Semua artikel oleh admin

Pecinta Alam SMA Negeri 1 Geger

FUNCAMP


  • FUN CAMP #3  PPA EKS MADIUN

Tanggal 10-11 November 2018

Fun Camp adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Paguyuban Pecinta Alam Se-Eks Karisidenan Madiun. Funcamp kali ini dilaksanakan di Gligi Forest Park, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun di dekat pendakian Tapak Bimo Mendak.  Dari nama kegiatan ini , Fun Camp merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan . Disini kita dapat bertukar ilmu mengenai alam bebas. Juga kita dapat memeperoleh pengalaman selama di kepengurusan PPA . Selain bersenang senang kita juga melakukan Bakti Sosial disekitar tempat kita melakukan kegiatan ini.

Mendapatkan teman yang banyak sangatlah mudah di kegiatan ini , kita berbaur menjadi satu tanpa memperhatikan kita itu dari mana. Bahkan banyak yang menceritakan pengalaman-pengalaman mereka  di organisasi pala masing-masing.  Juga dalam kegiatan ini kta melakukan hiking bersama , disini kita dapat menambah pengalaman baru terhadap medan-medan di alam bebas.

Kegiatan ini biasanya dilakukan di akhir tahun dihari sabtu minggu.  Dihadiri oleh seluruh organisasi pecinta alam tingkat SMA hingga Perguruan tingi di daerah Madiun dan sekitarnya, sehingga kita  bisa belajar dari pengalaman-pengalaman mereka.

IMG-20190214-WA0006

REPLING

Ada yang tau gak sih apa itu repling? Kalau gak tau kalian bisa ikut ekstra Pala dimana kalian bakal tau apa itu refling dan kalian juga bakal praktek langsung Wkwkwk. Jadi repling itu adalah Repling (rappeling) dan Prusiking adalah dua kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh penggiat alam seperti pramuka atau pencita alam, apalagi panjat tebing. Kalau di ekstra pala ini repling adalah salah satu materi yang akan dibahas di semester 2.

Oh iya repling itu asik dan bikin nagih walaupun awalnya mungkin bikin merinding dan ketakutan ya :v tapi kegiatan repling itu sendiri dapat membuat kita lebih berani dan menantang rasa takut. Kegiatan ini tidak harus dilakukan oleh anak pecinta alam saja ya guys, tapi semua berhak mencoba agar kita bisa menjadi anak yang tangguh dan berani.

Oh iya bagi kalian yang masih ragu soal kuat enggaknya repling ini,tenang kita udah banyak pengalaman dan belajar dari senior dan dari para pelatih repling ya guys jadi gak usah ragu :v.

Kalian kepo dengan kegiatan-kegiatan di ekstra pala,yuk kepoin semua blog pala baca deskripsinya dan ikut ke ekstra pala,dijamin gak nyesel tapi malah banyak temen dan pengalaman. 😊

 

Pendakian dan Pelantikan

IMG-20180823-WA0006

Pendakian yang disertai pelantikan ini merupakan kegiatan terakhir dalam program kerja PPA GEPALASSA PAREANOM Angkatan XXVII. Disana, ketika sudah mencapai puncak dilakukan pelantikan calon pengurus baru PPA GEPALASSA PAREANOM. Pendakian yang rutin dilaksanakan setiap setahun sekali ini dilaksanakan di Gunung Lawu. Karena Pendakian Gunung Lawu merupakan program wajib setiap tahun. Gunung lawu sendiri memiliki ketinggian 3265 M dpl. Terdapat 5 pos di Gunung Lawu yang biasa digunakan untuk tempat istirahat dan camp untuk para pendaki Lawu.
Pendakian ini diikuti oleh anggota PPA GEPALASSA PAREANOM Angkatan XXVII dan angkatan XXVIII serta beberapa rekan lain. Dalam kegiatan pendakian, setiap pendaki harus memiliki rasa kebersamaan karena dengan kebersamaan, kita semua akan menuju puncak dengan rasa lega dan bahagia. Banyak orang mengatakan bahwa “Kita akan mengetahui sifat asli teman kita ketika mendaki”, hal itu memang benar, mengingat bahwa mendaki membutuhkan kesabaran serta kekuatan agar bisa mencapai puncak bersama-sama.
Setiap pendaki haruslah memiliki ilmu dasar yang harus dipahami supaya bisa mengatasi keadaan darurat ketika di penjalanan. Dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler PPA GEPALASSA PAREANOM, anggota baru diajarkan bagaimana teknik hidup di alam bebas, survival ketika kehabisan makanan, serta pertolongan pertama pada kecelakaan (seperti hipotermia, pingsan, shock, dsb) dan materi materi lainnya.

LINDRI LAND ROCK

LINDRI LAND ROCK XXVIII

Tanggal 25 Februari 2018

LINDRI

Lindri Land Rock merupakan even Lomba Lintas Alam tingkat Nasional yang diikuti ribuan orang dari penjuru negeri yang memiliki kekuatan fisik dan mentakl berbeda beda. Even ini merupakan even yang paling ditunggu disamping pendakian sebab pada even ini kita dapat memperoleh pengalaman dan mendapat teman dari penjuru negeri.

Even ini diikuti kurang lebih 2000 orang yang datang dari beberapa daerah . Tahun ini Lindri Land Rock diselenggarakan di Tulungagung . Kita bahkan pernah memperoleh beberapa prestasi dalam 4 tahun kebelakang.

Ajang menunjukan kemampuan diri bertahan di alam bebas dari start jam 12 malam hingga finish kurang lebih jam 9 pagi. Jarak yang ditempuh tidak sembarangan yaitu sekitar 20 km dengan berbagai medan yang menguji setiap fisik peserta. Dengan bertahan di kedinginan dan berusaha memperkuat diri dengan terus berjalan menyusuri sungai dan bukit. Medan yang berat juga menciptakan sebuah tantangan dalam lomba lintas alam tingkat nasional ini apalagi saat musim hujan seperti ini , tanah yang becek mempersulit jalan menuju setiap pos.

 

FUN CAMP

  • FUN CAMP #2 PPA EKS MADIUN

Tanggal 21-22 Oktober 2017

           Fun Camp adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Paguyuban Pecinta Alam Se-Eks Karisidenan Madiun. Dilihat dari nama kegiatan ini , Fun Camp merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan . Disini kita dapat bertukar ilmu mengenai alam bebas. Juga kita dapat memeperoleh pengalaman selama di kepengurusan PPA . Selain bersenang senang kita juga melakukan Bakti Sosial disekitar tempat kita melakukan kegiatan ini.  Lanjutkan membaca FUN CAMP

MUSANG

  • MUSANG (MUSYAWARAH ANGGOTA)

Tanggal 15 Oktober 2017

           Musang atau musyawarah anggota adalah kegiatan PPA Gepalassa Pareanom yang rutin dilakukan setiap tahunnya . Kegiatan ini bertujuan untuk membahas program kerja serta apa saja yang ada dalam PPA Gepalassa Pareanom.

         Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan sesama pecinta alam terutama dari angkatan pertama hingga angkatan saat ini 28.Kegiatan ini dihadiri oleh pembina, alumni, dewan anggota, anggota , dan calon anggota. Kegiatan ini dilakukan pada hari minggu

Picture1

Susunan Kepengurusan

SUSUNAN KEPENGURUSAN PPA GEPALASSA PAREANOM

SMA NEGERI 1 GEGER 

Pelindung                            : Drs. Makmun Fatoni, M.Pd

Penasehat                           : Drs. Subiyanto

Koordinator Pembina  : Ardian Syaifudin, S.Pd

Pembina                               : Tommy Ardianto, S.Pd

Ketua Umum                     : Ramadhani Dhuharifa’i

Wakil Ketua                       : Fatin A’laa

Sekretaris                            : Diaz Azwad

Bendahara                           : Aldo Azharun

Koordinator Lapangan : Lufti Dhany Pradana

Koordinator Seksi           : Cheilla Sugata Meidiana Lanjutkan membaca Susunan Kepengurusan

Apa sih Pecinta Alam itu ?

PALA(PECINTA ALAM)


Pencinta alam berasal dari kata :

PEN yang artinya orang
CINTA yang artinya mencintai.
ALAM yang artinya alam semesta

Pencinta Alam artinya sangat luas sekali, mencintai hutan, gunung laut, bumi, bulan, matahari dan Sebagainya. Termasuk juga mencintai manusia, mencintai diri sendiri, bahkan mencintai Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya. Dalam masalah Pencinta Alam yang kita bicarakan ini yaitu Pencinta Alam yang berkaitan dengan kegiatan alam bebas (outdoor). Lanjutkan membaca Apa sih Pecinta Alam itu ?