MAULID NABI TAHUN 2017

MAULID NABI TAHUN 2017

Assalamu’aikum Wr. Wb

Hai sahabat Smager’s, apa kabar kalian? Semoga kalian diberi kesehatan, keselamatan, dan keberkahan. Aamiin…

Pengen tau kan gimana penjelasan dari kegiatan Maulid Nabi ini, yuk simak ya guys…

Hmm.. masih ingat kan tentang Hari Besar Islam yaitu Maulid Nabi yang kita rayakan di SMA N 1 GEGER ? Ternyata teman – teman kata Maulid atau milad dalam bahasa arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Maulid Nabi diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awwal.

Selain sebagai ekspresi rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW, memperingati Maulid Nabi juga mengukuhkan komitmen loyalitas pada beliau.

Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Ibril (wilayah irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al – Kaubari, Pada awal abad ke 7 Hijriyah.

Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan – perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat Nabi, Syair Berzanji, pengajian, dan Lomba keagamaan seperti yang dilakukan di sekolah kita SMA N 1 GEGER.

Teman – teman masih ingat kan apa saja lomba di SMA N 1 GEGER kemarin ?

Yaps… diantaranya yaitu

  1. Lomba Kaligrafi
  2. Lomba Adzan
  3. Lomba Bilal
  4. Lomba Ceramah
  5. Lomba SBQ

Hikmah dari memperingati Maulid Nabi diantaranya, mendorong kita untuk membaca shalawat, dan membaca shalawat itu diperintahkan oleh Allah SWT, kemudian meneguhkan kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW, dan meneladani perilaku dan perbuatan mulia Rasulullah SAW.

Subahanallah banyak ya manfaatnya.. jadi saat teman – teman semua memperingati Maulid Nabi juga akan mendapatkan pahala lho….

Jadi untuk teman – temanku semua janganlah kalian lupa untuk memperingati hari Maulid Nabi dan meneladani perilaku mulia Rasulullah SAW.

Itulah cuplikan dari kegiatan rangka memperingati Maulid Nabi.

Sekian dulu teman – teman

Wassalamualikum Wr. Wb

ADZAN LOMBA ADZAN

KALIGRAFILOMABA KALIGRAFI

PIDATOLOMBA PIDATO AGAMA