Prestasi Anggota MPK

Halo teman-teman, kembali lagi sama kami MPK SMA Negeri 1 Geger Masa Bhakti 2018/2019. Siapa bilang ikut organisasi itu nggak bisa berprestasi? Siapa juga yang bilang kalau ikut organsasi itu menghambat kita dalam belajar? Buktinya ada nihh beberapa anggota MPK yang udah menunjukkan prestasinya baik di bidang akademik maupun non akademik.

  1. Perkenalkan ini ketua MPK kami. Nama lengkapnya Ahmad Yusuf Ardiansyah, biasa dipanggil Yusuf atau Suf.1

Tahu kan kalau tugas ketua itu berat? Tapi, nyatanya dia bisa meraih prestasi lohh. Nggak tanggung – tanggung pula prestasinya, dia jago di bidang akademik sekaligus non akademik. Kalau akademiknya itu,Yusuf terampil dalam bidang sains, lebih tepatnya dalam mata pelajaran kimia. Dia berhasil meraih juara harapan 3 dalam acara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten mata pelajaran kimia.Wahh bisa bayangin kan betapa sulit soalnya. Trus kalau non akademiknya itu dalam bidang sastra, yaitu berpidato bahasa Indonesia. Dalam waktu dekat kemarin, dia memenangkan juara 2 lomba MTQ yang diselenggarakan oleh Kemenag Kab. Madiun. Pokoknya keren dehh. Udah segitu dulu aja ya cerita tentang ketua kita, kita pindah orang dulu yukk.

 

  1. . Bukan hanya ketuanya aja loh yang berprestasi, Wakil Ketua II MPK ini pun juga berprestasi nih, namanya Dwi Hamzah Mochammad Irfan. Mas yang satu ini pernah menyabet sebagai Juara Harapan 2 OSN bidang TIK lohh.. Wahhh betapa hackernya dia yaa… xixixi…
  1. Yuk yang ketiga ini namanya Naufal Hanan yang kerap disapa Nopal, Pal, ataupun Fal. Kakak yang satu ini juga gak kalah tinggi loh. Selain memiliki hobi dalam bermain voli, dia juga merupakan salah satu anggota paskibra Provinsi Jawa Timur.

1

1

Wahh, bisa bayangin kan betapa hebatnya Naufal itu, bayangkan juga gimana perjuangannya Naufal sewaktu melewati tahapan demi tahapan untuk dapat menjadi anggota paskibra tingkat Provinsi JawaTimur. Selain anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur, Naufal juga pernah meraih peghargaan sebagai Wakil 1 Kangmas Nimas Kabupaten Madiun Tahun 2017. Wahhh hebat kann, masih banyak lagi loh prestasi Naufal lainnya. Pasti semua orang bangga atas prestasi yang bisa dicapainya.

 

  1. Lanjutttt yukkkk.. Adaa.. Deo Bagas Mahendra atau biasa dipanggil Deo dan O (dibacayo). Kakak yang satu ini tinggi banget, dari tingginya aja kita udah bisa nebak kalau dia itu anggota paskib Kabupaten Madiun tahun 2018. Lihat aja deh postur tubuhnya yang proporsional, hal ini juga tidak terlepas dari hobinya dalam bermain basket dan juga voli.

1

Deo itu yang berdiri deket kepala sekolah kita.

 

  1. Kali ini merupakan salah satu Srikandi MPK yang Jawara Pidato. Dia bernama Ghariza Azzahra Baidlowi yang biasa dipanggil Ghariza ataupun Za.

1

Suaranya yang lantang mendukungnya dalam berpidato. Kakak  yang satu ini pernah meraih Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Se-Kab. Madiun yang diselenggarakan oleh Kemenag Kab. Madiun. Selain itu, ia juga meraih Juara Harapan 2 lohh Lomba Pidato Bahasa Indonesia juga yang diselenggarakan oleh STKIP PGRI Ponorogo kemarin loh.

 

  1. Ini juga Srikandinya MPK yang jago dalam bidang tarik suara. Namanya Baldah Amiroh Stella yang  kerap dipanggil dengan nama Ami. Dia jago banget kalau untuk urusan menyanyi. Buktinya saja dia pernah memenangkan Juara 2 tingkat Kab.Madiun dalam acara FLS2N. Ada yang mau belajar nyanyi sama kakak ini?hehehe

Eittsss jangan salah kalau prestasi MPK hanya itu aja, tapi anggota lain juga punya prestasinya masing-masing loh. Udah dulu yak artikel kali ini sampai jumpa di lain hari bye.

SELOGAN

Apa kabar mantemann? Jumpa lagi dengan kami pengurus MPK masa bakti 2018/2019. Kami mau kasih tau nih sama temen temen semua, bahwa sekolah kami SMAN 1 Geger adalah sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional. Maka dari itu banyak sekali tanaman yang ada di lingkungan sekolah kami. Berkaitan dengan gelar tersebut kami MPK masa bakti 2018/2019 ingin membangkitkan rasa cinta kalian terhadap lingkungan sekitar terutama kepada tanaman yang ada di lingkungan SMAN 1 Geger. Kami berinisiatif untuk membuat slogan yang ditancapkan di tanaman, tapi kita nggak sembarang nancepin kok, kita akan membuat tanaman tersebut lebih indah dengan adanya slogan. Kalian tau kan slogan itu apa? Slogan yaitu perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu.

Penamaan Tanaman

1

Hai guys …

Selamat datang kembali di artikel MPK. Kali ini MPK SMAN  1 Geger akan membahas salah satu kegiatan baru kami yang berkaitan dengan gelar Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional yang disandang oleh SMAN 1 geger. Nah…  Adiwiyata sendiri adalah salah satu program kementrian lingkungan hidup dalam upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk ikut melestarikan lingkungan hidup. SMAN 1 Geger sendiri mendapat gelar adiwiyata sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Selain untuk penghijauan lingkungan, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Sebagai contohnya, tumbuhan dapat menunjang pembelajaran mata pelajaran biologi sebagai penelitian. Namun, pernah gak sih kalian melihat jenis tanaman yang gak asing tapi kalian gak tau nama dari tanaman itu? Nah berkaitan dengan jawaban dari pertanyaan tersebut, MPK Masa Bakti 2018/2019 berinisiatif membantu teman-teman sekalian untuk mengetahui nama-nama jenis tanaman disekitar kita nih.

Ya, memang benar adanya kalau beberapa tanaman yang ada di lingkungan sekolah SMAN 1 Geger ini telah dipasangi papan nama baik nama lokal maupun nama latin. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka sudah tidak dapat dibaca lagi karena telah lapuk ditelan usia kawan. Oleh karena itu, kami juga berniat untuk memperbarui papan nama tersebut agar dapat diidentifikasi oleh teman-teman sekalian. Eitss… kami juga akan memberikan papan nama baru bagi tanaman – tanaman lainnya yang belum memiliki identitas loh… Dengan begini teman-teman dapat menambah pengetahuan mengenai jenis-jenis tanaman yang ada disekitar kita.

 

Sekian artikel mengenai kegiatan kami, stay tune untuk kegiatan-kegiatan kami selanjutnya ya! Jangan lupa untuk mengikuti setiap kegiatan dan follow kami di instagram @mpk_sma1geger

See ya :)

 

Gerakan Pengembangan Lingkungan dan Penanaman Tumbuhan

1

Haii teman teman kembali lagi dengan artikel baru kita, kali ini MPK SMAN 1 GEGER masa bakti 2018/2019 mempunyai kegiatan baru loh yaitu Gerakan pengembangan lingkungan dan penanaman tumbuhan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung  SMA NEGERI 1 GEGER sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional. Dengan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di area SMAN  1 geger,   MPK  bertujuan untuk mengembangkan dan mendukung SMA NEGERI 1 GEGER yang telah mendapatkan gelar Adiwiyata Mandiri Nasional selama kurang lebih 12 tahun.

Lalu seberapa pentingkah sekolah berwawasan lingkungan itu? Tentu jawabannya pasti sangat penting. Mengapa? Karena sekolah berwawasan lingkungan seperti SMAN 1 geger memiliki manfaat yang signifikan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, sekolah yang berwawasan lingkungan membuat belajar mengajar lebih nyaman. Selain itu siswa siswi juga sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Melalui kegiatan yang diadakan oleh MPK, siswa siswi dapat mengembangkan kebiasaan untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekolah karena lingkungan merupakan hal yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

Dengan adanya program adiwiyata  ini, diharapkan bagi seluruh warga sekolah  dan masyarakat sekitar dapat menyadari bahwa lingungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat dan kegiatan ini bisa menjadi landasan kegiatan-kegiatan penanaman dan perawatan lingkungan selanjutnya. Jika tidak mulai dari sekarang,  kapan lagi? Jika bukan kita, siapa lagi? Do the best for the future with green school.  Ciptakan lingkungan bersih dari diri untuk SMAN 1 GEGER.

 

Konservasi Hutan dan Penanaman 1000 Bibit Pohon Bersama Bupati Kabupaten Madiun

1Hai guys! Kembali lagi dengan MPK SMAN 1 geger nih. Kali ini kami akan membahas seperti yang telah kami tulis pada judul di atas, yaitu mengenai konservasi hutan dan penanaman 1000 bibit pohon. Nah pertama-tama, kalian tau nggak apa itu konservasi?🤔 Mau tau nggak? Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tau kan! Jadi gini, konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; dan pelestarian.

Dari penjelasan di atas sudah jelaskan kegiatan apa yang telah kami lakukan. Yaa …semacam reboisasi gitu dehh..😂

Oke langsung aja yaa…jadi gini kami pihak MPK telah dipercaya sekolah untuk mewakili SMA Negeri 1 Geger dalam acara konservasi hutan dan penanaman 1000  bibit pohon yang diselenggarakan oleh Bapak Bupati Kabupaten Madiun. Acara tersebut dilaksanakan tepatnya pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 lalu di lahan yang sudah tersedia di dekat jalan keluar masuk tol Madiun Ds. Nglames Kec. Madiun Kab. Madiun. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan agar lahan kosong dapat lebih bermanfaat dengan diadakannya penanaman hutan kembali / reboisasi. Hal tersebut dilakukan demi menyejukkan jalan keluar masuknya kendaraan / tol Madiun. Yang kemudian hal itu akan menyebabakan orang yang masuk wilayah Kabupaten Madiun langsung disuguhi pemandangan lingkungan Kabupaten Madiun yang asri.

Lanjut ke intinya, jadi saat itu undangan yang di terima akan dimulai pukul 07.00 WIB. Setelah sampai di sana langsung masuk ke sesi pembukaan yang mana berisi sambutan dan berdoa bersama agar acara tersebut berjalan dengan lancar. Dikarenakan pada saat itu Bupati Madiun belum datang, sembari menunggu, pihak MPK bersama Wakasek menikmati snack yang telah diberi…..hmmmO:-). Selain itu, juga disuguhi dengan hiburan dangdut. Dan juga, sembari menunggu terdapat sesi pembagian bibit tanaman yang mana 1 bibit pohon untuk 1 pihak sekolah saja. Kemudian pada pukul 10.00 WIB bupati Kabupaten Madiun datang. Langsung saja  kami bersama Bupati Madiun menanam bibit-bibit tersebut.

Oooo iyaaaa…..sebelumnya kami telah diberitahu untuk membawa alat-alat untuk menanam. Oke cuss selanjutnya, setelah acara menanam terdapat acara sambutan dari Bupati Madiun. Dari sambutan beliau yang masih terkenang hingga sekarang adalah bahwa pada tahun 2025 Indonesia akan bebas dari sampah plastik. Dan juga mengenai bahwa 1 pohon akan menyelamatkan 1 juta manusia. Okeee sekarang yang terakhir yaaa….setelah acara sambutan dari Bupati Madiun, semua peserta di beri makan siang…..aduhh enaknya nyam3.😆

Dari artikel ini sudah jelaskan bahwa MPK SMA negeri 1 Geger juga mengimplementasikan kegiatan Adiwiyata tidak hanya di area lingkungan sekolah saja tetapi juga di luar lingkungan SMAGER lohhh…….mau tau gimana mekanisme kegiatan Adiwiyata MPK SMAN 1 Geger di lingkungan sekolah??? Ayo tunggu dan simak artikel kita selanjutnya yaaaa…😘

Dan jangan lupa follow Instagram kita di @mpk_sma1geger

SEE YOU GUYS~~🤗

BUKA BERSAMA MPK 2017/2018

Hai Guys ! Welcome back to our Blog Yuhuuuu 😀

Ada yang mau kita ceritain nih!

Selain beberapa kegiatan yang tadi sudah disebutkan, ada suatu acara khusus lho yang diadakan hanya setiap satu tahun sekali di bulan suci Ramadhan.

Seriusan maun tau?

Baiklah akan kita ceritakan..

Kegiatan tersebut diadakan di bulan ramadhan. Pastinya sudah bisa mengira kan kegiatan apa yang diadakan di bulan suci ramadhan? Tentunya sajalah, buka bersama. Tapi ada yang asyik dikegiatan kami yang satu ini. Apa yang asyik ?

1

Yang asyik dari acara kita yang satu ini adalah kita bisa kenalan sama kakak-kakak alumni MPK. Yeeeeeeeee keren :v

Untuk susunan acaranya itu sama kok seperti acara buka bersama pada umumnya, mungkin untuk tempat pelaksanaannya saja yang bisa saja berubah-ubah. Untuk tahun ini acara diadakan di rumah salah satu anggota MPK kita, Si Intan yang terletak di perum Griya Segaran Permai, Pagotan. Tidak hanya buka bersama dan salat tarawih, ada acara sharing juga lhoo. Seru yakan?

Sebelumnya acaranya sharing di mulai, kita semua khususnya MPK periode 2017/2018 akan perkenalan diri masing-masing,, tujuannya untuk menambah keakraban. Dari situlah, acara sharing akan di mulai dan berakhir dengan penutupan. Penutupan diisi oleh kegiatan dokumentasi alias foto bersama. Seru yakan.

Jadi tidak sabar nih menunggu ramadhan selanjutnya… tunggu postingan kami selanjutnya yaa!

Sidang Tengah Tahun (STT)

Hallo gaesss!!!

Kembali lagi dengan MPK 18/19. Kali ini kami berkesempatan untuk membahas salah satu agenda wajib atau proker wajib yang dimiliki oleh MPK SMAN 1 GEGER yaitu tentang STT atau sidang tengah tahun. Kalian sudah tau belum apa itu sidang ??? iya , sidang adalah salah satu cara untuk membahas sesuatu yang dilakukan dengan cara musyawarah untuk mengambil suatu jalan keluar.

Mengapa namanya sidang tengah tahun ya ? ada yang penasaran gak??? Tak jawab ya , mengapa namanya sidang tengah tahun karena sidang itu bertepatan pada tengah tahun tahun pelajaran, biasanya sidang itu terletak 6 bulan setelah awal tahun pelajaran dimulai.

Apa  sih fungsi STT itu ???????? STT bertujuan untuk membahas suatu kegiatan yang telah terjadi di awal tahun pelajaran sampai tengah tahun pelajaran itu sendiri, bukan hanya kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh osis tetapi kegiatan sekolah pun tak lupa untuk dibahs.

Apa itu saja kak?? Jawabannya Nggak. Selain membahas kegiatan kegiatan STT juga membahas tentang kritik saran siswa kepada sekolah. Sangat banyak sekali kritik saran yang diajukan siswa pada sesi ini, karena Smager sendiri membebaskan siswanya untuk langsung berbicara kepada kepala sekolah dan memberikan sarannya, dan kepala sekolah pun langsung menanggapinya dengan serius jadi tidak ada suatu saran  yang di abaikan oleh sekolah. Selain kritik saran di STT juga membahas tentang Sarana prasarana , disana dibahas tentang sarana prasarana yang  kurang di setiap kelas misalnya jika ada kursi yang kurang di STT lah kita biasa menyampaikan nya kepada sekolah.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan bila ada kurang lebihnya mohon maaf ya….  J

Kegiatan Rutin Sarpras

Haii guyss…Apa kabar semua??? Jumpa lagi dengan kami MPK SMAN 1 Geger masa bakti 2018/2019. Kami disini mau kasih tau nih… salah satu program kerja kami dari Komisi C yang utama yaitu menyampaikan aspirasi dari siswa. Kali ini MPK telah merealisasikan aspirasi siswa yang berhubungan dengan sarana dan prasarana yang ada di kelas.

Nah..Kalian tau nggak sarana itu apa? Sarana yaitu segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai tujuan. Sarana yang kami maksud dikelas seperti meja, kursi,papan tulis,lampu,kipas angin,LCD proyektor serta layar LCD. Lalu prasarana sendiri memiliki makna segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Prasarana yang ada di kelas kita seperti Keramik, plafon, jendela,tembok. Jika salah satu dari sarana prasarana tersebut ada yang rusak, kalian bingung nggak gimana supaya bisa berfungsi secara normal kembali??? Nah kalian kepo nggak gimana cara MPK untuk bisa mengatasi masalah dari probelemisasi yang terdapat di kelas tersebut??? Yukss kita cari tahu gimana caranya agar masalah tersebut bisa teratasi..

Kami dari MPK melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang ada di setiap kelas, kami melakukan kegiatan tersebut pada minggu pertama. Serta sebagian dari kita memvalidasi data dari MPK kelas yang sudah disampaikan. Nah setelah data yang kita peroleh tersebut valid pada minggu kedua kita melakukan pengajuan. Pengajuan aspirasi tersebut di sampaikan ke wakasek sarana prasarana. Dengan demikian, pihak pembina akan menindak lanjuti aspirasi tersebut serta pihak sekolah akan mewujudkan aspirasi itu. Hal tersebut selalu kita lakukan secara rutin.1

MAJELIS PERWAKILAN KELAS

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

SALAM JAS MERAH!!! Welcome to Official Blog Of MPK 2016/2017 SMAN 1 Geger. Apa kabar semuanya? Pasti baik kan. Jadi, di sini kita akan memberikan informasi tentang Majelis Perwakilan Kelas. Berikut merupakan lambang dari MPK SMAN 1 Geger:

img-20160919-wa0026

Berikut informasi mengenai MPK :

PENGERTIAN

  1. MPK merupakan bagian dalam struktur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bersama-sama dengan Majelis Pembina OSIS (MPO), dan Pengurus OSIS, dan merupakan mitra kerja pengurus OSIS dalam melaksanakan tugasnya.
  2. Seperti lembaga legislatif
  3. MPK adalah Pengawas Kebijakan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Sanggup Mempertanggungjawabkan Kebijakan MPK dan Kinerja OSIS kepada Kepala Sekolah
  4. Anggota MPK terdiri atas 2 perwakilan dari setiap kelas.

TUGAS DAN WEWENANG

  1. Mengawasi / memantau, dan membantu kinerja pengurus OSIS dalam melaksanakan tugasnya (jika dimintai bantuan oleh OSIS)
  2. Mengevaluasi kinerja OSIS
  3. Mempertanggungjawabkan kebijakan MPK dan OSIS kepada sekolah
  4. Mengadakan dan menyiapkan rapat/sidang pleno dan komisi
  5. Mengadakan pemilihan ketua MPK dan ketua OSIS
  6. Tugas tambahan lainnya baik yang terprogram maupun incidental, seperti mengadakan bakti sosial, dll.

KEGIATAN POKOK

  1. Menampung aspirasi siswa
  2. SU-MPS (Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Siswa) yang bertujuan untuk :
    1. Mengevaluasi kinerja pengurus OSIS selama setengah tahun akhir masa jabatannya, menetapkan garis besar kerja program OSIS, perumusan kriteria pengurus OSIS dan pembahasan AD/ART
    2. Menetapkan ketua MPS dan calon ketua OSIS
  3. STT (Sidang Tengah Tahun) yang bertujuan untuk :
    1. Mengevaluasi kinerja pengurus OSIS, memberikan ide kegiatan untuk pengurus OSIS serta pembahasan segala hal yang terkait MPK, pengurus OSIS, dan ekstra selama setengah tahun awal masa jabatannya
  4. Rapat Koordinasi MPO, MPK, dan Pengurus OSIS
  5. Pemilu

Terima kasih atas kunjungan dan perhatiannya, semoga bermanfaat.

SALAM JAS MERAH!!!

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.