SUMPS (SIDANG UMUM MAJELIS PERMUSYAWARATAN SISWA)

Selain dari program kerja yang telah disebutkan sebelumnya, MPK juga mempunyai event besar lho, teman-teman..

Event ini dilaksanakan setiap selesai satu tahun pelajaran. Nah, nama eventnya adalah SU-MPS. Mungkin sebelum dijelaskan, sudahkah ada yang tau apa itu SU-MPS ?

Baiklah.. SU-MPS merupakan  kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh MPK untuk mengevaluasi serangkaian kegiatan Pengurus OSIS selama 1 tahun terakhir dan merancang kegiatan kedepannya. Jadi begini teman-teman, di setiap akhir tahun pelajaran, MPK itu mengadakan sebuah event yang mana bertujuan untuk menyampaikan semua aspirasi dari teman-teman sekelas kita serta mengevaluasi serangkaian kegiatan Pengurus OSIS selama 1 tahun terakhir. Dan.. perlu diketahui, SU-MPS itu adalah event terbesarnya MPK. Wohoo,. Karena mengapa?

Sebentar, sebelum lanjut ke alasan mengapa SU-MPS merupakan event terbesar.. mungkin masih ada yang bingung, SU-MPS itu sebenarnya singkatan nama atau apa gitu, ya? Jadi SU-MPS itu merupakan singkatan dari Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Siswa. Sidang tersebut terdiri dari 3 jenis sidang lho, yakni ada sidang umum, sidang komisi, dan sidang pleno. Didalam benak kalian, pasti timbul pertanyaan

“Apa coba bedanya dari ketiga jenis sidang itu?”

Oke, yang pertama adalah sidang umum. Sidang umum itu merupakan forum pengambilan keputusan sidang umum MPS dan pembentukan komisi. Selanjutnya, ada sidang komisi. Di sidang komisi, akan membahas materi sidang yang bersifat khusus. Khusus yang bagaimanakah? Khusus di sini artinya di dalam sidang komisi terdapat 4 komisi, yaitu :

Komisi A, membahas tentang program kerja pengurus OSIS yang telah terlaksana. Jadi, di dalam komisi A kita dapat menyampaikan aspirasi teman sekelas kita yang berkaitan dengan program kerja pengurus OSIS yang telah terlaksana. Berikutnya, komisi B di sana membahas tentang penyampaian saran untuk program kerja pengurus OSIS yang akan datang, dengan disampaikannya saran dari teman-teman dapat menjadi acuan bagi program kerja pengurus OSIS.  Untuk komisi C, membahas tentang penyampaian aspirasi siswa yang berkaitan dengan sarana dan pra-sarana sekolah. Maka, dengan adanya pembahasan mengenai sarana dan pra-sarana kita bisa mempercepat pengajuan demi perealisasian yang cepat. Sebab, sarana dan pra-sarana merupakan faktor penunjang yang penting bagi kegiatan belajar mengajar.  Dan tentunya akan mempengaruhi proses belajar siswa. Yang terakhir adalah komisi D, di komisi D akan dibahas AD-ART.

Apa itu AD-ART? Yaitu merupakan singkatan dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Di mana di dalam AD-ART tertera dasar,azas, tugas dan wewenang MPO, MPK, dan pengurus OSIS.

Oh iya teman-teman, coba deh scroll up. Ada satu pertanyaan yang masih ditampung. Apa hayo? Iya deh iya, tadi di atas terdapat pertanyaan mengapa SU-MPS merupakan sebuah event terbesar. Karena, di dalamnya terdapat banyak serangkaian kegiatan dari SU-MPS salah satu nya yang paling di tunggu – tunggu pemilihan ketua OSIS dimana seluruh warga sekolah memiliki wewenang dalam pemilihan tersebut.