PEMILOS (Pemilihan Ketua OSIS)

Haloooo, teman-teman!! Bertemu lagi dengan MPK! Tahu nggak sih, apa itu MPK? Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu, apa sih itu MPK? Karena itu, disinilah kami akan memperkenalkan diri. Tahu kan, pepatah yang mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang? Jadi, MPK adalah singkatan dari Majelis Permusyawaratan Kelas.

Nah, dipertemuan yang kelima ini, MPK akan memperkenalkan salah satu tugas atau event dari beberapa tugas lainnya. Salah satunya adalah pemilos. Biasanya kita mengenalnya dengan kata yang lebih umum yaitu pemilos. Jadi pemilos ini adalah ajang pemilihan Ketua Osis yang telah ditentukan calonnya melalui SU-MPS atau Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Siswa. SU-MPS sendiri dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk membahas dan mengevaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pengurus OSIS.

Pemilihan Ketua Osis adalah salah satu sebagian dari kegiatan yang ada di dalam agenda SU-MPS. Nah, kegiatan ini yang paling ditunggu-tunggu loh, karena seluruh warga sekolah ingin mengetahui siapa calon yang akan meneruskan dan memimpin mereka dalam membantu, melaksanakan, mengeksiskan, memeriahkan SMA Negeri 1 Geger tercinta. Pemilihan Calon Ketua Osis ini diambil dari anggota OSIS rekrutmen pertama untuk maju ke depan dan memperkenalkan diri masing-masing. Setelah itu, pengurus MPK, OSIS, dan ekstra berhak menggunakan hak pilih mereka untuk memilih satu saja sebagai kandidat calon Ketua Osis.

            Barulah, perhitungan suara dimulai! Tiga suara terbanyak akan maju dalam pemilihan berikutnya yang akan disaksikan oleh semua warga sekolah setelah upacara hari Senin untuk memberikan orasi. Wuhuuyy, wahh, nggak kebayang tuh, betapa mendebarkannya hati mereka. Tapi itulah konsekuensi yang harus dihadapi karena sebagai calon ketua mereka harus memiliki jiwa pemberani.

Setelah orasi selesai, MPK sebagai panitia memberikan arahan dalam tata cara mencoblos yang benar. Dalam melaksanakan pemilos, semua warga sekolah harus menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Pemungutan suara dilakukan langsung secara bergiliran sesuai kelasnya oleh pengarahan dari pengurus MPK yang telah membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jika seluruh siswa sudah mengisi kotak suara, perhitungan suara Calon Ketua Osis dimulai!. Saat-saat perhitungan suara ini disaksikan oleh seluruh warga sekolah. Setelah mendapatkan satu suara terbanyak, agenda berikutnya yaitu siraman serah terima jabatan untuk periode berikutnya. Momen ini dihadiri oleh wakil kepala sekolah yang juga ikut menyiram Ketua OSIS yang baru lohhh. Setelah itu Calon Ketua OSIS ini sudah resmi menjadi Ketua Osis pada masa periode berikutnya. Yeayyy, selamat!!!