PERAWATAN HUTAN PENDIDIKAN SENDANG LAWE TAHUN 2019

IMG-20190214-WA0041

Hai guys! Kembali lagi dengan Altara nih, apa yang sedang kalian lakukan, saat membaca artikel ini,guys? Yang pasti kalian sedang bernafas kan, kalian bernafas memerlukan oksigen, oksigen berasal dari hasil fotosintesis makhluk Tuhan yang bernama tumbuhan. Kalau tidak ada tumbuhan, tidak akan ada oksigen, tidak adanya oksigen membuat kita tidak bisa bernafas, jika kita tidak bisa bernafas, kita tidak akan bisa membaca artikel ini. Rantai kehidupan yang akan selalu berhubungan. Benar-benar miris kawan, ditengah sinar matahari yang akan selalu berusaha menembus atmosfer, kita justru mempersilahkannya mengikis atmosfer kita itu dengan pemanasan global dan efek rumah kaca. Pohon-pohon yang memberikan perlindungan kepada kita di bawah daun mereka dan menguatkan pijakan kaki kita dengan akarnya yang kokoh, juga kita tebang sia-sia. Maka dari itu, kita harus memulai memulihkan semua kerusakan ini, dengan tindakan sederhana, namun mampu memberikan efek positif yang besar untuk masa depan. Nah, seperti yang kita tahu, SMAN 1 Geger adalah sekolah adiwiyata nasional yang mampu memberikan langkah awal yang positif itu. Perawatan hutan sendang lawe salah satunya.

PENANAMAN POHON
PENANAMAN POHON

Minggu kemarin, Osis SMAN 1 Geger mengadakan kegiatan tersebut. Dimulai dari pemberangkatan dari sekolah, setiap 2 perwakilan kelas, dan ekstra bertugas membersihkan dan menanam bibit pohon. Seluruh peserta di bagi menjadi 11 kelompok untuk menanam pohon di wilayah yang berbeda. Diawasi oleh para petugas perhutani, seluruh peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan ini, pemandangan hijaunya pohon dan udara pagi yang terasa sejuk menerpa kulit, membuat seluruh rasa lelah itu hilang seketika. Setelah puas menanam pohon, para peserta beristirahat sambil mendengarkan prakata dari kepala sekolah dan juga kader PLH yang disampaikan oleh Putra-Putri Smager.
Bagaimana? Mencintai lingkungan alam sekitar, menyenangkan bukan? Pendidikan karakter tentang bagaimana cara kita untuk mencintai lingkungan sangatlah penting, kawan. Disisi kita menggunakan apa yang telah orang dulu tanam, kita juga menanam untuk digunakan generasi yang akan datang. Sehingga, hijaunya dunia akan selalu terlihat, hingga nanti, disaat nafas kita berhenti menghirup.
~Sampai jumpa di artikel selanjutnya!