KTS (Kegiatan Tengah Semester) Tahun 2018

IMG-20181023-WA0033
Bagaimana perasaan kalian ketika kertas hasil penilaian dibagikan? Senang karena telah melepaskan sebagian tugas belajar kita? Atau justru sedih karena melihat nilai-nilai yang begitu buruknya, sehingga kita enggan untuk melihat kertas tersebut? Terlepas dari kata senang atau sedih, hasil penilaian tengah semester tersebut merupakan loncatan dan cermin bagi kita. Gimana sih kemampuan kita, akankan dengan nilai ini kita bisa lebih baik atau justru lebih buruk.
Pada tanggal 3 Oktober kemarin, SMAN 1 Geger mengadakan Kegiatan Tengah Semester,nah loh apaan tuh? Tidak seperti yang kalian bayangkan, kegiatan yang langsung dibawah naungan bapak ibu guru ini, merupakan kegiatan tengah tahun dimana para siswa akan melaksanakan kegiatan kegiatan yang seru, nggak lagi deh berkutat dengan soal dan lembar jawaban. Kegiatan ini semata-mata bertujuan untuk membentuk karakter dan mengasah kemampuan siswa di bidang non-akademik.
Dimulai pada hari Rabu, 3 Oktober, KTS ini dibuka dengan apel pembukaan, dilanjutkan dengan lomba perdana yakni Debat, Bal Senik, dan Bultong. ‘’Debat’’ siapa sih yang tidak tahu debat, debat bukan hanya soal siapa yang paling ngeyel, tetapi juga soal siapa yang lebih pandai dan berpengetahuan, aksi saling lempar melempar pertanyaan ini, tentu saja jauh dari kata membosankan, para siswa kekeuh dengan pendapat dan argument-argumen mereka.
Di waktu yang bersamaan, tidak kalah serunya lomba bal senik dan bultong juga diadakan, Bal Senik adalah permainan lempar melempar bola yang diharuskan masuk ke keranjang kawan, teriakan para penonton terdengar riuh saat lomba ini berlangsung, Bulu Tangkis Enthong disingkat bultong juga tidak kalah seru, mungkin permainan ini sedikit rumit, karena raket yang biasa untuk memukul kok harus diganti dengan enthong, tak ayal para guru memang sangat kreatif untuk memberi ide lomba ini.
Pada hari kedua KTS, giliran lomba-lomba bertemakan sastra nih, ada puisi outdoor, dimana para peserta unjuk kebolehan mereka dengan menunjukkan keterampilan berekspresi. Selain itu ada juga lomba cerpen, dimana para siswa berlomba-lomba menulis sajak-sajak indah,menunjukkan bakat menulis mereka.
Dan yang terakhir ada lomba, Panembromo, hmm…untuk para generasi milenial seperti sekarang ini, mungkin bertanya ‘’apaan tuh?’’. Jadi lomba Panembromo ini adalah lomba dimana para siswa harus menunjukkan kemampuan nembang mereka, lomba ini diikuti paling sedikit 5 orang, ada yang bernyanyi dan bermain gamelan, lomba ini juga dilengkapi dengan campursari, ngomong-ngomong lomba ini merupakan lomba-lomba yang paling ditunggu juga lo, para peserta nampak anggun dan mempesona dengan pakaian adat jawa.
Demikianlah, serangkaian lomba KTS yang dilaksanakan sekolah kita, seru dan menyenangkan bukan, tidak hanya menghibur, tapi lomba KTS juga mengajarkan kerja sama yang pastinya sangat bermanfaat.
IMG-20181023-WA0033

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *