Semua artikel oleh PMR WIRA SMA Negeri 1 Geger

Latihan Rutin Ekstrakurikuler PMR Wira Sman 1 Geger Selama Pandemi

Salam kemanusiaan !!

Hai healties, apakabar?  baik – baik aja kan?

seperti yang kita semua tau, saat ini masih berlangsung pandemi COVID-19, dan kalian pastinya juga udah tau kalo (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan. Dan karena virus ini penyebarannya cepett banget, kita jadi gakbisa ekstra seperti tahun tahun sebelumnya.

Tapiiiii, pandemi gakbikin kita jadi gak semangat ekstra dong pastinya!!, jadi kita manfaatin web SMA buat ekstraa, iya, ekstranya online!!!

WhatsApp Image 2021-03-13 at 06.46.33

kita ada materi dan penugasan tiap latihan rutin!!! eitsss, jangan lupa sebelumnya isi presensi dulu ya pastinya!

udah dulu ya!! kita bakal update lagi lain waktu,

see ya!!

SALAM SEHAT!

 

 

SUSUNAN KEPENGURUSAN PMR WIRA SMAN 1 GEGER TAHUN 2020/2021

SUSUNAN KEPENGURUSAN PMR WIRA SMAN 1 GEGER TAHUN 2020/2021

Pelindung                              : Drs. Makmun Fatoni, M. Pd
Penasehat                             : Erfan Heri Cahyono, M. Pd
Koordinator Pembina    : Yuni Supriyanti, S.Pd
Ketua MPK                           : Hukama Almer Khansa
Ketua OSIS                           : Bravy Fitratara
Ketua Umum                       : Radiva Ferdini Anggita Rindiasari
Wakil                                        : Muza Rizqina Ramadhanti
Sekretaris I                           : Nur Rohmah Wahyu Ningtias
Sekretaris II                         : Nur Halifah Rahmawati
Bendahara I                         : Yusi Ilma Rofifah
Bendahara II                       : Hanifatul Mukarromah
Koordinator I                     : Wanda Dwi Anugerah
Koordinator II                   : Herlinda Chandra Nur Aisyah
Koordinator III                 : Novita Rama Ardiyani

SMAGER nyumbang getih 2k20!!!

Salam kemanusian! Salam Sehat! Waafi’at!

Halo sobat, apa kabar nih? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja ya… “
Pada kesempatan kali ini, kita mau bagi pengalaman nih, tentang program kerja PMR Wira di SMA N 1 Geger. Sebenarnya program PMR Wira di sekolah banyak banget lohh. Dan salah satunya, yang baru aja dilaksanakan adalah program Donor Darah tahun 2020. Program donor darah ini adalah agenda rutin tiap tahunnya loh. Pelaksanaannya tepatnya pada tanggal 12 Februari 2020. Pada tahun ini tema yang diambil adalah “TETESAN DARAH YANG ANDA BERIKAN WUJUD KEPEDULIAN #GakNyumbangGakSayang”. Tema yang diambil cukup melekat banget sama agenda yang dilakukan apalagi hastag yang diambil, kalo zaman sekarang mah nyebutnya Ambyarrrr…hehehe sengaja banget sih, biar ngikutin trend zaman sekarang.

Kalo diliat dari antusiasme para warga sekolah program donor darah tahun ini cukup sukses. Banyak banget yang daftar buat ikutan donor darah. Tapi sebelum itu harus ikut pemeriksaan dulu, kalo semisal dia lolos berarti boleh ikut donor darah. Kegiatan donor darah ini kami bekerja sama dengan Unit Donor Darah Kab. Madiun, soalnya kalo dilakukan sendiri kita belum handal sih hehehe…

Oiya.. bicara panjang lebar mengenai donor darah. Kalian tau gak sih, apa itu sebenarnya donor darah? Dan apa aja sih syarat-syarat sebagai pendonor?. Okey, aku jelasin nih buat kalian. Jadi, Donor Darah adalah….. dan syarat-syarat umum yang harus dipenuhi sebagai pendonor adalah sehat jasmani rohani, usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 50 kg, tidak minum obat selama 3 hari terakhir dan banyak lagi deh yang lain. Oiya, selain itu tekanan darah dan HB darah juga berpengaruh loh.

MUSASI 2019!!!

Salam Kemanusiaan!

Halo sobat kemanusiaan, tahu enggak sama acara Musasi? Itu lho, acara yang diadakan rutin tiap tahun di semester satu. Pasti dari kalian udah pada tahu sama acara musasi. Ya, musasi adalah ajang kolaborasi ekstra yang ada di SMA N 1 Geger. Hmmm, totalnya ada 15 ekstra. Kalo dibayangin pasti seru dong acaranya. Bener banget, acara yang diadakan di Bumi Perkemahan Kandangan pada 23-25 Desember 2019 ini seru banget deh pokoknyaa. Acara Musasi ini diikuti oleh siswa kelas X juga beberapa senior ekstra kelas XI. Seluruh siswa yang bergabung dengan ekstrakurikulernya masing-masing akan menampilkan aksi-aksi keren mereka disana. Udah pasti persiapannya harus jauh-jauh hari. Sebulan, sebelum acara ini berlangsung kami ekstra PMR sangat antusias mempersiapkannya. Mulai dari pentas apa yang akan ditampilkan, yel-yel yang akan dibawakan nanti, kostum dll.

Kegiatan Musasi adalah salah satu Program Kerja OSIS yang bekerja sama dengan suluruh ekstra. Kegiatan ini berlangsung selama 3 malam 2 siang. Banyak banget kegiatan yang dilakukan disana. Tempat yang dipilih pun jauh dari keramaian bahkan dipegunungan yang udaranya sangat sejuk banget… oiya, karena kegaiatan ini dilakukan setiap tahun yang artinya setiap tahunnya juga terdapat jargon untuk mengawali setiap kegiatannya. Dan jargon tahun 2019 ini adalah….. selain jargon, dalam Musasi juga ada perebutan nilai setiap ekstra dengan menggunakan token. Iya token, semacam potongan kertas kecil yang berwarna juga ada nilainya. Seluruh peserta dengan semangat mencoba mendapatkan token dengan berbagai cara, ada yang berjoget, melakukan hal konyol yang disuruh oleh panitia, memenangkan game yang diadakan, menyanyikan yel-yel bahkan ada juga dengan gombalan. Hahaha.. itu adalah hal wajar dalam kegiatan musasi.

Pokoknya banyak hal postif deh yang bisa diambil. Selain sebagai ajang menyalurkan bakat, kita juga dapat melatih mental. Soalnya banyak banget challenge yang menuntut kita agar berani, percaya diri, kreatif, inisiatif, dan banyak yang lain deh. Dan juga kita dapat belajar untuk menghormati sesama teman. Pokoknya seru deh acara Musasi, sampai-sampai gak mau pulang. hehehe…

Pendidikan dan Pelatihan Oleh PMI Kabupaten Madiun

KRIDA TARUNA HUSADA
PMR WIRA INTERARMA CHARITAS ARSA…

            Hai sobat kemanusiaan, tetep semangat dong jadi relawan kemanusiaan. Pastinya, karena nanti ilmu yang kita dapat dari ekstrakurikuler PMR WIRA sangat berguna banget untuk kedepannya. Pastinya gak nyesel dong ikutan jadi bagian anggota PMI Indonesia. Materi yang dibutuhkan seorang PMR Wira pastinya materi yang nantinya sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah materi Pertolongan Pertama. Bener banget sobat, materi ini adalah materi utama yang dibutuhkan seorang relawan. Didalamnya banyak banget langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menolong korban.

Untuk itu, kami PMR WIRA SMA N 1 Geger angkatan 24 mengadakan DIKLAT untuk junior-junior yang baru bergabung menjadi anggota PMR WIRA. Dengan berkerja sama dengan PMI akhirnya pada tanggal…. Kami mengadakan pelatihan bersama bapak-bapak PMI. Tujuannya sih cukup jelas untuk mengajarkan kepada junior-junior tentang bagaimana cara penanganan yang benar. Acara yang kami adakan dimulai pukul setengah 9 dan selesai pukul 2 siang. Tidak hanya materi, kita juga melakukan praktik langsung yang dibimbing oleh bapak PMI.

Setelah acara selesai, kami akan mendapat sertifikat resmi dari PMI bahwa kami para PMR WIRA sudah pernah mendapatkan pelatihan khusus dari PMI Kab. Madiun.

Susunan Kepengurusan PMR WIRA SMAN 1 Geger Tahun Ajaran 2019/2020

Susunan Kepengurusan PMR WIRA SMAN 1 Geger

Tahun Ajaran 2019/2020

Pelindung                                 : Drs. Makmun Fatoni, M. Pd

Penasehat                                : Erfan Heri Cahyono, M. Pd

Koordinator Pembina       : Yuni Supriyanti, S.Pd

Ketua MPK                              : Duta Rajasa

Ketua OSIS                              : Rizaldi Ardika Mahendra Pratama

Ketua Umum                          : Irdina Trya Hidayati Dayana

Wakil                                          : Neyreza Arviana Putri

Sekretaris I                             : Alflavia Sanma Zakitri

Sekretaris II                           : Fadila Muliana Julvita

Bendahara I                            :  Haifa Fitri Nur Afidah

Bendahara II                          : Sherly Ananda Cristi

Koordinator I                        : Khoiriyatus Annisa

Koordinator II                      : Nihayatul Laili Yukhana

Koordinator III                    : Hasna Afifah Oktavia

Anggota :

  1. Essa Lintang Rahmadina
  2. Sernia Umitasari
  3. Sonia Rahmaya Putri
  4. Velisa Ratri Lestari
  5. Sekar Arum Asih Kusuma
  6. Cyndi Laylita
  7. Intan Nor Sayekti
  8. Nazila Tasbikhatus Zahro
  9. Altis Puspa Gatari
  10. Anzilia Rahmatika
  11. Khusnul Armuninggar
  12. Mifta Yeoja Shakira
  13. Niken Rahmawati
  14. Rania Prastyka
  15. Vira Putri Rizatama
  16. Melani Defina Maharani
  17. Diah Nanda Putri Hanifah
  18. Derana Arisda Safira Hafiz
  19. Dwi Srirahayu
  20. Hanindita Prasanti
  21. Dina Dara Tirta
  22. Nifha Fakasih Sukma
  23. Riski Feriska Melati
  24. Syalsabilla Lauren Suwandi
  25. Aina Rahma Risky Wildiana
  26. Diny Ayu Sulistyaningtyas
  27. Hidayatul Munawaroh
  28. Jayanti Diah Setianingrum
  29. Lisna Anis Hanafia
  30. Mimin Nur Cahyani
  31. Tyas Dwi Ambarwati

KEGIATAN DONOR DARAH TAHUN 2017

image013 

Donor darah adalah kegiatan atau peroses pengambilan darah dalam volumetertentu dari seorang donor, yang nantinya digunakan untuk transfusi darah bagi merekayang membutuhkan. Sudah tentu, untuk menjadi pendonor, seseorang antara lain harus berbadan sehat,bukan pecandu alkohol, obat-obatan terlarang atau mempunyai riwayat penyakitberbahaya.Seleksi awal, dimulai dengan pencatatn tentang riwayat kesehatan donor, yang kemudian dilanjutkan pemeriksaan tekanan darah dan pengukuran kadar hemogoblin. Pemeriksaan hemogoblin ini bertujuan untuk memeriksa kadar besi dalam tubuh. Dengan pemeriksaan kadar besi yang normal, diharapkan bisa mengantisipasi penurunan kadar besi setelah pengambilan darah. Zat besi adalah salah satu jenis mikro nutrien yang sangat diperlukan oleh tubuh. Di dalam makanan, zat besi terbagi menjadi dua yakni heme yang terdapat pada daging hewan dan nonheme yang terdapat pada tumbuhan. Selain diperlukan untuk membawa oksigen keseluruh tubuh, besi juga membantu menjamin sistem imun yang sehat. Sel untuk melawan infeksi dan mempertahankan tubuh melawan organisme asing, tergantung cadang besi yang cukup.

Sebelum melakukan donor darah kita harus memenuhi syarat agar tidak membahayakan pendonor maupun yang menerima darah tersebut, syarat-syarat untuk dapat mendonorkan darah diantaranya :

  1. Sebelum menyumbangkan darah, calon pendonor hendaknya diperiksa dahulu oleh dokter atau seseorang yang diberi wewenang dibawah tanggung jawab dokter.
  2. Berumur lebih dari 17 tahun (atas pertimbangan dokter pendonor yang berumur lebih dari 60 tahun dapat menyumbangkan darahnya).
  3. Berat badan minimal 45 kg.
  4. Kadar hemoglobin darah calon pendonor sekurang-kurangnya 12,5 gram/desiliter (g/dl).
  5. Tekanan darah normal berkisar antara sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg.
  6. Denyut nadi berkisar antara 60 – 100 kali per menit, teratur, tanpa denyut patologis (nadi yang menunjukkan adanya seuatu penyakit dalam tubuh kita).
  7. Jarak penyumbangan darah minimal sepuluh minggu dengan penyumbangan maksimal 5 kali dalam setahun.
  8. Bagi wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui bisa menyumbangkan darahnya enam bulan setelah melahirkan atau tiga bulan setelah berhenti meyusui.
  9. Wanita yang sedang menstruasi dapat menyumbangkan darahnya bila kadar Hemoglobinnya memenuhi syarat, biasanya sesudah hari ketiga menstruasi, di mana menstruasinya sudah tidak terlalu banyak.

image011

Hal yang penting sebelum dan sesudah donor darah :

  1. Sebelum mendonorkan darah minumlah banyak cairan dan makan-makanan yang rendah lemak dan banyak mengandung tinggi zar besi.
  2. Segera setelah donor, makanan karbohidrat sederhana untuk membantu meningkatkan kadar gula dalam darah dan memberi energi .
  3. Minum ekstra cairan untuk 24 jam berikutnya setelah donor.
  4. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin C
  5. Menghindari makanan yang dapat menggangu absorbsi zat besi selamabeberapa hari setelah donor, seperti teh, soda atau kopi.

PMR Wira SMAN 1 Geger angkatan 22 mengadakan donor mempunyai tujuan diantaranya :

  1. Menyalurkan bentuk kepedulian antar sesama masyarakat.
  2. Merealisasikan Program Kerja PMR Wira Angkatan XXI.
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan dalam melaksanakan langkah-langkah donor darah serta menjadikannya pedoman untuk pelaksanaan selanjutnya.
  4. Mempererat persaudaraan dan memperkuat persatuan antara anggota PMR.
  5. Menumbuhkan rasa kemanusiaan antara anggota PMR.
  6. Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam melaksanakan kegiatan PP,SAR,PK,TMS dan DU.

image015

Pelaksanaan kegiatan Donor Darah oleh PMR Wira SMAN 1 Geger dilaksanakan pada :

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 11 November 2017

Pukul               : 08.00 WIB – 13.45 WIB

Tempat            : Aula SMA Negeri 1 Geger

PMR Wira SMA Negeri 1 Geger mengambil tema ‘’Darahku, Darahmu, Darah Kita Semua’’ untuk melaksanakan kegiatan Donor Darah ini

 

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini disambut baik dan di ikuti oleh sukarelawan dari beberapa guru dan karyawan SMA Negeri 1 Geger dan sukarelawan dari siswa dan siswi SMAN Negeri 1 Geger yang telah cukup umur dan memenuhi syarat. Walaupun ada beberapa peserta yang tidak dapat mengikuti kegiatan ini mereka tetap menyambut baik acara yang diselenggarakan ini.

PMR Wira SMA Negeri 1 Geger mengundang PMI untuk mendampingi kegiatan  Donor Darah jadi kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman tanda kendala apapun.

KEGIATAN HUT PMR WIRA SMAN 1 GEGER TAHUN 2018

 

IMG-20180425-WA0013

image003

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah kegiatan remaja di  sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahan melalui program ekstrakulikuler.

PMR Wira di SMAN 1 GEGER di di dirikan pada tanggal 14 Januari 1994. Setiap tahun melakukan perayaan hari ulang tahun dengan cara yang berbeda – beda setiap angkatan. Biasanya dengan tradisi potong tumpeng dan beberapa game seru lainnya. Acara HUT biasanya di hadiri oleh seluruh anggota PMR dan pembina. Pada tanggal 26 Januari 2018 angkatan 22 menyelenggarakan perayaan HUT  ke 22.

Kegiatan Rutin

KEGIATAN LATIHAN RUTIN EKSTRA PMR TAHUN AJARAN 2017/2018

image007

Latihan rutin dilakukan setiap hari Jum’at pukul 15.30. Dalam latihan rutin seluruh anggota mendapatkan materi mulai dari teori hingga praktik. Latihan praktik biasanya dilakukan di luar ruangan karena membutuhkan banyak ruang. Misalkan berlatih bagaimana cara mengangkat tandu yang benar, memberikan pertolongan pertama (PP) dengan benar menggunakan mitela. Berlatih menggunakan bidai untuk mengatasi patah tulang. Selain itu seluruh anggota PMR juga mendapat banyak  pengetahuan tentang kepalang merahan. Seperti pengetahuan bagaimana cara menolong korban bencana alam, kecelakaan dan masih banyak lagi. Latihan rutin biasanya dilaksanakan sekitar satu setengah jam.