Sejarah berdirinya

Koperasi Sekolah “CITRA” SMAN 1 Geger Madiun lahir karena termotivasi oleh adanya Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “CITRA” sebagai ketua Bpk. Drs. Sarbini bersama dengan pengurus koperasi Bapak dan Ibu Guru serta staf karyawan yang berada di SMA Negeri Geger Kabupaten Madiun saat itu bernama SMA Negeri 1 Uteran dengan Kepala Sekolah yang pertama, Bpk. Samiran BA.

Berdirinya Koperasi Sekolah “CITRA” dilator belakangi oleh semakin kompleksnya kebutuhan akan kegiatan ajar mengajar dan ditambah dengan perubahan situasi dan kondisi yang menuntut siswa untuk memenuhi kebutuhannya secara cepat dan efisien sehingga munculah ide untuk mendirikan sebuah koperasi sekolah. Hal ini mendapat dukungan penuh baik dari Bapak/Ibu guru maupun dari siswa sendiri. Akhirnya pada tanggal 10 Juni 1990 secara resmi Koperasi Sekolah “CITRA” berdiri di SMAN 1 Geger dengan lokasi diruang depan dekat pintu keluar yang sekarang menjadi ruang pramuka.

Nama “CITRA” sendiri berasal KPRI “CITRA” yang merupakan induk koperasi sekolah “CITRA” yang telah sukses dikelola oleh bapak/ibu guru. Pada periode awal, Kopsek “CITRA” dibina oleh Ibu Misiati, guru Ekonomi. Pada saat memulai, tentu kegiatannya masih banyak kendala sehingga barang yang disediakan masih berkisar peralatan sekolah dan makanan ringan saja, modal yang didapat pun masih sangat minim, selain itu ruangan yang digunakan juga terbatas dan masih sederhana sesuai dengan kemampuan saat itu.

Dalam perkembangannya Koperasi Sekolah “CITRA” mengalami pasang surut bahkan sempat kegiatan pertokoan tutup praktis tidak ada kegiatan, baru tahun 1994 sekolah bersama koperasi “CITRA” menunjuk pembina Kopsek yang baru Bpk Mahmudi, S.Pd.dan Ibu Misiati, S.Pd. untuk mengelola Kopsek “CITRA”. Sejak saat itu, koperasi sekolah “CITRA” semakin berkembang hingga mencapai puncaknya seperti sekarang ini.