MODE PADA KAMERA DSLR

Dial mod ebutton

          1. Mode Auto 
       Mode auto ini sangat sering digunakan biasanya oleh fotografer pemula. Sering digunakan karena fotografer tidak perlu susah-susah mengatur setting-an kamera. Mode ini sangat mudah untuk digunakan karena kita tidak perlu susah-susah untuk memfokuskan kamera ke objek dan jika pada keadaan gelap maka flash akan membuka sendiri. Bisa dibilang mode auto ini kamera yang menentukan semua setting-annya. Mode ini biasanya digunakan untuk memotrel hal biasa.
          2. Mode Manual
        Mode ini kita diharuskan untuk menyetel setting kamera sendiri. Mode ini biasa digunakan jika kamera sudah ‘bingung’ atau sudah tidak bisa bekerja sesuai dengan kemauan kita. Mode ini bisa menghasilkan foto yang kita inginkan.
          3. Mode Potrait 
            Mode ini biasa digunakan untuk memotret objek tunggal yang dapat memfokuskan objek tersebut dan backgroundnya akan menjadi blur atau tidak fokus. Mode ini memilik Aperture yang besar.

          4. Mode Landscape
            Mode Landscape ini berkebalikan dengan Mode Potrait. Mode ini memiliki Aperture yang kecil dan Shutter Speed yang lambat. Mode ini sangat cocok digunakan untuk memotret pemandangan.
          5. Mode Macro 
           Mode ini memilik DoF (ruang tajam) yang sempit ini berfungsi untuk dapat memotret benda kecil agar fokus terhadap objek tersebut dan backgroundnya akan terlihat blur. Mode ini biasa digunakan untuk memotret bunga, serangga, atau benda kecil lainnya.
          6. Mode Night Shoot
          Mode ini biasa digunakan pada saat malam hari atau kekurangan cahaya. Kamera akan secara otomatis mengatur Shutter Speed yang akan digunakan. Biasanya kamera akan mengatur Shutter Speed menjadi pelan, oleh karena itu kamera akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menangkap gambar, jika kamera gerak sedikitpun maka hasilnya akan tidak jelas(blur), karena itu saya sarankan gunakanlah tripod agar kamera tidak bergerak.
          7. Mode Action / Sport
          Mode ini sangat dianjurkan untuk memotret benda bergerak seperti atlet sepeda, atlet lari, mobil dll. Mode ini memiliki Shutter Speed yang cepat dan mempunyai ISO yang tinggi.
          8. Mode Aperture Priority 
             Mode ini anda hanya mengatur Aperture dan kamera akan mengatur Shutter Speed, ISO, dll secara otomatis untuk mendapatkan hasil yang bagus.
          9. Mode Shutter Priority
           Mode ini sama seperti Aperture Priority tetapi anda mengatur Shutter Speednya saja.
          10. Mode Program
               Mode ini sama seperti Mode Auto tetapi anda mengatur Triangle Exposure (Shutter Speed, ISO, dan Aperture) sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *