SEJARAH

Pada dasarnya sebuah foto adalah rekaman berupa gambar yang menunjukkan suatu kejadian atau kegiatan. Kejadian yang sangat penting yang dapat diambil fotonya mempunyai nilai yang sangat tinggi, contohnya foto Pengibaran Bendera Merah Putih pada Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan oleh Soekarno-Hatta dan meletusnya Gunung Krakatau benar-benar sebuah karya foto yang tidak dapat diukur nilainya.

Di SMAN 1 GEGER, setiap tahunnya banyak sekali kegiatan yang diadakan, seperti Musasi, Adiwiyata, Ulang Tahun Sekolah, Diesnatalis, Karya Wisata, Kompetisi Futsal dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut sangatlah penting untuk diabadikan, namun sayang sekali banyak kegiatan yang diadakan di sekolah kita terlepas dari dokumentasi atau dengan kata lain tidak terabadikan sehingga kita tidak mempunyai kenang-kenangan pada kegiatan tersebut.

Disamping itu ternyata banyak siswa SMAN 1 GEGER yang menyukai dan bakat dalam hal fotografi, namun hal itu tidak dapat tersalurkan. Kegiatan – kegiatan yang diadakan di sekolah tidak terdokumentasi dikarenakan tidak adanya koordinasi antara pihak pantia kegiatan dengan siswa yang menjadi fotografer untuk dijadikan dokumentasi. Dan tidak adanya wadah organisasi fotografer di sekolah kita maka siswa – siswa tersebut tidak dapat berinteraksi saling membagi ilmunya, seperti pengambilan gambar yang tepat, teknik pemotretan, bagaimana menghasilkan foto yang indah, pengolahan foto digital, pembuatan cover foto dan lain sebagainya. Untuk itu, maka pada tahun pembelajaran 2012-2013 oleh kebijaksanaan bapak Kepala Sekolah dan bapak Wakil Kepala Sekolah serta Asisten Kesiswaan maka terbentuklah Ekstrakurikuler Fotografi di SMAN 1 GEGER di bawah naungan OSIS yang diberi nama “CLICK PHOTOGRAPHY”.

Dengan adanya CLICK PHOTOGRAPHY diharapkan masalah mengenai fotografi dan dokumentasi kegiatan sekolah teratasi dan tentunya kegiatan ini mengarah pada kegiatan positif yaitu berupa kreatifitas dan kreasi siswa dalam hal fotografi dan penggunaan teknologi informasi khususnya yang berhubungan dengan fotografi dapat dikuasai, serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.