SEJARAH KAMERA

Kamera berfungsi untuk merekam atau menangkap sebuah objek. Pada saat ini sepertinya kamera tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Kamera juga terdapat dalam sebuah ponsel. Kamera sekarang sudah banyak berkembang. Tapi tahukah anda Awal Mula Kamera ? Perlu diketahui kamera berawal dari sebuah alat serupa yang dikenal camera obscura (obscura dari bahasa latin yang artinya ruang gelap) yang merupakan kotak kamera yang belum ada atau yang belum dilengkapi dengan film yang berguna untuk menangkap bayangan atau gambar. Kamera obscura ini berbentuk ruangan. Kamera ini dapat memantulkan cahaya melalui dua lensa konveks. Kamera obscura ini dibuat oleh seorang muslim yang bernama Ibnu Haitsam atau sering disebut Al-Haitsam.

Kamera obscuranya ini ternyata dibuat untuk membuktikan teori dalam buku atau Kitab Al-Manazirnya itu. Girolamo cardano pada abad ke 16 menambahkan lensa di depan kamera obscura tersebut. Tapi ternyata bayangan yang dihasilkan tidak tahan lama. Setelah itu John Kepler memperbarui dan meningkatkan fungsi kamera itu dengan menggunakan lensa negatif di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar (prinsip digunakan dalam dunia lensa  jarak jauh modern).

 

Setelah John Kepler memperbarui, Robert Boyle juga menyempurnakan kamera itu menjadi kamera kecil dan tanpa kabel. Sebenarnya kamera untuk fotografi banyak menggunakan prinsip model Azhn, di mana dalam prinsipnya ia menggunakan slide tambahan yang bertujuan untuk memfokuskan objek. Silde tambahan tersebut yaitu plat sensitif yang diletakkan pada bagian depan lensa kamera sebelum mengambil gambar. Pada tahun 1837 Jacques Daguere berhasil membuat daguerreotype yaitu sistem praktisi fotografi yang ia dapatkan dengan mengembangkannya. Pada tahun 1839, Jacques Daguerre mempublikasikan hasil penemuannya kepada publik tetapi ia tidak mempatenkannya hasil penemuannya. Kemudian ia memperoleh penghargaan dari pemerintah Perancis dan memperoleh hadiah untuk pensiun seumur hidup. Kemudian ia segera pensiun. Dan ia diberiktakan meninggal pada tahun 1851.

Sehabis 9 abad dari penemuan Ibnu Haitham pelat  fotonya pertama kali digunakan secara permanent untuk menangkap gambar yang dihasilkan oleh kamera obscura. Foto permanen pertama diambil oleh fotografer Joseph Nicephore Niepce di kota Prancis pada tahun 1827. Itulah sedikit tentang awal adanya kamera.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *