atau tiga bulan setelah berhenti meyusui.
  9. Wanita yang sedang menstruasi dapat menyumbangkan darahnya bila kadar Hemoglobinnya memenuhi syarat, biasanya sesudah hari ketiga menstruasi, di mana menstruasinya sudah tidak terlalu banyak.

image011

Hal yang penting sebelum dan sesudah donor darah :

  1. Sebelum mendonorkan darah minumlah banyak cairan dan makan-makanan yang rendah lemak dan banyak mengandung tinggi zar besi.
  2. Segera setelah donor, makanan karbohidrat sederhana untuk membantu meningkatkan kadar gula dalam darah dan memberi energi .
  3. Minum ekstra cairan untuk 24 jam berikutnya setelah donor.
  4. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin C
  5. Menghindari makanan yang dapat menggangu absorbsi zat besi selamabeberapa hari setelah donor, seperti teh, soda atau kopi.

PMR Wira SMAN 1 Geger angkatan 22 mengadakan donor mempunyai tujuan diantaranya :

  1. Menyalurkan bentuk kepedulian antar sesama masyarakat.
  2. Merealisasikan Program Kerja PMR Wira Angkatan XXI.
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan dalam melaksanakan langkah-langkah donor darah serta menjadikannya pedoman untuk pelaksanaan selanjutnya.
  4. Mempererat persaudaraan dan memperkuat persatuan antara anggota PMR.
  5. Menumbuhkan rasa kemanusiaan antara anggota PMR.
  6. Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam melaksanakan kegiatan PP,SAR,PK,TMS dan DU.

image015

Pelaksanaan kegiatan Donor Darah oleh PMR Wira SMAN 1 Geger dilaksanakan pada :

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 11 November 2017

Pukul               : 08.00 WIB – 13.45 WIB

Tempat            : Aula SMA Negeri 1 Geger

PMR Wira SMA Negeri 1 Geger mengambil tema ‘’Darahku, Darahmu, Darah Kita Semua’’ untuk melaksanakan kegiatan Donor Darah ini

 

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini disambut baik dan di ikuti oleh sukarelawan dari beberapa guru dan karyawan SMA Negeri 1 Geger dan sukarelawan dari siswa dan siswi SMAN Negeri 1 Geger yang telah cukup umur dan memenuhi syarat. Walaupun ada beberapa peserta yang tidak dapat mengikuti kegiatan ini mereka tetap menyambut baik acara yang diselenggarakan ini.

PMR Wira SMA Negeri 1 Geger mengundang PMI untuk mendampingi kegiatan  Donor Darah jadi kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman tanda kendala apapun.

KEGIATAN HUT PMR WIRA SMAN 1 GEGER TAHUN 2018

 

IMG-20180425-WA0013

image003

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah kegiatan remaja di  sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahan melalui program ekstrakulikuler.

PMR Wira di SMAN 1 GEGER di di dirikan pada tanggal 14 Januari 1994. Setiap tahun melakukan perayaan hari ulang tahun dengan cara yang berbeda – beda setiap angkatan. Biasanya dengan tradisi potong tumpeng dan beberapa game seru lainnya. Acara HUT biasanya di hadiri oleh seluruh anggota PMR dan pembina. Pada tanggal 26 Januari 2018 angkatan 22 menyelenggarakan perayaan HUT  ke 22.

Kegiatan Rutin

KEGIATAN LATIHAN RUTIN EKSTRA PMR TAHUN AJARAN 2017/2018

image007

Latihan rutin dilakukan setiap hari Jum’at pukul 15.30. Dalam latihan rutin seluruh anggota mendapatkan materi mulai dari teori hingga praktik. Latihan praktik biasanya dilakukan di luar ruangan karena membutuhkan banyak ruang. Misalkan berlatih bagaimana cara mengangkat tandu yang benar, memberikan pertolongan pertama (PP) dengan benar menggunakan mitela. Berlatih menggunakan bidai untuk mengatasi patah tulang. Selain itu seluruh anggota PMR juga mendapat banyak  pengetahuan tentang kepalang merahan. Seperti pengetahuan bagaimana cara menolong korban bencana alam, kecelakaan dan masih banyak lagi. Latihan rutin biasanya dilaksanakan sekitar satu setengah jam.